Penyebab Kenapa Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Waspadalah

Kencing atau buang air kecil hal yang lumrah dilakukan oleh manusia, namun alasan penyebab kenapa sering buang air kecil di malam hari perlu sekali anda ketahui agar kesehatan anda terus terjaga. Tidak ada yang ketika seseorang kencing atau buang air kecil di malam hari. Namun apabila frekwensinya sangat banyak, hal ini patut dipertanyakan.
Penyebab terlalu sering buang air kecil dimalam hari atau anyang anyang akan berikan untuk anda. Seperti dilansir dari prenvtion.com, ada kurang lebih 8 penyebab hal yang menyebabkan seseorang terlalu banyak buang air kecil di malam hari

penyebab sering buang air kecil saat malam hari akan tidur
Penyebab sering buang air pada malam hari

1. Minum Alkohol dan Kafein

Minum minuman berAlkohol memang sangat tidak baik untuk tubuh, beberapa agama malah melarang minum minuman beralkohol karena berefek buruk bagi tubuh. Meskipun kafein yang biasanya terdapat dalam kopi tidak dilarang, sebaiknya anda perlu mengontrol dalam mengkonsumsi kafein. Sebab baik alkohol dan kafein keduanya membuat produksi urin meningkat. Kalau anda tidak ingin anyang anyang di malam hari menjelang tidur, kurangi konsumsi kopi setidaknya 3 jam menjelang tidur.

Baca juga: Makanan Untuk Menjaga Kulit Wajah

2. Terlalu banyak minum

Minum menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakan oleh semua manusia. Tanpa makan orang bisa bertahan berhari hari, tapi kalau tanpa minum yang cukup, bisa berbahaya buat tubuh. Karena aktivitas yang banyak atau karena suhu yang terlalu panas, orang biasanya banyak mengkonsumsi air minum untuk mendinginkan badan. Apabila hingga malam hari menjelang tidur, jumlah kandungan air dari air minum yang terdapat dalam tubuh anda masih banyak, kemungkinan anda akan sering buang air kecil dimalam hari saat akan tidur. Saran para ahli adalah berhentilah minum setidaknya dua jam sebelum tidur

3. Berkurangnya hormon tertentu

Semakin bertambahnya umur seseorang, akan membuat beberapa hormon menjadi berkurang, salah satunya adalah hormon antidiuretik. Kerja hormon antidiuretik adalah bersama sama ginjal dalam mengongtrol kadar cairan pada tubuh. Jika hormon antidiuretik berkurang, orang akan semakin mudah buang air kecil. Seorang ahli kesehatan bernama Tobias Kohler mengungkapkan jika seseoarng akan mulai mengalami pengurangan hormon antidiuretik dari umur 40 tahunan.

4. Kaki Bengka (Edema)

Edema pada kaki terjadi karena terdapat penumpukan cairan di bagian bawah. Akibatnya pada saat kita tidur posisi kaki dan tubuh lainnya sejajar membuat cairan dikaki mengalir sehingga membuat sering buang air kecil saat mau tidur. Kalau anda mengalaminya, usahakan agar posisi kaki lebih tinggi sehingga aliran cairan tidak ke bawah.

5. Infeksi

Infeksi menjadi penyebab utama kasus kematian didunia. Makannya harus sebisa mungkin menghindari infeksi. Dampak infeksi lainnya yaitu bisa menjadi penyebab sering buang air kecil dimalam hari jika infeksi terjadi pada saluran kemih. Ciri infeksi saluran kemih paling bisa dirasakan adalah anda akan merasa panas saat buang air kecil, kemudian perih dan rasa tidak nyaman. Pada pria lebih sedikit terjadi karena lebih banyak menimpa kaum wanita.

6. Diabetes atau Pra Diabetes

Salah gejala atau tanda penyakit diabetes adalah frekwensi buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh produksi berlebih urin untuk membuang kelebihan gula pada darah.

7. Kandungan Membesar

Ketika seorang wanita hamil dengan usia kandungan yang sudah cukup tua dan ukuran bayi diperut semakin besar akan membuat kandung kemih menjadi tertekan. Hal ini yang membuat seorang wanita hamil menjadi lebih sering buang air kecil baik saat mau tidur atau tidak. Jangan khawatir, ini sangat wajar terjadi pada wanita hamil.

8. Kandung Kemih Bocor

Hal yang perlu diwaspadi lagi jika anda mengalami buang air kecil yang sering ketika akan tidur adalah bocornya kandung kemih. Kandung kemih adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menampung urin yang akan dikeluarkan tubuh. Pada kondisi normal kandung kemih mampu menampung dan menahan urin agar tidak keluar dari tubuh. Namun jika bocor, pengeluaran urin tidak dapat dikontrol oleh tubuh.

Itulah beberapa penyebab buang air kecil yang sering ketika akan tidur. Ada kondisi yang biasa biasa saja dan tidak perlu diwaspadai, namun ada juga kondisi yang perlu mendapat perhatian karena menjadi tanda ada gangguan dalam tubuh.

Penyebab Kenapa Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Waspadalah | admin | 4.5