Kenali Apa Itu Zika, Penyebab, Ciri dan Gejala Terkena Virus Zika

Kenali Apa Itu Zika, Penyebab, Ciri dan Gejala Terkena Virus Zika. Baru-baru ini santer diberitakan tentang zika. Apalagi setelah ada yang terkena virus Zika di negara tetangga Singapura. Zika adalah penyakit yang disebabkan oleh virus zika. Virus zika dapat menyerang manusia melalui perantara nyamuk aedes aegypti. Antara penyakit demam berdarah, chikungunya dan zika sama sama disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti. Sedangkan penyebab zika adalah virus zika itu sendiri.

zika adalah

Menurut informasi, awal penyebaran virus zika di Singapura adalah dari seseorang yang baru saja bepergian ke negara Brazil. Pada di Brazil sedang dilanda kasus penyakit zika dan ketika tiba di Singapura sakit dan mendapat gejala yang mirip dengan penyakit zika.

Ini Penyebab Zika

Penyebab penyakit zika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Zika Disease atau dalam istilah lain demam zika/ zika fever adalah virus Zika seperti yang sudah disebutkan di atas. Virus zika ini masuk satu keluarga dengan virus penyebab demam berdarah. Penyebarannya terutama dilakukan oleh nyamuk yang telah menggigit penderita virus zika, kemudian menggigit manusia sehat lainnya. Virus zika juga dapat disebarkan melalui proses transfusi darah dan hubungan suami istri.

Baca juga: Manfaat dan Fungsi Protein Bagi Tubuh

 

Ciri dan Gejala Zika

Beberapa ciri, gejala dan tanda tanda yang timbul jika terkena penyakit zika seperti demam, nyeri pada persendian, mata merah atau sering juga disebut konjungtivitas, dan ruam. Gejala zika mirip sekali dengan demam berdarah dan demam chikungunya. Gejala yang timbul bisa beberapa hari bahkan sampai dengan satu minggu.

gejala virus zikaGejala penyakit zika tersebut pantas dicurigai jika seseorang berada pada daerah yang memang rawan terhadap penyebaran virus zika seperti di Singapura. Atau bagi seseorang yang baru saja bepergian kedaerah rawan penyakit zika lalu muncul gejala seperti zika. Makanya di Indonesia berusaha mengatasi penyakit zika dengan mencegah orang orang yang baru datang dari negara rawan zika dan diperiksa kondisi kesehatannya di terminal kedatangan, terutama di Bandara. Jika didapati gejala mirip zika, maka akan dilakukan penanganan agar virus zika tidak menyebar di Indonesia.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo di Wajah Secara Alami

Selain itu, virus zika juga menyebabkan sakit kepala, nyeri pada bagian belakang mata dan lelah. Gejala penyakit zika ini bersifat ringan, berlangsung sampai kurang lebih satu mingguan. Masa inkubasi belum ada paparan penelitian resmi namun kurang lebih 2 sampai 7 hari dari seseorang terkena virus zika ini.

Bahaya Virus Zika Bagi Wanita Hamil

bahaya virus zika pada ibu hamil dan bayiMunculnya virus zika akhir-akhir ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi wanita terutama wanita hamil. Pasalnya, bahaya virus zika bagi ibu hamil adalah bisa menyebabkan janin cacat di dalam kandungan dan ukuran kepala bayi lebih dari ukuran kepala bayi normal atau disebut dengan Microcephaly.

Namun jangan khawatir untuk para Ibu hamil, karena kasus terpaparnya bayi oleh zika dari Ibu hamil sangat jarang terjadi. Ketika proses persalinan pun, dapat menjadi penyebab bayi terkena virus zika. Hingga saat ini belum ditemukan virus zika ditularkan melalui susu Ibu, jadi tidak perlu khawatir bagi pasien zika untuk menyusui anaknya.

Pengobatan Penyakit Zika

Sampai saat ini obat penyakit zika belum ditemukan seperti halnya obat demam berdarah. Namun pengobatan tetap bisa dilakukan dengan difokuskan pada pengurangan gejala yang ada pada pasien zika. Seperti dengan memberihan cairan agar tidak sampai terkena dehidrasi. Obat pereda demam dan sakit kepala serta anjuran kepada pasien agar beristirahat secara cukup. Sementara itu, penggunaan aspirin serta obat anti peradangan nonsteroid jenis lainnya tidak dianjurkan sebelum kemungkinan penderita zika terkena dengue bisa dihilangkan.

Agar penyebarannya tidak semakin meluas, dianjurkan agar melindungi pasien zika supaya tidak digigit nyamuk dengan memasang kelambu di tempat tidur pasien zika. Sebab virus zika mampu bertahan lama pada darah pasien sehingga sangat mungkin menyebar ke orang lain jika pasien tersebut di gigit nyamuk

Cara Mencegah Virus Zika

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah virus zika adalah menghindari gigitan nyamuk, karena ini cara penyebaran virus zika yang sangat mungkin terjadi, cara mencegah virus zika dengan menghindari gigitan nyamuk diantaranya adalah:

  • Pastikan tempat tinggal baik rumah atau kamar terdapat pendingin ruangan, jika tidak maka pada pintu dan jendela terdapat tirai sehingga dapat menghalau nyamuk yang akan masuk
  • Jika tidak terdapat pendingin atau tirai, gunakan kelambu di tempat tidur.
  • penting sekali memakai baju berlengan panjang dan celana panjang.
  • Gunaka lotion anti nyamuk (bayi < 2 bulan dilarang)
  • Cari informasi jika dalam waktu dekat akan berkunjung ke suatu daerah apalagi ke luar negeri apakah daerah tersebut terpapar zika atau tidak.
  • Segera lakukan pemeriksaan setelah bepergian ke daerah rawan zika.
Kenali Apa Itu Zika, Penyebab, Ciri dan Gejala Terkena Virus Zika | admin | 4.5