Tips Sebelum Memasang Behel Bagi Yang Ingin Tampil Trendi

Ini tips sebelum memasang behel agar lebih berhati-hati dan hasilnya bagus. Memiliki gigi yang rapi dan bagus pasti membuat seseorang menjadi semakin percaya diri. Namun tidak jarang, gigi menjadi sebuah masalah karena susunannya yang kurang rapi. Ketika diam dan tidak terlihat giginya, muka terlihat menawan, namun saat gigi terlihat baru ketahuan gigi tidak teratur. Tentu keadaan ini akan mempengaruhi kita juga orang lain. Satu solusi terbaik dan banyak yang berhasil adalah dengan memasang behel gigi atau kawat gigi.

tips sebelum memasang behel agar tampil jos trendi

Source: jurnalkedokterangigi.com

Meskipun awalnya fungsi kawat gigi atau behel adalah untuk memperbaiki pola gigi yang tidak rapi dan rata, namun semakin kesini fungsi behel menjadi berubah. Behel menjadi sebuah trend fashion yang sangat diminati anak muda. Apalagi bentuk dan pilihan warna behel bermacam macam, pengguna bisa dengan leluasa memilih menurut selera mereka. Meskipun terkesan mudah, tinggal pasang saja namun karena behel berada digigi, pasti akan bersentuhan langsung dengan makanan. Disamping itu, berbagai hal yang mengganggu gigi bisa secara tidak langsung atau secara langsung mengganggu pencernaan atau metabolisme tubuh. Ada baiknya sebelum memasang behel, perhatikan tips sebelum memasang behel berikut ini.

Tips Sebelum Memasang Behel atau Kawat Gigi

1. Apa Tujuan Memasang Behel

Sebelum memasang behel sebaiknya sobat pikirkan terlebih dahulu efek yan timbul dari memasang behel seperti rusaknya posisi gigi akibat tekanan dari kawat gigi. Selain itu gigi bisa bergoyang sekaligus juga dengan tulang penyagga gigi nya. Begitupun dengan bibir, pipi akan menjadi tidak nyaman dengan adanya kawat gigi atau behel. Apalagi dengan sariawan yang sering mendera mereka yang memasang behel. Kalau tujuan sobat memasang behel adalah untuk memperbaiki posisi gigi dan kerapian gigi, sangat perlu sekali memasang behel agar gigi lebih rapi. Namun untuk sobat yang hanya ingin tampil trendi ada baiknya pikirkan dulu resiko yang timbul.

2. Pilih Yang Memang Ahlinya

Dipinggir pinggir jalan banyak sekali layanan praktik yang membuka pemasangan behel dengan harga murah dan sangat terjangkau dan yang memasang adalah bukan dokter. Kalau kami mau memberikan saran untuk yang mau memasang behel, sebaiknya pilih dokter gigi yang memang ahli memasang behel atau kawat gigi. Jika yang memasang adalah ahlinya pasti hasilnya akan lebih bagus dan jaminan mutu. Namun kalau sobat sembarangan memilih tempat dan orang yang akan memasang behel gigi sobat, siap siap saja menanggung risiko jika yang memasang behel adalah orang yang tidak berkompeten dibidangnya. Orang yang ahli untuk memasang behel adalah dokter gigi pada spesialis orthodonti.

Jenis behel Gigi

Jenis behel ada lebih dari satu jenis, ada yang berbahan metal, transparan atau clear. Jika sobat memilih warna behel yang clear maka, akan tampak seperti tidak menggunakan behel karena transparan. Tipe behel Clear atau transparan berbahan dasar Composite, plastik atau porselin. Pilihlah bahan behel atau kawat gigi yang menurut sobat nyaman dan enak digunakan serta hasilnya bagus. Silahkan juga untuk memilih dalam hal perawatannya, ada yang bisa dilepas dengan removable appliance, ada yang menggunakan alat cekat atau fix appliance atau kombinasi keduanya.

1. Alat Lepasan (removable appliance)

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin diatas, ada behel yang menggunakan alat lepasan atau removable appliance. Penggunaan behel jenis ini dikhususkan buat sobat yang memiliki kerusakan atau kelainan posisi gigi yang riangan. Plat dasarnya terbuat dari bahan akrilik yang menempel pada langit-langit di rahang atas ataupun pada dasra mulut di rahang bawah. Sedangkan pada bagian aktifnya terbuat dari bahan dasar kawat stainless steel, bagian ini adalah bagian penting untuk mereposisi gigi menjadi lebih baik. Agar alat tidak lepas dari mulut ada namanya bagian retensi.

2. Alat Cekat (fix appliance)

Model behel yang kedua adalah burpa alat cekat atau fix appliance. Jenis behel ini direkatkan pada masing-masing gigi dengan bagiannya yang terdiri dari: Bracket dan band bracket yang terbuat dari logam maupun non logam seperti plastik, porselin dan komposit. Bahan2 tersebut berwarna hampir mirip dengan warna gigi. Bagian band atau cincin behel akan disemenkan di gigi geraham. Bagian lainnya yaitu busur kawat atau archwire. Busur kawat akan diikatkan dengan bracket menggunakan pengikat khusus dari kawat halus ataupun karet.

Cara Perawatan Selama Menggunakan Behel

Bagi sobat yang sedang menggunakan behel gigi harus rajin-rajin merawat kondisi gigi dan mulut. Sebab kondisi gigi kalian berbeda dengan gigi pada keadaan normal. Cara termudah untuk merawat gigi saat menggunakan behel adalah dengan menyikat gigi selepas makan. Pilih sikat yang memiliki bulu halus. Cara menyikatnya juga harus pelan-pelan agar behel tidak rusak. Jika sudah rajin menggosok gigi, sobat harus tetap rutin kontrol ke dokter gigi agar tahu seberapa baik kondisi behel dan gigi sobat.

Sebenarnya ada cara mudah dan tepat untuk makan selama menggunakan behel yaitu dengan memotong kecil kecil setiap makanan yang akan masuk kemulut kemudian kunyah perlahan-lahan makanannya.

Siapkan Dananya

Siapa bilang memasang behel murah dan tidak perlu perawatan khusus. Ternyata biaya untuk memasang behel sekaligus biaya perawat behel terbilang cukup lumayan. Mulai dari biaya konsultasi, biaya pemasangan, biaya perawatan, biaya pemeliharaan sehari-hari. Disamping itu, bahan behel mayoritas masih berasal dari luar negeri.

Tidak salah untuk memasang behel dan jika memang butuh dan perlu untuk memasang behel, segera saja cari tempat memasang behel terpercaya. Dan kalau dana belum mencukupi sebaiknya jangan dipaksakan atau malah memilih tempat pasang kawat gigi jalanan, not recomended lah. Semoga bermanfaat.

Tips Sebelum Memasang Behel Bagi Yang Ingin Tampil Trendi | admin | 4.5