Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah Paling Terkenal

Tempat wisata di Kebumen apa yang paling terkenal? Kalau sobat orang Kebumen pasti akan dengan mudah menjawabnya, ada Pantai Menganti, Pantai Ayah. Tapi bagi orang luar Kebumen mungkin harus melihat dulu keatas atau bertanya dulu ke orang Kebumen. Ada banyak tempat wisata Kebumen yang menarik dan sangat kami rekomendasikan untuk dikunjungi. Lokasi wisata di Kebumen juga bermacam-macam, ada yang pegunungan, ada banyak juga dilautan. Jenis wisata nya pun bermacam-macam, wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari dan masih banyak lagi.

Kebumen adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan termasuk dalam karesidenan Kedu. Jika ada belum yang belum apa itu karesidenan, ya semacam perkumpulan dari beberapa Kabupaten. Kebumen sendiri berbatasan dengan wilayah kabupaten disekitarnya, di timur ada Purworejo dan Wonosobo, di Barat ada Cilacap dan Banyumas, di utara ada Banjarnegara, sementara di bagian selatan berbatasan langsung Samudera Hindia. Wilayahnya yang sangat beranekaragam, mulai dari pantai sampai pegunungan menjadikan tempat wisata di Kebumen pun banyak macamnya. Menurut penelitian, sebagian wilayah daratan Kebumen dahulunya adalah lautan. Namun karena adanya gejala alam seperti gempa maka wilayah laut tersebut naik dan menjadi daratan. Tidak heran meskipun berada di daratan, ternyata beberapa wilayah Kabupaten Kebumen terdapat fosil fosil binatang laut. Padahal lokasi daratannya cukup jauh dari lautan.

Setiap tahunnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kebumen, mulai dari turis lokal sampai dengan turis mancanegara datang ke sana untuk menikmati pesona wisata Kebumen. Kalau sobat dari luar kabupaten dan mau berkunjung lebih dari 1 hari, tidak perlu bingung dengan penginapan atau hotel di Kebumen. Masih banyak penginapan dan hotel murah di Kebumen. Selain hotel ada juga motel dengan tarif yang cukup bersaing dengan jenis penginapan lainnya. Apa saja wisata menarik di Kebumen? Mari kita simak ulasannya berikut ini:

Tempat Wisata di Kebumen Terkenal dan Terpopuler:

1. Pantai Menganti

pantai menganti tempat wisata di kebumen

Tempat wisata di Kebumen yang pertama adalah Pantai Menganti. Wisata di Pantai Menganti tidak kalah menarik dengan wisata di pantai populer lain seperti Parangtritis Jogja. Pantai Menganti terletal di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Untuk mencapai Pantai Menganti, sobat perlu melakukan perjalanan dari kecamatan Gombong sekitar 45 km, cukup jauh ya dari pusat kota. Jika dari Gombong, lewat barat ke pantai Logending, pilih jalur naik ke Pantai Menganti. Jalur lain ada jaraknya sekitar 38 km, namun melewati jalur yang cukup curam, yaitu bisa lewat Gombong, terus ke Puring, terus Pantai Suwuk lanjut ke Pantai Menganti.

Kami sarankan kalau ke Pantai Menganti sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri, khususnya motor roda dua. Karena jalan yang akan dilalui masih cukup sulit dan paling mudah menggunakan motor roda dua. Meskipun medan yang dilalui tidak terlalu mudah, namun semua terbayar dengan keindahan pemandangan Pantai Menganti. Di Obyek Wisata Pantai Menganti, sobat bisa mendapatkan suasana alam pantai yang tenang disertai tiupan angin yang menyejukan. Apalagi ditambah pemandangan mercusuar yang terlihat sangat kokoh di pinggir pantai, makin membuat mata menjadi terpesona.

2. Pantai Ayah

Selain Pantai Menganti, Tempat Wisata Di Kebumen lainnya yang juga masih berupa Pantai adalah Pantai Ayah. Kenapa dinamakan dengan pantai ayah? Apa disana banyak ayahnya? Ternyata Pantai Ayah berada di daerah yang bernama Ayah. Tepatnya sebuah desa yang sekaligus menjadi kecamatan yaitu kecamatan Ayah. Pantai ini dulunya sangat bagus dan menjadi tujuan wisata favorit di Kebumen. Namun sejak dibangun pemecah gelombang pantai di lepas pantai, menjadikan pemandangan di Pantai Ayah kurang begitu menarik, kalah dengan tetangganya sebelahnya pantai Jetis.

Namun tidak ada salahnya jika sobat coba datang ke Pantai Ayah. Disana sobat bisa menikmati besarnya gelombang pantai selatan dari atas batuan pemecah gelombang, lumayan menakutkan sih.

