Tempat Wisata di Solo yang Wajib dikunjungi

Selain terkenal dengan batiknya, wisata Solo juga semakin populer sekarang ini. Tempat wisata di Solo memberikan andil besar bagi perkembangan kota Solo juga bagi Wisata di Indonesia. Apalagi di tahun 2016 ini Solo menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang akan dibranding ke mancanegara. Tercatat pada tahun 2015 wisata di Solo memberikan andil yang cukup besar terhadap PDB nasional. Oya sobat, Jika berkunjung ke Solo sekarang, pasti akan melihat Solo menjadi kota yang indah. Apalagi setelah difungsikan kereta dalam kota solo, membuat Kota Solo menjadi semakin unik. Obyek wisata di Solo semakin menarik dan pantas menjadi primadona wisata Indonesia.

Biasanya suatu tempat terkenal karena aksesnya yang sangat mudah, begitupun dengan Solo. Solo menjadi daerah tujuan wisata nasional karena memiliki akses yang sangat mudah. Bisa melalui darat baik menggunakan bis, kendaraan pribadi, atau kereta Api. Wisatawan juga dapat dengan mudah mencapai Solo dengan pesawat udara ke Bandara Adi Sumarmo Solo. Begitupun dengan akses menuju tempat wisata di Solo, sangat mudah dan jalur kendaraannya bagus.

Solo atau dikenal juga dengan Surakarta adalah sebuah kotamadya yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Ada banyak julukan yang disematkan untuk kota Solo seperti Kota Kebudayaan, Kota Kuliner, Kota Pers, Kota Seni, Kota Bengawan, Kota Liwet, Kota Batik, , Ibukota Jawa dan The Spirit of Java. Tidak salah memang Solo disebut dengan kota Kuliner, karena banyak sekali makanan khas Solo yang cukup dikenal di Indonesia bahkan mendunia seperti nasi liwet. Dan selain tempat wisata di Solo yang dituju, para wisatawan juga berburu wisata kuliner di Solo. Oya bagi yang belum tahu, di Solo atau Surakarta terbagi atas Kota Solo atau Kota Surakarta dan Kabupaten Karanganyar. Pada artikel tempat wisata Solo ini kami menampilkan daerah wisata di kedua tempat tersebut.

Tempat wisata di Solo paling populer

1. Grojogan Sewu Tawangmangu

tempat wisata di solo surakarta grojogan sewu tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah salah satu tempat wisata di Solo yang cukup populer dan sering dikunjungi wisatawan. Grojogan atau Curug Sewu Tawangmangu terletak di selebah timur Solo, di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Obyek wisata air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu berada di ketinggian sekitar 1100 meter di atas permukaan laut ini memiliki pemandangan dan suasana sangat sejuk dan asri. Apalagi di kanan kirinya masih ditumbuhi pepohonan yang tinggi dan rindang sehingga membuat udara makin dingin. Bagi sobat yang mau berkunjung ke Grojogan Sewu Tawangmangu, jalur ke Tawangmangu dari Kota Solo sekitar dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 30 menit dengan jarak mencapai 42 km.

Akses ke Tawangmangu dari Solo atau Karanganyar bisa dengan menggunakan motor atau mobil. Jalur ke Tawangmangu seperti dari Jalan Palur Raya ke arah timur melewati daerah Jaten, Karanganyar terus ke Timur sampai ke penanda Wisata Tawangmangu Solo, kemudian lanjut lagi sampai ke obyek wisata Grojongan Sewu Tawangmangu. Jika sudah sampai di sampai terminal Tawangmangu sobat tinggal naik lagi sekitar 1 km. Sementara cara akses ke Tawangmangu dengan kendaraan umum bisa melalui Terminal Tirtonadi Solo atau dari Palur Raya, lalu naik bus jurusan Tawangmangu biasanya bus rukun sayur/ bus langsung jaya. Sobat turun di terminal Tawangmangu dan lanjut lagi ke Grojogan Sewu dengan angkot atau ojek motor. Sebagai informasi, harga tiket Grojogan Sewu Tawangmangu sebesar Rp 18,000 per pengunjung.

