Tempat wisata Di Mojokerto Yang Harus Dikunjungi

Tempat wisata di Mojokerto Jawa Timur paling sering dikunjungi apa ya? Bagi sobat yang sedang berencana mengadakan liburan ke Mojokerto, tentu akan mencari informasi mengenai lokasi wisata di Mojokerto. Atau saat sobat sedang mengunjungi sanak famili di Mojokerto, tidak ada salahnya sekaligus mengunjungi obyek wisata Mojokerto. Bagi sebagian orang, mendengar nama Mojokerto mungkin akan terdengar asing, dibandingkan dengan Surabaya atau Malang atau mungkin Jombang. Namun kalau sobat mendengar kata Majapahit, pasti banyak yang tahu dan memang di Mojokerto terdapat beberapa peninggalan Majapahit seperti Situs Trowulan.

Sebelum sobat mencari tempat wisata di Mojokerto, sepertinya perlu juga mengetahui tentang Mojokerto. Mojokerto adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang katanya memiliki jumlah penduduk terpadat di Indonesia, padahal luas wilayahnya tidak begitu besar. Akses ke Mojokerto juga tidak terlalu sulit. Dari Surabaya, cara menuju ke Mojokerto bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, maupun menggunakan transportasi murah meriah yaitu kereta api. Kereta Api dari Surabaya ke Mojokerto ada 5 trip dalam sehari. Untuk sobat yang menggunakan mobil, saat ini sudah dipermudah dengan adanya jalur Tol dari Surabaya ke Mojokerto. Untuk sobat dari daerah lain juga tidak perlu khawatir, akses wisata ke Mojokerto sudah sangat bagus dan mulus, makanya segera kunjungi tempat wisata di Mojokerto sekarang.

Apa yang istimewa dari Mojokerto sehingga layak dimasukan ke daftar liburan sobat? Tempat wisata di Mojokerto terbilang banyak dan indah-indah. Untuk sobat yang sudah berkeluarga maupun masih single pun cocok. Daripada penasaran, yuk langsung saja kami berikan informasi tempat wisata di Mojokerto paling menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Di Mojokerto Yang Wajib Dikunjungi

1. Wisata Pacet Mojokerto

padusan pacet tempat wisata di mojokerto

Tempat wisata di Mojokerto yang pertama adalah wisata air panas Pacet Mojokerto. Wisata Pacet Mojokerto dulu pernah terkena bencana sekitar tahun 1990 an dimana terjadi longsor dan banjir air bah. Namun begitu, Pacet Mojokerto terus saja dibanjiri pengunjung setiap musim liburan tiba atau bahkan setiap harinya. Obyek wisata di Mojokerto ini terbilang sangat unik karena yaitu berupa padusan dengan suhu air yang hangat secara alami. Padusan atau tempat mandi tersebut mengandung mineral yang berguna untuk kesehatan kulit tubuh, mineral tersebut terutama adalah belerang. Wisata Pacet Mojokerto berada di Kaki Gunung Welirang dan jika sobat berasal dari Surabaya bisa menempuh perjalanan selama 2 jam.

Baca juga: Tempat Wisata di Jogja Paling Menyenangkan

2. Air Terjun Coban Canggu Mojokerto

Air Terjun Coban Canggu tempat wisata di Mojokerto jos

source:ragamtempatwisata.com

Beberapa air terjun alami telah dijadikan sebagai tempat wisata di Mojokerto, salah satunya adalah Air Terjun Coban Canggu Mojokerto. Air terjun di Mojokerto ini merupakan air terjun yang sangat menarik dan sayang sekali kalau dilewatkan pada liburan sobat. Air terjun Coban Canggu bertempat di wilayah Pacet Mojokerto. Air terjun di Mojokerto ini memiliki ketinggian yang cukup lumayan sekitar 70 meter. Lokasi Air terjun Coban Canggu agak masuk ke dalam sehingga untuk mencapai lokasi sobat diharuskan berjalan kaki menyusuri tangga yang jaraknya cukup lumayan. Kelelahan setelah sobat berjalan kaki akan terbayar saat sampai ke lokasi, segarnya air terjun Coban Canggu akan langsung menghilangkan rasa letih dalam perjalanan. Sebagai informasi, Air Terjun Coban Canggu ini adalah salah satu obyek wisata favorit di Mojokerto, sehingga setiap liburan tiba pasti selalu dipenuhi pengunjung.

3. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung obyek wisata di Mojokerto

source:surabaya.panduanwisata.id

Tempat wisata di Mojokerto lainnya adalah air terjun Dlundung. Obyek wisata di Mojokerto ini berada di kawasan wisata Trawas Mojokerto. Jika ada belum tahu, Trawas adalah adalah sebuah kecamatan di Mojokerto yang terkenal memiliki banyak tempat wisata salah satunya air terjun Dlundung. Air terjun di Mojokerto ini memiliki ketinggian sekitar 50 – 60 meter. Sumber mata airnya masih dari Gunung Welirang. terdapat tiga Air Terjun Dlundung yang dapat sobat temui disana. Namun akses menuju ke beberapa air terjun Dlundung tidak dapat dijangkau dengan mudah. Hanya air terjun Dlundung Utama saja yang sudah memiliki jalan setapak nyaman untuk dilalui. Tiket masuk Air Terjun Dlundung adalah Rp 3.500 per orang sedangkan biaya parkir motor roda dua Rp 1000 dan roda empat Rp 2000.

4. Museum Trowulan Mojokerto

museum trowulan tempat wisata di Mojokerto

source: wikimapia.org

Trowulan sangat terkenal apalagi untuk mata pelajaran sejarah, sebab disana terdapat peninggalan purbakala yang sangat berharga. Oleh karena itu daerah tersebut terkenal dengan nama Situs Trowulan. Wisata Trowulan Mojokerto memberikan gambaran kepada para pengunjung tentang sejarah bangsa Indonesia. Tidak heran memang di Trowulan terdapat museum yang didalamnya tersimpang banyak benda bersejarah terutama dari kerajaan Mahapahit, Kerajaan Singasari, Kerajaan Kediri dan Kerajaan Kahuripan. Tempat wisata di Mojokerto ini terbilang bersejarah karena di bangun sebelum Indonesia merdeka tepatnya tahun 1924 oleh Bupati Mojokerto saat itu yaitu Kanjeng Adipati Aria Kramadjaja Adinegara bersama arkeolog Belanda yaitu Henry Maclaine Pont. Di Museum Trowulan berbagai arca dan peninggalan bersejarah lain tersimpan rapi.

Meskipun desain bangunan yang unik dan menarik membuat obyek wisata di Mojokerto ini cocok dijadikan background pemotretan, namun ternyata hal tersebut dilarang oleh pihak pengelola. Dari beberapa cerita masyarakat, ada yang mengatakan Museum Trowulan Mojokerto angker, tapi masa sih takut sama yang begituan. Tinggal kita berdoa sama yang di atas, mohon perlindungan, ya tidak sobat. Langsung saja deh kunjungi wisata Mojokerto di museum Trowulan.

5. Pacet Mini Park Mojokerto

Pacet Minipark Mojokerto Jawa TimurMasih berada di kawasan wisata Pacet Mojokerto, tempat wisata di Mojokerto satu ini merupakan tempat yang pas untuk liburan bersama keluarga. Pacet Mini Park Mojokerto nama obyek wisatanya. Di dalam lokasi wisata terdapat berbagai wahana air dimana pengunjung dapat bermain di dalamnya. Selain itu terdapat pula taman yang bisa digunakan untuk refreshing sambil menikmati hidangan sudah disiapkan dari rumah. Jika sobat tidak sempat membawa bekal makanan, Pacet Mini Park Mojokerto tersedia restoran dengan pilihan makanan yang cukup beragam.

Baca juga: Tempat Wisata di Bogor Paling Favorit

6. Patung Budha Tidur Di Mojokerto

patung budha tidur di mojokertoObyek wisata Mojokerto selanjutnya adalah sebuah patung Budha Tidur dinamakan dengan Mahavihara Majapahit. Hal yang unik dari patung ini adalah ukurannya yang sangat besar dan ada yang mengatakan sebagai patung Budha terbesar di dunia. Selain itu warnanya juga sangat mencolok sehingga dapat dilihat dari kejauhan dengan warnya emasnya. Keunikan itulah menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata di Mojokerto yang banyak dikunjungi wisatawan. Jika sobat mau kesana, lokasinya berada di desa Bejijong Trowulan Mojokerto.