3. Pantai Karangbolong

Pantai-Karang-bolong tempat wisata di Kebumen jos apik tenanTempat Wisata di Kebumen memang banyak yang berada di wilayah laut. Selain Pantai Menganti dan Pantai Ayah, ada Pantai yang cukup dikenal dan sering menjadi tujuan wisata di daerah Kebumen. Pantai tersebut adalah Pantai Karangbolong. Lokasi Pantai Karangbolong masih satu kawasan dengan Pantai Ayah, mungkin hanya berjarak beberapa kilometer saja. Selain pemandangan pantai yang indah, di sana juga terdapat Goa yang umurnya sudah sangat tua, namanya Goa Karangbolong. Goa yang ada sejak 15-30 juta tahun lalu ini menjadi tempat burung walet membuat sarang. Mungkin karena letaknya yang pas di tepian pantai.

4. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan Obyek wisata di KebumenKalau sobat mau melihat laut seluas mata memandang, seperti wajib datang ke Pantai Petanahan. Sebuah pantai tempat wisata di Kebumen ini selalu menjadi tujuan para wisatawan pada saat libur panjang seperti Hari raya Idul Fitri maupun akhir tahun. Mereka yang datang ke Pantai Petanahan pun bukan hanya dari wilayah Kebumen saja, tapi banyak juga dari luar daerah menyempatkan singgah ke obyek wisata di Kebumen ini.

Oya sobat, kalau mau ke Pantai Petanahan dan datangnya siang, sebaiknya sediakan topi ataupun penutup kepala lainnya, karena pada siang hari terpaan sinar matahari cukup menyengat.

5. Pantai Suwuk

pantai suwuk tempat wisata kebumen

source:rasimunway.blogspot.com

Satu lagi wisata Pantai di daerah Kebumen yaitu Pantai Suwuk. Tidak berada jauh dari Pantai Karangbolong, sobat bisa ke pantai Karangbolong sekaligus mampir ke Pantai Suwuk. Pantai Suwuk sekarang menjadi Primadona Wisata bagi Kabupaten Kebumen. Selain Pantainya yang indah, di pantai Suwuk juga terdapat Pesawat Boeing 737 yang sudah tidak terpakai lagi, sehingga bisa dijadikan sarana pendidikan bagi anak. Tidak perlu ke Bandara, cukup ke Pantai bisa menikmati derasnya gelombang laut sekaligus bisa mengenalkan anak tentang alat transportasi.

Kalau sobat mau ke Pantai Suwuk, dari Pusat Kota Kebumen berjarak sekitar 50 KM, tepatnya di Desa Suwuk kecamatan Puring. Tidak seperti di Pantai Menganti, akses ke Pantai Suwuk sudah cukup bagus dan bisa dilewati kendaraan besar termasuk bus pariwisata.

6. Pantai Lembupurwo

tempat wisata di kebumen pantai-lembupuwro

Source:Lintaskebumen.wordpress.com

Ternyata tempat wisata di Kebumen memang didominasi oleh wisata daerah Pantainya. Selain Pantai Menganti dan pantai-pantai lainnya di atas, masih ada beberapa pantai lagi wisata di Kabupaten Kebumen, Pantai Lembupurwo salah satunya. Lembu kalau di bahasa Indonesia artinya Kerbau dan Purwo artinya Muda. Jadi Lembupurwo artinya Kerbau yang masih muda. Nama Pantai Lembupurwo ternyata mengikuti nama desa yang memilikinya yaitu desa Lembupurwo. Pantai ini berada di sebelah timur Kota Kebumen.

Akses untuk menuju Pantai Lembupurwo juga sudah lumayan bagus dan sangat bisa dilewati kendaraan kecil ataupun besar, termasuk bus-bus pariwisata. Seperti pantai Ayah, Pantai Lembupurwo juga memiliki pasir hitam. Meskipun begitu, pemandangan disana tetaplah bagus dan indah. Apalagi kalau dinikmati sambal menikmati berbagai macam jajanan makanan khas Kebumen seperti mendoan, pasti makin asyik berwisatanya.

7. Pantai Karang Agung

pantai Karang Agung tempat wisata di daerah kebumen

source:modatranswisata.blogspot.com

Tempat wisata di Kebumen yang lain adalah Pantai Karang Agung. Pantai Pasir Agung berbeda dengan Pantai yang lain, karena di sana Sobat tidak akan menemukan adanya sekumpulan pasir hitam apalagi pasir putih. Karena yang ada disana adalah sekumpulan karang Indah yang mengisi bibir pantai Karang Agung. Tidak heran memang nama pantainya adalah Pantai Karang Agung. Mungkin karena karang yang ada disana besar-besar, sehingga dinamakang Karang Agung, artinya karang besar. Menurut kabar yang beredar, Pantai Karang Agung dikeramatkan, oleh karenanya sangat jarang pengunjung yang datang kesana. Tapi kalau sobat penasaran, silahkan saja boleh banget datang ke Pantai Karangagung

8. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron menjadi pantai terakhir tempat wisata di Kebumen berupa pantai. Pantai yang berwarna abu-abu ini tidak seterkenal Pantai Menganti, Pantai Ayah maupun Pantai Suwuk. Namun itulah istimewanya pantai Pecaron, karena belum terkenal dan belum banyak datang ke sana, suasana di Pantai Pecaron masih sangat alami. Sobat akan mendapatkan ketenangan dan keheningan sehingga pulang dari sana kebahagiaan akan tetap terasa. Pantai Pecaron masih satu wilayah dengan Pantai Ayah, Pantai Menganti dan Pantai Logending.