2. Air Terjun Jumog

tempat wisata di solo air terjun jumog

Source:http: www.telusurindonesia.com

Selain Grojogan Sewu Tawangmangu, tempat wisata alam di Solo lainnya adalah Air Terjun Jumog. Jika dibandingkan dengan air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, sebelas dua belas alias sama sama indah. Air Terjun Jumog berlokasi di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, kurang lebih 40 km dari kota Solo. Air Terjun Jumog memiliki pemandangan yang sangat indah bahkan ada yang menjulukinya dengan “The Lost Paradise”, mungkin karena saking indahnya Air Terjun Jumog.

Baca juga: Makanan Khas di Jakarta

Akses ke Air Terjun Jumog, bisa dengan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum. Kalau sobat menggunakan kendaraan umum, bisa dari terminal Tirtonadi Solo menuju ke terminal Karangpandan. Lalu dilanjutkan ke Nglorok menggunakan bis yang lebih kecil. Dari Nglorok sobat bisa menggunakan ojek ke lokasi Air Terjun Jumog, sekitar Rp 45.000,00. Setelah sampai di lokasi, sobat harus lanjut lagi dengan berjalan kaki untuk sampai ke Air Terjun Jumog sekitar 400 m. Meskipun dengan sedikit lelah berjalan, sobat langsung bisa menikmati keindahan Air Terjun Jumog.

3. Pandawa Water World Solo Baru

tempat wisata di Solo Pandawa Water World

source:jatengpromo.com

Tempat wisata di Solo selanjutnya yang pasti seru dan menyenangkan adalah Pandawa Water World Solo Baru. Obyek wisata air di Surakarta ini sudah didirikan sejak 22 Desember 2007 dan merupakan water boom terbesar di Jawa Tengah. Pandawa Water World Solo Baru berada di Jalan Cernara Raya Solo Baru, Surakarta. Akses ke Pandawa Water World Solo pun mudah dijangkau, dari Kota Solo hanya 5 menit perjalanan atau hanya sekitar 20 menit dari Bandara Adi Sumarmo Solo. Di Pandawa Water World, sobat dapat menikmati berbagai wahana air yang cukup menantang seperti Fantastic Slide, Action River, Sight Tower, Warm Spa, Bima Slide, Gatotkaca Bungy Raft Slide, Kresna Wave Pole, Black Hole Slide dan masih banyak lagi wahana yang seru lainnya.

Meskipun dengan wahana yang banyak dan tempatnya yang luas, fasilitas keamanan di Pandawa Water World cukup terjamin karena dijaga oleh life guard yang berpengalaman dan tersedia juga dokter yang berjaga. Fasilitas lain seperti food court juga disediakan oleh pihak pengelola. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo Baru adalah Rp 80.000 untuk hari biasa (Senin-Jumat) dan Rp 100.000,00 untuk hari libur (Sabtu – Minggu).

4. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

obyek wisata solo keraton surakartaSebagai kota budaya, tempat wisata di Solo tidak bisa dilepaskan dari budaya dan sejarah kerajaan. Seperti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau orang biasa menyebut hanya dengan Keraton Suarakarta saja. Bangunan yang masih kokoh berdiri tegak sampai sekarang ini dulunya bagian dari Kerajaan Mataram islam. Namun setelah perpecahan Keraton Kasunan Surakarta berdiri sendiri dibawah pimpinan Pakubuwono III. Jadi usia keraton Surakarta sudah sangat tua karena ada sejak zaman penjajahan VOC Belanda.

Pengunjung yang datang ke Keraton Surakarta dapat menemui banyak peninggalan raja-raja Mataram lama. Pada hari-hari tertentu, di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat rutin diselenggarakan upacara adat jawa seperti Sekatenan dan pengarakan kebo Kyai Slamet.

