Printer 3 Dimensi (3D) Dengan Teknologi Terbaru Dunia Printing

Kalau selama ini yang kita kenal adalah printer 2D, ternyata saat ini sudah terdapat printer 3D. Dengan menggunakan printer 3 dimensi, hasil yang dicetak bukan lagi berbentuk hanya gambar yang dicetak di kertas datar, namun sudah menyerupai bentuk asli 3 dimensinya. Seperti botol jika diprint menggunakan printer 3D, maka hasil yang dicetak seperti halnya botol.

 

printer 3 d dimensi

Printer 3D dalam dunia perprinteran dikenal juga dengan nama Additive Layer Manufacturing (ALM) yaitu sebuah proses untuk membuat benda atau obyek 3D dalam bentuk apapun yang berasal dari bentuk digital pada sebuah komputer. Kalau anda sudah terbiasa dengan printer 2D atau printer laser, cara kerja 3D hampir sama yaitu dengan membuat layer layer yang setiap layer tadi dicetakan pada lapisannya.

Penggunaan teknologi Printer 3D ini sudah ada sejak 1980, namun mulai dikenal luas di dunia baru ditahun 2010 karena ditahun 2010 mulai ada yang menjual.

Berbagai Jenis Printer 3D

1. Direct And Binder Printer 3D

Sejak pertama kali diperkenalkan, model printer 3D saat ini terdapat dua macam printer 3D, yang pertama adalah Direct and Binder Printer 3D. Teknologi yang digunakan pada printer 3D diret and binder printer adalah menggunakan pola inkjet. Printer inkjet pertama kali digunakan pada tahun 1960 yang diterapkan pada printer 2D. Sehingga model printer 3D tetap menerapkan pola kerja yang sama seperti pada inkjet 2D. Inkjet akan bergerak maju mundur untuk mengeluarkan zat cair yang digunakan untuk membentuk pola sesuai pola digital pada komputer. Selain itu, pergerakannya tidak terbatas pada gerak horizontal saja inkjetnya, tapi bisa secara vertikal dan diagonal sehingga sangat mungkin membentuk pola 3D

Printer 3D yang menggunakan teknologi binder menerapkan sistem kerja nozel inkjet. Dari nozel inkjet ini yang akan membentuk pola 3D dari model digital komputer. Jika nozel inkjet ini memungkinkan untuk bisa menggunakan 2 bahan yang berbeda.

2. Photopolymerization

Model printer 3D selanjutnya adalah photopolymerization yang menggunakan teknologi photo atau penyinaran laser. Plastik sebagai bahan untuk membentuk pola tiga dimensi akan disinari hingga meleleh sehingga dengan mudah dibentuk menjadi bentuk 3D. Dan pada saat sudah dingin akan menjadi bentuk 3d yang padat.

3. Sintering

Jenis printer 3D yang terakhir yang kami informasikan untuk adalah printer 3d menggunakan teknologi sintering. Printer 3 D ini membutuhkan bahan padat yang selanjutnya akan disinari atau disebut dengan seletive laser sintering/ SLS. Bahan padat berupa bubuk plastik disinari oleh laser sehingga mencair. Pada saat mencair inilah akan dibentuk menyesuaikan pola 3d yang sudah dibuat sesuai desain.

Printer 3 Dimensi (3D) Dengan Teknologi Terbaru Dunia Printing | admin | 4.5