Kira-kira tempat wisata di Kebumen yang berupa pantai apalagi ya?

Baca juga: Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Terkenal

9. Benteng Van Der Wijck

obyek wisata kebumen jawa tengah Benteng_VanDer-WijckMau menikmati tempat bersejarah di Kebumen, silahkan datang ke Benteng Van Der Wijck. Tempat wisata di Kebumen ini merupakan bangunan peninggalan zaman penjajahan VOC Hindia Belanda. Bangunan berbentuk benteng yang tinggi ini dibangun sekitar abad 18 Masehi. Cukup mudah untuk sampai ke Benteng Van Der Wijck, karena letaknya yang berdekatan dengan tempat wisata Kebumen lainnya.

10. Goa Jatijajar

Tempat wisata di kebumen Goa JatijajarGoa Jatijajar menjadi rekomendasi kami selanjutnya untuk tempat wisata di Kebumen. Untuk sampai ke tempat wisata Goa Jatijajar, sobat harus masuk dulu dari Jalan utama penghubung antara Kebumen Purworejo. Kurang lebih jaraknya sekitar 42 km dari pusat kota Kebumen. Meskipun jauh dari pusat kota, namun penataan lokasinya cukup teratur. Diluar lokasi wisata, terdapat parkiran yang cukup luas, ada yang berada di luar namun banyak yang di dalam. Sebaiknya sobat pilih yang didalam saja, supaya tidak terlalu jauh.

Jika sobat baru masuk ke lokasi, mungkin akan mengira goa jatijajar terletak dekat dengan pintu masuk. Ternyata setelah masuk, sobat harus berjalan dulu melewati semacam kolam, yang biasanya banyak anak-anak mandi dan memainkan musik dengan suara dari air, unik sebenarnya. Setelah mengitari kolam, sobat harus naik tangga beberapa kali, lumayan tinggi dan melelahkan. Namun lelah akan terbayarkan jika sudah sampai di bibir gua. Di dalam gua terasa sangat dingin dan lembab. Disana juga sobat bisa menemukan sungai didalam goa. Sangat cocok untuk wisata bersama keluarga.

11. Goa Barat

tempat wisata di kebumen goa-barat

source:alidesta.wordpress.com

Nama Goa Barat tidak sebegitu terdengar populer dibandingkan dengan tempat wisata di Kebumen lain seperti Goa Jatijajar, atau Pantai Menganti atau Pantai Ayah. Goa Barat adalah Goa yang masih sangat alami dan pasti mereka yang suka dengan alam akan sangat senang. Sobat bisa melakukan caving atau penelusuran Goa. APalagi didalam Goa Barat terdapat air terjun alami di dalam gua, pasti sangat menakjubkan. Sampai saat ini goa Barat masih sangat alami meskipun sudah dibuka untuk tujuan wisata sejak 2012.

12. Gua Petruk

goa petruk kebumen

source: hmkunsoed.wordpress.com

Gua Petruk adalah gua lain yang saat ini cukup alami namun telah dibuka untuk wisata. Jika sobat mau ke Pantai Ayah lewat jalur setelah Goa Jatijajar, pasti akan melewati lokasi wisata Goa Petruk. Meskipun berada agak berdekatan dengan Goa Jatijajar, namun pengunjung yang datang ke Goa Petruk lebih sedikit. Mungkin karena di Goa Petruk tidak se populer tetanggannya.

Namun begitu, bukan berarti pemandangan di sana kalah menarik. Goa Petruk tetap menarik dengan adanya stalaktit dan stalakmit nya yang alami. Jika dibandingkan dengan Goa Jatijajar, Goa Petruk sebenarnya memiliki lorong yang lebih panjang, mencapai 800 meter panjangnya. Namun yang lebih dikenal adalah bagian mukanya atau dasarnya saja yang panjang lorongnya hanya 100 meter. Untuk penelurusan lebih ke dalam lagi, pengunjung harus didampingi oleh pemandu.

13. Waduk Sempor

waduk sempor wisata alam di kebumen

source:unitha-kasim.blogspot.com

Terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh rimbunan pohon-pohon membuat pemandangan waduk sempor menjadi sangat indah. Apalagi jika dilihat dari sebelah atas jalan raya antara Purbalingga dan Sempor, sangat jelas sekali warna biru hijau jernih dari air waduk sempor. Waduk yang dibangun lebih dari setengah abad yang lalu ini selain berfungsi untuk sumber mata air bagi warga di Kabupaten Kebumen, juga terdapat pembangkit listrik. Selain itu, menjadi sebuah tempat wisata di Kebumen yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata di Kebumen yang menarik dan belum kami ulas di artikel kali ini. Dari beberapa obyek wisata di Kebumen yang sudah kami berikan diatas, apakah ada yang ingin sobat tuju? Mungkin ke Pantai Menganti atau Pantai Suwuk atau malah mau caving di Goa Barat? Boleh boleh saja, silah datang ke Kebumen dan nikmati semua tempat wisata Kebumen yang paling menarik untuk sobat.

 

Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah Paling Terkenal | admin | 4.5