Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak Apa saja?

Informasi mengenai penyebab gusi berdarah dan bengkak ternyata bukan hanya disebabkan oleh cara menggosok gigi yang salah saja tapi ada sebab lain yang membuat gusi bisa berdarah. Ada juga yang tanpa penyebab yang jelas tahu tahu keluar darah dari gigi. Pasti sobat penasaran kan apa sebenarnya yang menjadi penyebab gusi berdarah?

Gusi atau dalam bahasa kedokteran disebut juga dengan ginggiva adalah jaringan mukosa yang menutupi mandibula dan tulang maksila yang berada di dalam rongga mulut. Gusi terdiri dari tiga bagian utama yaitu marginal ginggiva, attached gingiva dan interdental gingiva.

penyebab gusi berdarah

Sebelum membahas mengenai penyebab gigi berdarah dan penyebab gigi bengkak, ada baiknya mengetahui ciri ciri gusi yang sehat.

Ciri dan Tanda Gusi Sehat

1. Warna

Gusi yang sehat biasanya memiliki warna cerah yang disebut dengan coral pink. Jika pada gusi terdapat warna lain seperti putih, merah atau biru kemungkinan terdapat peradangan pada gusi (ginggivitis). Meskipun warna normal gusi adalah coral pink, namun warna gusi juga dipengaruhi oleh pigmen sehingga warna gusi menyesuaikan juga dengan pigmen kulit.

2. Kontur

Gusi yang sehat juga ditandai dengan permukaan yang halus dan adanya gelombang pada bagian depannya. Disamping itu gusi sehat juga melekat erat dengan gigi yang lainnya, lebih runcing pada ujung-ujungnya pada tepi marginal gingiva bebas. Lain dengan gusi yang terkena radang, tepiannya lebih menggembung atau lebih bulat. Bagi gusi sehat akan tepat dan pas berada di daerah interdental.

3. Tekstur

Ada ciri lain bagi gusi atau gingiva sehat yaitu bertekstur padat dan tahan terhadap gerakan maupun goyangan. Jika sobat pernah membuka kulit jeruk dan mengamatinya, bentuknya hampir mirip dengan tekstur kulit jeruk. Berbeda dengan gusi yang tidak sehat, bentuknya lebih membengkak seperti busa tidak terlalu padat dan lebih rapuh.

4. Reaksi Terhadap Gangguan

Ciri dan tanda gusi sehat terakhir adalah reaksi terhadap gangguan seperti menyikat atau periodontal probing. Seperti yang sedang kita bahas mengenai penyebab gusi berdarah dan bengkak, salah satu ciri gusi tidak sehat akan terjadi pendarahan saat probing ataupun bleeding on probing (BOP).

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Paling Mujarab

Penyebab Gusi Berdarah, Ini Dia

penyebab gusi berdarah lagiSetelah tahu ciri dan tanda gusi sehat di atas, kira-kira gusi sobat sehat gak? Mudah-mudahan sehat terus deh. Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu ciri dan tanda gusi tidak sehat adalah gusi sering berdarah. Oleh karena sangat penting mengulas apa saja penyebab gusi berdarah. Menurut para ahli di bidang kedokteran, gusi yang sering berdarah disebabkan oleh kelainan gusi dan mulut dan kelainan pada sistem darah manusia.

1. Kebersihan Gigi dan Mulut yang Buruk

Bila kita kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi akan berdampak pada kesehatan gigi termasuk gusi. Gusi menjadi lebih mudah terkena ganggunan termasuk gusi sering berdarah. Jika gigi jarang dibersihkan akan membuat munculnya tumpukan plak sehingga dapat menjadi penyebab gigi berdarah. Plak yang biasanya berwarna putih sebenarnya adalah sisa makanan yang membusuk. Kuman dan bakteri sangat menyukai plak. Bakteri pada plak akan bisa membuat gigi meradang dan mengeluarkan darah, inilah mengapa gusi bisa berdarah.

2. Cara Menggosok Gigi yang Salah

Penyebab gusi berdarah yang paling sering terjadi dikarenakan cara dalam menggosok gigi yang salah. Bisa jadi karena terburu, orang akan sembarangan dalam menggosok gigi, asal gosok tanpa tahu bagian mana yang perlu pelan bagian mana yang perlu agak sedikit keras. Cara terbaik untuk sikat gigi terutama gusi adalah dengan mengayunkan secara pelan dengan sedikit saja kekuatan dan diputar ke luar. Bila sobat terlalu keras bisa membuat gusi berdarah, meskipun tanpa terasa nyeri. Akan lebih baik lagi bila sobat mengganti gigi dengan ujung yang lebih kecil sehingga bisa masuk ke ujung gusi

3. Sariawan

Sariawan biasanya terjadi di mulut, dipinggir atau di langit-langit mulut. Ketika sariawan mendera kita, bisa jadi menjadi penyebab gusi berdarah. Padahal sariawan kan perih apalagi jika ditambah dengan gusi berdarah, pasti akan lebih menyakitkan lagi.