5. Museum Batik Danar Hadi Solo

museum-batik-kuno-danar lokasi wisata di SOloKalau sobat berkunjung ke Solo, jangan lewatkan untuk membeli oleh oleh khas Solo berupa batik Solo. Solo memiliki ciri khas Batik tersendiri, makanya tidak heran di Solo berdiri Museum Batik Danar Hadi Solo. Danar Hadi adalah merek batik terkenal di Kota Solo. Jadi kalau sobat mau melihat berbagai koleksi batik dari Solo bisa datang ke Museum Batik Danar Hadi Solo. Disana juga disediakan outlet untuk menjual batik yang diproduksi oleh Danar Hadi.

6. Pasar Klewer Solo

pasar klewer solo tempat wisata diSalah satu wisata belanja favorit di Solo adalah Pasar Klewer Solo. Meskipun beberapa kali mengalami kebakaran, pasar klewer tetap menjadi tempat wisata favorit di Solo untuk berbelanja. Di Pasar Klewer Solo, tersedia bermacam barang terutama fashion asli Solo dengan harga yang sangat murah. Meskipun begitu sobat tetap harus pandai memilih barang dan menawar harga agar mendapatkan barang yang pas dan harga yang sesuai.

Baca juga : Tempat Wisata di Jogja

7. Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman Solo

kampung batik laweyan tempat wisata di soloBatik memang menjadi ikon tersendiri bagi Kota Solo, setelah ada museum batik Solo ternyata di Solo juga ada kampung Batik. Namanya adalah Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman. Di kedua daerah ini mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin batik tradisional. Meskipun sama-sama asli Solo, namun motif dan corak batik dari kedua daerah tersebut berbeda. Kampung Batik Kauman bermotif gelap sedangkan kampung Batik Laweyan lebih terang.

8. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman Sriwedari Tempat Wisata Di SoloTempat Wisata di Solo lainnya yang merupakan taman bersejarah adalah Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo. Berbagai pertunjukan tradisional Jawa Tengah seperti ketoprak dan wayang orang sering ditampilkan di Taman Sriwedari Solo. Berbagai wahana permainan anak-anak juga tersedia di Taman ini seperti mini water park. Jika sobat lapar dan pengin menikmati kuliner khas Solo, di taman ini juga banyak penjual makanan.

9. Galabo Solo

galabo solo wisata kuliner di soloGalabo Solo adalah Tempat Wisata di Solo yang khusus dibuka pada malam hari. Galabo singkatan dari Gladak Langen Bogan yang merupakan pusat kuliner di Solo. Kalau sobat bingung mencari makanan di Solo, lebih baik ke Galabo Solo. Disana sobat bisa menemukan banyak macam makanan dan jajanan yang disantap dan pastinya enak. Beberapa makanan yang disediakan di Galabo adalah sate, bistik, angkringan, bandeng bakar, timlo, soto, gudek dll.

10. Kebun Binatang Taru Jurug

kebun binatang taru jurugDi Solo juga terdapat Kebun Binatang yang merupakan salah satu Obyek Wisata di Solo. Nama kebun binatangnya adalah Kebun Binatang Jurung, sedangkan Taman Satwa Taru Jurug. Kebun Binatang Taru Jurug ini menjadi kebanggaan warga Solo. Kebun Binatang Jurug berada di tepi Bengawan Solo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar.

11. Taman Balekambang

taman balekambang solo tempat wisata di solo terpopulerTempat wisata di Solo terakhir yang akan kami ulas adalah Taman Balekambang. Taman ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani Solo dan memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Sejak tahun 2008, Taman Balekambang juga difungsikan sebagai hutan kota sekaligus sebagai taman edukasi. Yang istimewa dari Taman Balekambang adalah memiliki suasana yang sejuk dan rindang karena di taman ini tumbuh puluhan pohon2 rindang. Beberapa sudut di Taman Balekambang juga sering dijadikan obyek untuk foto prewedding.

Sebenarnya masih banyak beberapa tempat menarik di Solo yang bisa sobat kunjungi untuk mengisi waktu luang sobat, tapi kami sajikan 11 tempat wisata di Solo di atas yang kami anggap terbaik. Siapa tahu sobat mau mencari obyek wisata di Solo, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi Sobat dalam berwisata.

 

Tempat Wisata di Solo yang Wajib dikunjungi | admin | 4.5