Kenali Penyebab Smartphone Android Boros Baterai

Kenali Penyebab Smartphone Android Boros Baterai. Saat ini, smartphone atau ponsel pintar merupakan barang yang wajib dimiliki oleh siapapun termasuk smartphone android. Bagi pengguna smartphone android, pasti tahu apa saja kelebihannya bila dibandingkan dengan handphone biasa. Smartphone android bukan hanya bisa berkirim pesan dan telfon saja, banyak sekali fungsi yang di handphone biasa tidak bisa lakukan di handphone android dengan mudah dilakukan.

Tentu sobat tahu kalau kalau game game seru android dapat dengan mudah di mainkan di handphone android. Begitu pun dengan nonton film, update berita terbaru, komunikasi di media sosial dan hal-hal lainnya begitu mudah dilakukan di ponsel android. Meskipun handphone android memberikan layanan yang mengutamakan kecanggihan teknologi kadang tidak didukung dengan daya baterai yang mumpuni. Pengguna smartphone android sering kali mengeluh kalau smartphone mereka boros baterai. Baru beberapa jam diisi sudah harus di charge kembali. Apa sebenarnya penyebab smartphone android boros baterai?penyebab smartphone android boros baterai

Inilah Penyebab Smartphone Android Boros Baterai

 

1. Aplikasi boros daya

Tidak dapat dipungkiri, menggunakan handphone android sangat memudahkan kita untuk download dan install beragam aplikasi di gadjet kita. Namun tahukan sobat kalau tidak semua aplikasi ramah terhadap penggunaan baterai handphone. Banyak aplikasi yang memerlukan daya baterai secara terus menerus. Hal inilah yang menjadi penyebab smartphone android boros baterai.

Sebagai contoh adalah game yang fenomenal baru baru ini yaitu game pokemon go yang diusung oleh Niantics Lab. Secara kualitas game ini sangat bagus sehingga sangat digemari oleh banyak orang. Namun dari sisi penggunaan baterai, game pokemon go menuntut kerja baterai lebih banyak sehingga boros baterai. Begitupun dengan aplikasi facebook mengharuskan secara kontinu memerika update dari server mereka sehingga secara kontinue akan tetap memakan daya baterai.

Ada cara mudah untuk mengetahui aplikasi android mana yang boros baterai. Buka bagian setting atau setelan, kemudian lihat tulisan “battery usage” atau “Baterai” saja.  Kalau diklik maka akan muncul grafik penggunaan baterai dan dibawahnya ada beberapa aplikasi dengan tingkat penggunaan baterai terbesar hingga terkecil. Agar baterai tidak boros, coba untuk rajin rajin mengganti setingan lokasi menjadi wifi and mobile networks only. Kemudian ganti lagi menjadi GPS jika memerlukan bantuan navigasi, tapi ya harus rajin-rajin mengganti.

2. Terlalu banyak widget

Penyebab smartphone android boros baterai yang kedua adalah penggunaan widget. Widget sejatinya untuk memudahkan pengguna android untuk menemukan aplikasi atau hal lain di handphone. Namun kalau semua aplikasi dibuat widget, layar handphone pasti akan penuh dan sangat berpotensi memboroskan daya baterai. Untuk mengatasinya, sebaiknya filter lagi aplikasi mana yang memang perlu dibuat widget dan aplikasi mana yang tidak.

Baca juga: Cara Cas Handphone Yang Benar Agar Baterai Awet

3. Power saver tidak nyala

Bagi sobat yang menggunakan smartphone android terbaru keluaran 2016 pasti minimal sudah menggunakan android Lollipop atau malah versi diatasnya. Android Lollipop ternyata memiliki fitur untuk menghemat baterai yaitu “power saving”. Fitur ini akan aktif secara otomatis apabila daya baterai sudah diangka 15 persen. Fitur ini akan secara otomatis mematikan beberapa apliksi seperti animasi kemudian sinkronisasi pada background dan kecerahan layar akan berkurang dengan sendirinya.

Secara default fungsi power saving sudah aktif, namun siapa tahu ternyata ada yang iseng atau lupa menonaktifkan fitur ini. Lebih baik periksa kembali dan aktifkan lagi fitur Power Saving. Kabar baik untuk pengguna Handphone Samsung Android dan Huawei, ternyata pihak pabrikan telah memberikan fitur penghemat daya tambahan sehingga bisa menghemat baterai.

4. Kecerahan layar terlalu tinggi

Kecerahan layar yang terlalu terang memang sangat memudahkan pengguna android dalam menggunakan perangkatnya. Namun pengaturan yang demikian ternyata sangat memberosokan baterai. Sebaiknya saat berada di ruangan, cukup gunakan kecerahan yang minimal, toh handphone masih dapat dengan mudah dibaca. Gunakan kecerahan tinggi saat berada di luar ruangan saat kecerahan lingkungan melebihi kecerahan layar handphone.

Cara lainnya adalah pengaturan terhadap fungsi Opsi screen timeout. Cara ini sobat bisa dengan mudah mengatur berapa lama handphone akan mati jika tidak diapa-apakan.

5. Baterai sering panas

Ternyata suhu tinggi menjadi salah satu penyebab handphone android boros baterai. Sebaiknya hindari panas berlebih terhadap handphone android. Meskipun ponsel android sedang tidak dipakai, namun terpapar panas dari luar, dapat menyebabkan daya baterai menjadi boros dan menurun. Begitu juga dengan aplikasi android yang lama digunakan sehingga menyebabkan panas. Sebaiknya smartphone android diistirahatkan sebentar dan jangan digunakan secara terus menerus agar suhu turun.

Ada suatu riset yang memberikan hasil bahwa umur baterai smartphone akan lebih panjang apabila kapasitasnya hanya diisi sampai 80 atau 90 persen saja ketika di cas. Begitupun dengan kapasitas minimalnya tidak boleh kurang dari 10 persen. Jika hampir 10 persen, sebaiknya segera di cas. Cara lainnya agar bisa hemat baterai android ya dengan download aplikasi penghemat baterai android di google play store.

Kalau mau baterai android awet dan tidak boros sebaiknya kenali apa saja penyebab baterai smartphone android boros baterai. Setelah tahu, langsung diterapkan sehingga baterai tetap bisa berumur panjang.

Kenali Penyebab Smartphone Android Boros Baterai | admin | 4.5