Obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul

Obyek wisata Pantai Siung Gunung Kidul terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul Yogyakarta. Bila dibandingkan dengan Pantai Parangtritis atau Pantai Samas atau pantai pantai lain di wilayah Yogyakarta, Pantai Siung memang kurang begitu populer atau malah ada sobat yang baru mendengar nama tempat wisata di Jogja ini? Meskipun tidak begitu terkenal, namun Pantai Siung Ginung Kidul menyimpan berjuta keindahan yang siap dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung kesana. Lokasi Pantai Siung berada tepat di Desa Wates dan jika diukur dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 77 KM, cukup jauh memang.

obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Jogja

source: ngadem.com

Jalur dan Rute Menuju Pantai Siung Gunung Kidul

Untuk sampai ke Obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul, ada beberapa jalur atau rute yang bisa dilalui oleh para traveller.

1. Jalur Yogyakarta ke Wonosari arah menuju ke Pantai Baron. Kemudian di Desa Mulo ada pertigaan (setelah kolam renang) jaraknya dari titik awal sekitar 9 atau 9,5 KM, sobat traveller belok kiri (jangan lurus kalau lurus nanti ke Pantai Baron) ke arah Mentel, lalu Bintaos, lalu Tepus. Sampai di pertigaan Winangun sobat belok kanan (ancer-ancer ada Klinik), inilah arah ke Pantai Siung Gunung Kidul.
  2. Jalur dari Wonosari ke arah Mulo (masih satu kecamatan dengan Wonosari). Sampai di pertigaan Mulo, sobat traveller lurus terus arah ke Pantai Baron. Kurang lebih 1 km sebelum sampai ke Pantai Baron bertemu pertigaan, sobat belok ke kiri jalur ke Pantai Kukup. Terus saja ke Jalur Pantai Sepanjang, lalu Pantai Drini, lalu Pantai Krakal, lalu Pantai Sundak,lalu Pantai Indrayanti terus saja hingga sampai desa Tepus terus saja sampai lokasi Pantai Siung Gunung Kidul.
  3. Jika sobat mau melewati jalur lain, bisa melewati jalur tengah, yaitu dari Semanu (kecamatan di Gunung Kidul) kemudian ke Giripanggung, melewati desa Sumber Wungu, terus saja sampai ke Desa Klayu, Gude kemudian melewati Blekonongan dan Winangun sampailah ke Pantai Siung Gunung Kidul.
  4. Jika lewat jalur timur, bisa dari Pracimantoro ke arah Rongkop/ arah Baran selanjut sobat lanjutkan ke arah Nglindur. Sampai ke pertigaan sebelum sampai Pasar Ngrancah (ada Tugu di tengahnya) sobat belok kanan, lurus terus sampai ke Pertigaan winangun dan hingga ke Objek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta.

Keindahan Obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun membutuhkan perjalanan yang cukup lama dengan jalur yang berbelok jika sobat dari Yogyakarta, namun setelah sampai ke lokasi Obyek Wisata Pantai Siung Gunung Kidul, sobat akan merasa puas dan takjub. Pantai dengan keindahan pasir putih yang terhampar luas apalagi jika sudah merasakan deburan ombak yang begitu dingin disertai dengan pemandangan laut birunya yang menyejukan mata, pasti sobat tidak akan menyesal.

Di Pantai Siung, juga terdapat bebatuan dan karang yang terlihat menonjol dan alami. Untuk yang ingin berenang di pantai Siung, sebaiknya diurungkan saja, karena berenang di Pantai Siung dianggap tidak aman dan ada larangan untuk berenang. Jika sobat hobi dengan fotografi, Pantai Siung Gunung Kidul merupakan Obyek Fotografi yang sangat menarik. Beberapa orang juga pernah memanfaatkan sudut sudut di Pantai Siung sebagai latar foto prewedding mereka. Keindahan lain di Pantai Siung Gunung Kidul adalah adanya bukit yang mungkin hampir mengelilingi Pantai Siung yang ada di sebelah barat dan timur. Jika mau, sobat bisa naik ke atas bukit tersebut dan akan terlihat bentangan laut Samudera Hindia yang biru membahana.

panjat tebing di pantai siung gunung kidul jojgakarta

source: wisatakan.com

Ternyata ada juga loh yang memanfaatkan bukit tersebut untuk olahraga panjat tebing. Tidak salah memang, karena pihak pengelola memang sengaja menyediakan fasilitas untuk panjat tebing yang berskala internasional. Tidak mengherankan, banyak juga wisatawan asing yang datang ke Obyek Wisatawan Pantai Siung hanya untuk mencoba tantangan panjat tebing disana.

Karang dan Bebatuan di Pantai-Siung

source:anekatempatwisata.com

Karena lokasi pantai Siung lumayan terpencil, jadi fasilitasnya masih seadanya diantaranya adalah kamar mandi umum, warung makan, mushola dan Pendopo. Bagi yang ingin bermalam bisa menyewa pendopo di Pantai Siung seharaga Rp 250.000 per malam. Untuk sobat yang mau mencari makanan khas Jogja untuk oleh oleh, paling dekat di kota atau sekitar Kota Wonosarinya.

Jangan pulang dulu sebelum matahari mulai terbenam di Pantai Siung, sebab ketika Sore hari sobat akan mendapatkan pemandangan yang sangat menakjubkan yang melihat matahari terbenam di lautan luas. Pasti menyenangkan kalau sobat berlibur ke Obyek wisata Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta. Selamat berlibur.