Tips Dan Cara Agar Fisik dan Nafas Kuat Saat Bermain Futsal dan Sepakbola

Sepakbola adalah satu cabang olahraga yang sangat diminati di Indonesia sejak dulu. Hingga akhirnya di era modern seperti sekarang, muncul sepakbola mini yang disebut dengan futsal. Sepakbola dan Futsal pun menjelma menjadi olahraga yang banyak diminati oleh semua kalangan, baik tua, muda, miskin, kaya bahkan perempuan pun ada yang menggilai olahraga ini. Fisik dan Nafas yang kuat mutlak dibutuhkan agar bisa menikmati futsal dan sepakbola. Tanpa fisik dan nafas yang kuat, baru lari sebentar sudah bisa dipastikan akan segera diganti oleh pemain lain dan segera menjadi penonton saja di pinggir lapangan. Apakah sobat mau seperti itu? Tentu Tidak kan?

Agar fisik dan nafas kuat saat bermain futsal dan sepakbola bukan hanya perlu latihan rutin dan nutrisi yang cukup namun juga perlu menjaga gaya hidup. Seperti apa sebenarnya tips dan cara agar fisik dan nafas kuat ketika futsal dan sepakbola, berikut ulasannya.

Agar Fisik dan Nafas Kuat Saat Sepakbola dan futsal

A. Latihan

Untuk mendapatkan badan yang sehat dan bugar sehingga bisa kuat dan tidak ngos-ngosan ketika futsal atau sepakbola, perlu sekali melakukan latihan. Tanpa dibarengi latihan rutin, tidak mungkin akan mencapai kebugaran yang prima.

1. Lari Atau Jogging

Futsal dan sepakbola adalah olahraga lari, tanpa berlari seorang pemain tidak mungkin akan mendapatkan bola. Tanpa berlari tim sobat pasti akan kalah. Agar nafas kuat dan tidak kehabisan nafas saat berlari, perlu sekali membiasakan diri dengan lari. Usahakan lakukan lari secara rutin, tidak perlu setiap hari. Cukup lakukan setiap dua hari atau tiga hari sekali, secara teratur pagi atau sore hari. Lakukan secara bertahap, mulai dari sedikit waktu ataupun jaraknya. Jika dirasa sudah mampu dan kuat, ditambah lagi jarak atau waktunya. Kemudian, agar terbiasa dengan sprint atau lari cepat, lakukan juga latihan sprint secara berkala.

Baca Juga: Diet OCD, Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

2. Renang

Latihan renang juga bisa membuat fisik dan nafas menjadi kuat. Dengan berenang, seluruh anggota badan akan bergerak dan nafas pun harus diatur sedemikian rupa sehingga mengambil dan mengeluarkan udara sambil bergerak di air. Otot kaki, tangan terutama bahu akan menjadi lebih kuat jika dilakukan dengan rutin. Begitupun dengan paru-paru akan menjadi lebih kuat saat berlari baik ketika futsal maupun sepakbola

3. Skipping

Latihan skipping adalah dengan memutar tali atau sejenisnya melingkari tubuh dan melompat saat melewati kedua kaki. Skipping sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Satu dua kali lompatan tidak akan terasa lelah dan keringatnya. Tapi jika sobat baru pertama kali skipping 50 kali loncatan, pasti terasa kencang di kaki terutama bagian betis dan paha. Apalagi bagi yang nafasnya pendek. Nah, dengan berlatih skipping secara rutin bisa memperkuat otot kaki dan memperlentur kaki, sehingga saat bermain futsal dan sepakbola bisa menjadi lebih lincah.

4. Fitnes

Selain ketiga latihan diatas, fitnes juga memiliki fungsi dan manfaat yang sama untuk memperkuat nafas dan fisik ketika futsal dan sepakbola. Ketika sobat memilih berlatih tridmil, ada keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh. Pertama melatih kekuatan kaki sehingga kaki akan semakin kuat. Kedua melatih kecepatan kaki, ketiga melatih kekuatan nafas. Begitupun dengan sepeda statis, selain dapat menurunkan berat badan secara cepat, juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Dengan begitu nafas pun akan semakin panjang dan kuat.