4. Gigi yang Tidak Rata

Mempunyai gigi yang tidak rata memang sedikit mengganggu penampilan. Tapi ada efek dari gigi yang tidak rata itu. Dalam posisi yang berdekatan, gigi yang tidak rata bisa melukai ataupun menghantam gusi sehingga gusi bisa berdarah. Penyebab gusi berdarah ini bisa saja diatasi dengan merapikan gigi seperti dengan pemberian kawat gigi.

5. Rokok

Siapa nih yang masih suka merokok? Segera berhenti deh sebelumnya gigi mu rusak karena rokok. Bisa jadi penyebab gusi berdarah sobat adalah karena rokok juga loh. Menurut penelitian, rokok dapat melemahkan sistem kekebalan dan kekuatan gigi termasuk gusi. Jika semakin lama dapat terjadi peradangan pada gusi dan memicu timbulnya gusi berdarah maupun gusi bengkak. Tidak percaya? Coba saja cek perokok di sekitar sobat, periksa giginya.

6. Hormon pada Perempuan

Menurut penelitian, penyebab gusi berdarah ini hanya terjadi pada perempuan. Beranjak dewasanya seorang perempuan terjadi karena perubahan hormon pada tubuhnya. Perubahan tersebut memicu perubahan pada bentuk tubuh, suara termasuk pada gigi dan gusi. Sistem pembuluh darah dalam gusi berubah sehingga lebih rentan berdarah. Pada beberapa keadaan, perempuan juga akan lebih mudah mengalami gusi berdarah seperti: kehamilan, menstruasi, dan menopause.

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Tradisional Paling Mudah

7. Keaadan Kurangnya Trombosit

Trombosit atau keping darah merah adalah bagian darah yang memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh. Salah satu fungsi yang sangat penting adalah  membantu pada proses pembekuan darah bila ada jaringan yang terluka. Kekurangan kadar trombosit dalam darah bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Kondisi dan penyakit yang membuat kadar trombosit berkurang seperti demam berdarah, anemia, leukemia, sirosis pada liver dan kekurangan Vitamin B12.

8. Obat-obatan

Hati-hatilah bila memilih obat untuk dikonsumsi. Dari obat yang beredar bebas di pasaran, terdapat obat yang bisa membuat gusi berdarah, diantaranya adalah aspirin.

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bisa berdarah bisa juga bengkak. Di atas sudah dijelaskan apa saja penyebab gusi berdarah. Kalau penyebab gusi bengkak apa saja ya? :

1. Gingivitis

Penyebab gusi bengkak paling sering terjadi adalah gingivitis atau radang gusi. Gusi bengkak karena gingivitis disebabkan karena adanya iritasi pada gusi. Gingivitis juga bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Jika sobat tidak terlalu peduli dengan kebersihan mulut, bisa saja terkena gingivitis. Apalagi banyak orang mengabaikan dan tidak sadar jika terkena gingivitis. Seperti halnya penyakit lain, jika dibiarkan dapat menjadi lebih parah. Gusi semakin membengkak dan rasa nyeri bisa muncul dan menjadi.

Oleh karena itu agar tidak terkena gingivitis, rajin-rajinlah menggosok gigi atau berkumur dengan cairan pembersih sehingga bakteri yang ada di mulut dapat segera hilang.

2. Kehamilan

kehamilan penyebab gigi bengkak

source:taranatureepa.co.id

Kehamilan salain membuat gusi sering berdarah ternyata juga memicu gusi bengkak. Penyebab gusi bengkak pada kehamilan adalah karena aliran darah selama hamil semakin meningkat sehingga sedikit saja iritasi, gusi menjadi mudah bengkak. Selain itu pada saat hamil, terjadi perubahan hormonal yang membuat kekebalan tubuh melemah sehingga kemampuan tubuh melawan bakteri melemah. Keadaan ini bisa memicu infeksi gusi.

3. Malnutrisi

Jangan pernah meremehkan nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Penyebab gusi bengkak juga bisa karena kekurangan asupan nutrisi. Vitamin C penting untuk memelihara gigi dan gusi. Begitupun nutrisi yang lain yang diperlukan tubuh. Penuhi nutrisi tubuh secara proporsional dan wajar, jangan kurang jangan lebih.

4. Gusi bengkak karena infeksi

Sudah sangat umum terjadi kalau infeksi dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit dan gangguan tubuh lain. Infeksi baik yang disebabkan oleh virus maupun jamur juga sangat mungkin membuat gusi bengkak. Beberapa penyakit juga memiliki ciri dengan gigi menjadi bengkak seperti herpes akut gingivostomatitis. Selain itu pertumbuhan yang tidak terkendali jamur di dalam mulut (jenis candida) juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak.

 

Penyebab gusi berdarah maupun gusi bengkak cukup beragam dan banyak. Namun sebagai upaya pencegahan adalah diri kita sendiri. Terutama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri agar tidak mudah terkena gangguan kesehatan seperti gusi berdarah dan gusi bengkak. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua.

Penyebab Gusi Berdarah dan Bengkak Apa saja? | admin | 4.5