Obyek Wisata Dieng Wonosobo Dengan Panorama Memukau

Wisata Dieng Wonosobo merupakan salah satu destinasi wisata alam terbaik di Jawa Tengah. Obyek wisata Dieng terletak diantara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dengan panorama yang sangat indah serta keunikan alamnya menjadikan Dieng menjadi tujuan favorit para traveler yang ingin menikmati Gunung Dieng Wonosobo. Apalagi bagi sobat yang hobi hiking, tempat wisata Dieng sangat cocok untuk dijadikan alternatif dalam menyalurkan hobi sobat. Di wisata Dieng Wonosobo, sobat bisa berkemah bersama teman-teman sobat atau dengan menyewa homestay Dieng maupun dengan menyewa penginapan murah Dieng.

Bagi sobat yang belum tahu atau merasa yakin kalau Dieng bukan gunung Aktif. Ternyata Dieng termasuk daerah kawasan vulkanik aktif dan merupakan gunung api raksasa karena bukan hanya satu kepundan kawah, tapi ada beberapa kepundan kawah. Dan beberapa kepundan kawah ini juga menjadi primadona obyek wisata Dieng.

Bagi yang masih penasaran dengan wisata Dieng, kami jelaskan sedikit mengenai keadaan geografis Obyek Wisata Dieng. Wisata Dieng Wonosobo merupakan daerah pegunungan yang rata-rata tingginya sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Berada di sebelah barat gunung kembar yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Suhu udara, sangat dingin sobat pada siang hari saja hanya 12 – 20°C, apalagi malam hari 6-10°C. Bahkan pada musim kemarau, suhu di pagi hari bisa mencapai 0°C (Nol Derajat). Dingin banget kan, makanya kalau mau ke tempat wisata Dieng perlu menyiapkan baju hangat seperti sweater maupun jaket tebal lengkap dengan penutup kepala.

Lokasi Datara Tinggi Dieng yang berada di ketinggian dengan tanahnya yang subur juga menjadikan Dieng dan sekitarnya menjadi terkenal dengan hasil pertaninannya. Beberapa komoditi pertanian yang dihasilkan dari kawasan Dieng seperti kentang, wortel, dan sayuran lainnya. Dieng juga terkenal dengan buah Carica, buah yang hanya tumbuh di daerah Wonosobo. Selain Carica, juga terdapat Purwaceng, tanaman yang biasanya digunakan untuk pembuatan jamu dan pengobatan tradisional.

Apa saja wisata Dieng yang menarik dan perlu dimasukkan dalam daftar kunjungan wisata sobat. Berikut kami bahas satu persatu wisata Dieng Wonosobo.

Obyek Wisata Dieng Wonosobo Dengan Panorama Memukau

1. Telaga Warna Dieng

telaga-warna warna obyek wisata dieng

Source:travelblog.ticktab.com

Obyek wisata Dieng yang pertama adalah Telaga Warna. Keunikan Telaga Warna adalah warna air bisa berubah-ubah secara alami tanpa melalui campur tangan manusia. Warna warna yang bisa ditampilkan oleh Telaga Warna seperti merah, biru, hijau, putih, dan lembayung. Telaga Warna merupakan salah satu obyek wisata andalan Dieng Wonosobo. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi beberapa gua yang berada di sekitar Telaga Warna, yaitu gua Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati, Gua Sumur Eyang Kumalasari dan Gua Jaran Resi Kendaliseto. Harga tiket masuk wisata Telaga Warna Dieng untuk wisatawan lokal Rp 5.000,00 (weekday) dan Rp 7.500,00 (weekend). Sementara untuk wisatawan asing Rp 100.000,00 (weekday) dan Rp 150.000,00 (weekend).

Mau tahu wisata jawa tengah lainnya? Baca disini.

 2. Bukit Sikunir Dieng

bukit sikunir wisata dieng melihat gunung sindoro

source:ariffst.wordpress.com

Tempat Wisata Dieng selanjutnya adalah Bukit Sikunir. Bukit Sikunir merupakan wisata alam yang terletak di Desa Sembungan.  Di Obyek wisata Dieng ini sobat bisa menikmati keindahan sunrise yang indah. Banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang berburu sunrise di Bukit Sikunir dan sunrise di Bukit Sikunir ini merupakan spot andalan bagi mereka yang hobi fotografi. Agar sobat bisa menikmati keindahan Sunrise di Bukit Sikunir, sobat harus datang pagi buta ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini. Jika mau mudah, sobat bisa menyewa penginapan,