7. Museum Balai Pelestarian Purbakala Jawa Timur

museum balai pelestarian peninggalan purbakala jawa timur

source: www.thearoengbinangproject.com

Masih berada di kawasan Trowulan Mojokerto, terdapat satu lagi museum yang cukup populer yaitu Museum Balai Pelestarian Purbakala Jawa Timur disingkat BP3. Tempat wisata di Mojokerto ini berada di Jalan Majapahit Nomor 141 – 143, Trowulan Mojokerto. Hampir sama dengan Museum Trowulan, Museum Balai Pelestarian Purbakala Mojokerto menyimpan benda benda peninggalan zaman purbakala. Berbeda dengan di Museum Trowulan, di BP3 Jawa Timur, sobat bisa memotret obyek obyek yang ada disana, tentu harus terlebih dahulu minta izin ke pengelola ya.

8. Candi Tikus Di Mojokerto

candi-tikus wisata mojokerto jawa timurBerbagai tempat wisata di Mojokerto memang tidak bisa dilepaskan dari warisan sejarah dan bangunan bersejarah. Candi Tikur adalah salah satu obyek wisata sejarah di Mojokerto. Dari beberapa catatan sejarah, Candi Tikus merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang dibangun pada masa Raja Hayam Wuruk sekitar tahun 1350-1380 M. Candi Tikus merupakan Candi yang unik berbeda dengan Candi pada umumnya. Candi Tikus bentuknya hampir mirip dengan kolam air, padahal sebuah candi. Selain itu, obyek wisata Mojokerto ini dibangun dengan bahan utama dari batu andesit dan bata merah. Bagi yang mau ke Candi Tikus, lokasinya berada di Desa Temon, Trowulan Mojokerto.

9. Candi Bajang Ratu

candi bajang ratu tempat wisata di mojokerto

source:pinterest.com

Candi Bajang Ratu berada satu kawasan dengan Candi Tikus yaitu di Dukuh Kraton, Desa Temon, Trowulan, Mojokerto. Jaraknya dari Candi Tikus cukup dekat, hanya sekitar 600 meter saja. Menurut catatan Sejarah, Candi Bajang Ratu merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Jayanegara sekitar abad ke 13 atau 14. Tempat wisata di Mojokerto ini memililiki area yang cukup luas untuk ukuran candi. Bahan utama pembuatan Candi Bajang Ratu selain atap dan anak tangganya adalah Bata Merah. Pada masa pendudukan Belanda di Indonesia, Candi Bajang Ratu pernah mengalami pemugaran.

10. Candi Jolotundo

candi jolotundo mojokerto jawa timur indonesiaTempat wisata di Mojokerto lainnya yang masih berhubungan erat dengan sejarah Majapahit adalah Candi Jolotundo. Candi Jolotundo Mojokerto ini berada di Kawasan wisata Trawas dan berdekatan dengan Air Terjun Dlundung. Pada zaman Majapahit, Candi Jolontundo merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai tempat pemandian (petirtaan) keluarga raja. Candi Jolotundo dibangun pada tahun 997 masehi sebagai hadiah raja atas kelahiran anaknya yang bernama Airlangga. Hal yang menarik dari obyek wisata di Mojokerto ini adalah pada saat musim kemarau, mata air Candi Jolotundo akan terus mengalir. Karena masih dianggap sebagai tempat keramat, banyak pengunjung yang sengaja datang pada malam bulan purnama untuk mandi di petirtaan Jolotundo Mojokerto.

11. Pemandian Ubalan

tempat wisata di Mojokerto Pemandian UbalanPemandian Ubalan adalah tempat wisata Mojokerto yang berada di kawasan wisata Pacet. Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 8.000, sobat sudah bisa menikmati lingkungan yang asri di pemandian Ubalan Mojokerto. Sementara untuk sobat yang ingin berenang, harus mengeluarkan uang sebesar Rp 6.ooo. Pemandian Ubalan merupakan destinasi wisata di Mojokerto yang cocok untuk keluarga. Selain banyak tersedia sarana permainan, fasilitasnya juga cukup lengkap selain itu tiketnya murah.