B. Nutrisi

Tidak hanya latihan fisik secara rutin yang dapat membuat fisik dan nafas kuat saat futsal dan sepakbola. Tercukupinya kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga harus dipenuhi. Seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan zat mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi agar kebutuhan gizi dan nutrisi sebagai pemain futsal atau bola, diantaranya adalah:

1. Susu

Jika sobat mau memiliki badan yang sehat dan kuat sehingga bisa berolahraga secara kuat terutara futsal dan sepakbola, coba deh dengan mengkonsumsi secara rutin “susu”. Susu mengandung nilai gizi yang sangat tinggi seperti protein dan vitamin B.

2. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi terutama di bagian kuningnya. Dengan mengkonsumsi telur, seorang yang hobi bermain futsal dan sepakbola akan memperoleh energi yang optimal sehingga dapat bermain dengan prima.

3. Buah

Dalam buah juga terkandung berbagai jenis zat yang sangat berguna bagi tubuh sehingga sobat bisa lebih kuat. Mengkonsumsi buah bisa dengan dimakan secara langsung atau dengan di buat jus terlebih dahulu. Keduanya sama kandungan gizinya.

4. Sayuran

Sayuran seperti bayam mengandung zat besi, klorofil dan kalsium yang cukup tinggi ini dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sehingga ketahanan kardiovaskuler akan terjaga bahkan menjadi lebih baik. Ini sangat untuk seorang pesepakbola atau futsal yang memerlukan energi tinggi, fisik yang kuat dan nafas yang prima. Begitupun juga dengan brokoli, memiliki kandungan gizi yang tinggi.

5. Daging dan Ikan

Bagi sobat yang sudah terbiasa dengan daging sepertinya menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, dengan mengkonsumsi daging, proses pemulihan tenaga menjadi lebih cepat. Makanan ini berfungsi untuk meningkatkan pemulihan dan tenaga. Hal ini dikarenakan, di dalam daging terdapat yang dapat meningkatkan kinerja seperti kreatin, arginin, glutamin, zat besi, dan vitamin B12. Begitupun juga dengan ikan, terutama ikan mackerel, sangat membantu dalam pembentukan hormon dalam menunjang metabolisme otot.

C. Gaya Hidup

Gaya hidup juga sangat berpengaruh terhadap penampilan sobat saat bermain futsal dan sepakbola. Jika sobat memiliki gaya hidup yang mengesampingkan kesehatan, dijamin tidak akan lama ketika bermain futsal. Oleh karena itu kami sarankan agar mengikuti gaya hidup sehat agar ketika tampil di lapangan akan lebih kuat dan bisa ikut menyumbang dalam kemenangan tim.

1. Tidak Merokok

Merokok merupakan penyumbang terbesar penyakit paru-parut, asma, bronkhitis, jantung. Merokok dapat menutup saluran-saluran kecil dalam paru-paru sehingga menghambat penyerapan oksigen dari paru-paru ke darah. Disamping jika di dalam darah terdapat nikotin, akan mempengaruhi pengikatan oksigen di darah. Oksigen akan jauh berkurang di dalam darah. Dengan merokok dapat membuat nafas menjadi lebih pendek sehingga ketika futsal atau sepakbola akan ngos-ngosan dan tidak kuat bertahan lama. Oleh karena itu, hindarilah merokok ya sobat, agar fisik dan nafasmu kuat.

2. Minuman Keras

Alkohol dan sejenisnya, apalagi sampai dengan narkoba sebaiknya dihindari. Sebab, tidak mungkin akan memperoleh kesehatan fisik yang prima jika masih berhubungan dengan alkohol. Bukannya kuat, malah akan membuat badan lemah dan loyo, nafas pun menjadi lemah.

3. Begadang.

Tidurlah secara teratur saat jam tidur dan hindarilah begadang agar fisik dan nafas kuat saat bermain futsal. Begadang akan membuat badan menjadi lemah dan gampang terserang penyakit.

Tips untuk sobat yang hobi futsal dan sepakbola, sebaiknya sebelum melakukan futsal dan sepakbola, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera. Dan jangan pernah memaksakan diri ketika fisik dirasa sudah kuat, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik mundur untuk diganti yang lain. Sekian tips dan cara agar fisik dan nafas kuat saat bermain futsal, mudah-mudahan bermanfaat.

Tips Dan Cara Agar Fisik dan Nafas Kuat Saat Bermain Futsal dan Sepakbola | admin | 4.5