Tempat Wisata di Palembang

Sebagai negara kepulauan, wisata di Indonesia tidak pernah akan ada habisnya. Tempat Wisata di Palembang salah satunya. Setelah pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai makanan khas Palembang, sekarang kami juga akan mengajak sobat semua untuk tahu apa saja wisata yang ada di Palembang. Keadaan alam di Pulau Sumatera yang bergunung dan berlembah menjadikan Palembang Populer dengan wisata alamnya. Sungai-sungai besar yang menjadi pemandangan biasa di Pulau Sumatera juga menghiasi beberapa sudut Kota Palembang. Selain itu sejarah Palembang yang kental dengan kerajaan dan beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di masa lampau, membuat Palembang juga populer sebagai tempat wisata sejarah.

Memang tidak salah untuk mengunjungi kota Palembang sebagai destinasi utama liburan. Selain sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, Palembang sekaligus menjadi Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki potensi wisata yang sangat menarik dan populer. Tidak akan ada ruginya berwisata ke Palembang karena sobat pasti mendapatkan pengalaman seru dan menarik dengan berbagai tempat wisata di Palembang. Jikapun hanya sekedar mampir ke tempat kerabat dan saudara di Palembang, tidak ada ruginya jalan jalan sebentar menikmati keindahan kota Palembang dari dekat.

Tempat Wisata di Palembang Paling Populer

1. Sungai Musi

tempat wisata di Palembang yaitu sungai musi

source:tionghoa.net

Kota Palembang adalah salah satu kota yang dialiri sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera yaitu Sungai Musi. Jika ditelusuri hingga ke daerah hulu, Sungai Musi berasal dari daerah Kepahiang dan berakhir di Daerah Sungsang, bagian timur Pulau Sumatera. Sungai Musi dengan panjang hingga 750 km ini menjadi salah satu kebanggan masyarakat Palembang. Bagi masyarakat Sumatera Selatan, terutama Palembang, Sungai Musi menjadi bagian penting dalam keseharian sejak lama. Sungai Musi adalah sungai. Sungai Musi menjadi salah satu tempat wisata di Palembang paling populer.

2. Jembatan Ampera

jembatan ampera tempat wisata di palembang terpopulerSatu destinasi menarik di kota Palembang adalah Jembatan Ampera. Jembatan Ampera membentang di Sungai Musi dengan bentangan jembatan mencapai 1.177 meter, cukup panjang untuk sobat yang jalan kaki di Palembang. Daerah yang dihubungkan dengan jembatan Ampera adalah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Bagi sobat yang hobi fotografi, pasti puas berfoto-foto di atas Jembatan Ampera. Dengan pemandangan yang sangat indah dari atas jembatan. Atau menjadikan Jembatan Ampera sebagai obyek gambar juga sangat kami rekomendasikan.

Baca juga : Tempat Wisata di Jakarta Paling Populer

Awal pemikiran untuk membangun jembatan ampera sebenarnya sudah ada sejak masih dalam pendudukan Belanda tahun 1906. Namun pembangunan jembatan baru dimulai tahun 1962 pada saat Indonesia sudah merdeka. Dan yang paling menarik adalah biaya pembangunannya menggunakan dana dari harta rampasan perang Jepang hingga tenaga ahli pun berasal dari Jepang dan Jembatan Ampera pun dibangun dengan sangat megah. Hal menarik lainnya, ternyata bagian tengah Jembatan Ampera bisa diangkat dan diturunkan sehingga bisa dilewati dengan kapal-kapal besar, meskipun sekarang sudah tidak difungsikan kembali. Tidak heran Jembatan Ampera menjadi ikon kota Palembang.

3. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak lokasi tempat wisata di palembangSalah satu wisata Sejarah di Kota Palembang adalah Benteng Kuto Besak. Benteng ini adalah peninggalan dari Kerajaan Palembang Darussalam pada saat masih dalam masa penjajahan Belanda. Seperti benteng-benteng yang dibangun pada zaman dahulu, benteng difungsikan sebagai daerah pertahanan dari serangan belanda. Jika Sobat pernah ke Benteng Vredeburg di Yogyakarta, Benteng Kuto Besak mirip dengan Benteng Vredeburg. Jika sobat mau berkunjung Benteng Kuto Besak, lokasinya tidak terlalu jauh dari Sungai Musi.

4. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng HO tempat wisata di Palembang ruhaniSejarah Islam di Palembang memang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Sebab sudah sejak awal tahun Islam/ Hijriah, Islam sudah berkembang pesat di Palembang. Meskipun didirikan tahun 2003 an dan diresmikan tahun 2006, Masjid Cheng Ho sebagai pengingat pada salah satu tokoh penyebar Islam di Palembang yaitu Laksamana Cheng Ho. Cheng Ho berasal dari China yang merupakan utusan kaisar Tiongkok tahun 1400 an Masehi (Dinasti Ming).

Masjid Cheng Ho menampilkan arsitektur indah bergaya Tionghoa. Lokasinya berada di sekitar daerah Jakabaring. Jika sobat mau kesana, sangat boleh dan tanpa biaya alias gratis namun tetap tenang sebab banyak yang sedang beribadah di sana.

5. Bukit Siguntang

bukit seguntang tempat lokasi wisata di PalembangTempat wisata di Palembang lainya adalah Bukit Siguntang yang terletak di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Bukit Siguntang adalah salah satu tempat yang cukup sakral di Palembang. Konon, menurut cerita, dahulu keluarga kerajaan melakukan ibadah, bertapa dan bersemedi di Bukit Siguntang. Dan hingga saat ini pun aktivitas ritual seperti itu masih dilakukan oleh beberapa orang.

6. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah tempat wisata alam di palembangApalagi tempat wisata di Palembang yang paling populer? Tempat ini menjadi jawabannya, Air Terjun Lematang Indah. Wisata alam di Palembang ini berada di kota Pagar Alam. Meski memiliki ketinggian hanya 40 meter, tapi di sekitar Air Terjun Lematang Indah terdapat lingkungan yang sangat menarik dan indah. Apalagi dengan jalan menuju air terjun, sangat menyenangkan dan sangat menyegarkan karena menyajikan keindahan pemandangan.

Baca juga : Tempat Wisata Malaysia yang Menarik

7. Air Terjun Maung (Curup Maung)

tempat wisata di palembang air terjun maunPalembang memang kaya dengan air terjun, selain Air Terjun Lematang Indah ada satu kawasan air terjun yang sayang kalau dilewatkan pada liburan sobat. Namanya Air Terjun Maung ada juga yang bilang dengan Curup Maung. Buat sobat yang hobi traveler, sepertinya wajib mengunjungi tempat wisata di Palembang ini. Jika mau berkunjung ke Air Terjun Maung, bisa dengan motor atau mobil hanya dengan menempuh perjalanan selama satu jam dari Kabupaten Lahat ke arah Kecamatan Gumay Ulu. Jika sudah sampai di desa Padang Muaro Duo, sobat meski memarkirkan kendaraan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 1 jam hingga sampai ke Air Terjun Maung melewati kebun kopi. Namun jika Sobat menempuh perjalanan dari Palembang, perlu waktu sekitar 7 jam, bedanya lama banget ya.

8. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung PalembangMasjid Agung Palembang berada di Jalan K.H. Faqih Usman, ukurannya terbilang luas sekitar 5.520 meter persegi di bangunan masjidnya saja, belum dengan lahan sekitarnya. Karena ukuran sangat besar dan bentuknya yang menarik dan megah sehingga menjadi salah satu ikon kota Palembang. Masjid Agung Palembang dibangun pada masa pemerintahan Sultah Mahmud Badaruddin I sekitar tahun 1738 – 1748. Hingga saat ini telah mengalami beberapa kali renovasi dari awalnya hanya hanya 1.080 meter persegi menjadi 5.520 meter persegi. Arsitektur Masjid Agung Palembang ini bergaya Cina pada kubahnya, sedangkan pada bagian lainnya bergaya Eropa.

Itulah beberapa tempat wisata di Palembang yang populer hingga saat ini. Jika sobat memang sedang berada di Palembang, sempatkan sejenak berkunjung ke salah satu lokasi wisata di Palembang.

Tempat Wisata di Palembang | admin | 4.5