12. Kolam Segaran Trowulan

destinasi wisata mojokerto kolam segaran trowulan

source:ragamtempatwisata.com

Kolam Segaran adalah sebuah kolam kuno yang memiliki ukuran terbesar di Indonesia. Bayangkan saja, Kolam Segaran Trowulan Mojokerto ini berukuran 6,5 hektar dengan bentangan panjang mencapai 375 meter dan lebarnya 175 meter. Sekeliling kolam Segaran terdapat batu bata tebalnya mencapai 1,6 meter sedangkan kedalaman kolam mencapai 2,8 meter. Tempat wisata di Mojokerto ini ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda tahun 1926. Saat ditemukan kolam segaran sudah tertimbun tanah. Menurut para ahli sejarah, dahulunya kolam Segaran berfungsi untuk menampung air agar daerah Trowulan tidak banjir. Selain itu, Kolam Segaran dulunya juga berfungsi sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu yang datang ke Majapahit.

13. Makam Troloyo Mojokerto

makam troloyo mojokertoSalah satu tempat di Mojokerto yang sering disambangi untuk diziarahi adalah Makam Troloyo. Makam Troloyo adalah makam Syeh Jumadil Qubro atau Sayyid Muhammad Jumadil Qubro, seorang ulama yang sekaligus sebagai Kakek Sunan Ampel. Makam Troloyo telah ada sejak tahun 1478 masehi. Dan pada tahun tersebut juga Kerajaan Majapahit berdiri berarti agama Islam sudah menyebar sejak zaman Majapahit. Makam Troloyo menjadi salah satu andalan tempat wisata di Mojokerto terutama untuk wisata religi.

14. Candi Brahu

candi brahu lokasi wisata di mojokertoCandi Brahu menjadi destinasi wisata selanjutnya di Mojokerto. Lokasi Candi Brahu berada di Kawasan Wisata Trowulan Mojokerto, tepatnya di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Menurut beberapa catatan sejarah yang beredar, Candi Brahu berusia lebih tua daripada candi-candi di Trowulan. Candi Trowulan dibangun pada masa pemerintahan Raja Mpu Sindok dan difungsikan untuk pembakaran raja-raja Brawijaya yang telah wafat. Pada tahun 1990 Candi Brahu mengalami pemugaran dan baru selesai pada tahun 1995. Sebenarnya di sekitar Candi Brahu, terdapat beberapa candi seperti Candi Gedong, Candi Muteran, Candi Gentong dan Candi Tengah, namun saat ini candi-candi tersebut sudah tidak terlihat lagi.

15. Candi Wringin Lawang

candi waringin lawang mojokerto tempat wisataCandi Wringin Lawang ada juga yang menyebut dengan Gapura Wringin Lawang. Candi atau Gapura Wringin Lawang adalah tempat wisata di Mojokerto yang dulunya berfungsi sebagai pintu gerbang Kerajaan Majapahit. Sudah bisa ditebak, lokasi Candi Wrining Lawang berada di daerah Trowulan. Lokasi persisnya berada di Desa Jati Pasar, Trowulan.

16. Pendopo Agung Trowulan

pendopo agung trowulan mojokerto jatim

source: mojokertopost.com

Sayang sekali kalau sobat melewatkan obyek wisata Mojokerto yang satu ini. Masih berada di kawasan Trowulan satu desa juga dengan Candi Bajang Ratu, nama tempatnya adalah Pendopo Agung Trowulan. Meskipun bukan bangunan peninggalan Majapahit namun Pendopo Agung Trowulan memiliki nilai tersendiri. Dibangun oleh Kodam V Brawijaya pada tahun 1964-1973. Menurut cerita, di lokasi Pendopo Agung Trowulan berdiri adalah tempat dimana Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa.

Memang cukup banyak tempat wisata di Mojokerto yang menarik dan bernilai sejarah tinggi. Apalagi dengan wisata alamnya seperti wisata Pacet Mojokerto dan 2 air terjun di Mojokerto yang eksotik. Kira-kira kapan sobat akan berkunjung ke Mojokerto? Demikian artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa di share ya.

Tempat wisata Di Mojokerto Yang Harus Dikunjungi | admin | 4.5