3. Telaga Pengilon

telaga pengilon obyek wisata dieng

source:nakarasido.com

Obyek Wisata Dieng memang didominasi oleh wisata alam dan beberapa telaganya. Satu lagi telaga yang berada di Wisata Dieng adalah Telaga Pengilon. Lokasi Telaga Pengilon berada dekat dngan Telaga Warna di Tempat Wisata Dieng. Berbeda dengan Telaga Warna yang memiliki keistimewaan bisa berubah-ubah warna, Telaga Pengilon mempunyai air yang sangat jernih. Makanya dinamakan dengan Telaga Pengilon karena kejernihan airnya bisa digunakan untuk ngilon atau ngaca atau bercermin. Hal lain yang istimewa adalah pemandangan di sekitar Telaga Pengilon, sangat bagus dijadikan sebgai obyek fotografi.

4. Telaga Merdada

telaga merdada lokasi obyek wisata dieng

source: indonesiantourcountry.blogspot.com

Keindahan Obyek Wisata Dieng Jawa Tengah memang tidak dapat ditandingi, terutama wisata alamnya. Selain Telaga Warna dan Telaga Pengilon, ada satu telaga lagi yang merupakan telaga terluas di tempat wisata Dieng, namanya adalah Telaga Mardada. Dengan luas sekitar 30 hektare, Telaga Mardada adalah telaga alami yang terbentuk karena aktivitas alam. Sebelum menjadi telaga, dulunya adalah kepundah kawah besar yang kemudian tidak aktif lagi hingga sekarang. Nama Mardada sendiri karena adanya cerita rakyat yang berkembang di sekitar Dieng tentang Telaga Mardada. Sobat bisa menikmati kesejukan air sekaligus keindahan alam yang sangat alami.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Bandung Paling Terkenal

Ceritanya Telaga Merdada diambil dari Cerita Wayang dimana keserakahan tiga bersaudara yaitu Subali, Sugriwa dan dewi Anjani untuk berebut Pusaka Cupu Manik Astagina. Merekapun rela menjadi kera, namun usaha yang mereka perjuangkan sia- sia. Mardada atau merdada sendiri memiliki arti manusia harus berlapang dada dan tidak mengambil hak milik orang lain tanpa izin. Bagi yang ingin ke Telaga Merdada, terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

5. Kawah Sikidang

kawah sikidang obyek wisata dieng home stay

source:klikhotel.com

Wisata Dieng Wonosobo merupakan sebuah tempat wisata yang terdiri dari pegunungan dengan kawasan yang masih berupa gunung aktif. Kawah Sikidang merupakan kawah aktif yang berada di Dieng yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di Dieng. Dengan luas sekitar 200 meter persegi dan di sekitarnya terdapat bidang datar sehingga pengunjung dapat menikmati gumpalan kawah dan kepulan asap yang keluar dari kawah dari dekat dan jelas.

6. Pendakian Gunung Prau

gunung prau wisata dieng wonosobo

Source:panoramio.com

Setiap akhir pekan hampir dipastikan para traveler dari luar daerah datang ke obyek wisata Dieng Wonosobo untuk melakukan pendakian. Gunung Prau adalah tempat favorit bagi mereka yang hobi mendagi gunung. Ketinggiannya mencapai 2.565 m dpl sehingga sangat pas bagi mereka yang baru belajar mendaki. Sekalipun begitu, medan yang dilalui cukup menyulitkan dan tidak kalah seru dengan mendaki ke Gunung Sindoro/ Sumbing ataupun Merapi. Lelah dan usaha yang keras akan terbayarkan setelah sampai ke puncaknya dengan pemandangannya yang sangat menawan dan indah. Spot yang paling diburu para traveler di Gunung Prau Dieng adalah Bukit Teletubbies dengan pemandangan dan kontur yang mirip pemandangan pada serial anak Teletubbies.

Baca Juga : Liburan, ke Tempat Wisata Jogja Saja

7. Candi Arjuna

candi-arjuna-obyek wisata dieng

source:ranselwisata.com

Berbeda dengan obyek Wisata Dieng Wonosobo lainnya yang menampilkan wisata alamnya yang menarik dan memukau. Candi Arjuna menjadi tempat wisata sejarah di Dieng yang cukup terkenal di Jawa Tengah. Ditemukannya prasasti bertuliskan tahun 731 Caka atau 809 M berada di dekat Candi Arjuna dapat menjadi manarik petunjuk bahwa pembangunan candi Arjuna adalah pada awal abad IX Masehi. Dilokasi ini juga terdapat beberapa candi lain seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, dan Candi Sembadra.

8. Dieng Plateau Theater

obyek wisata Dieng Plateau Theater

source:wijanarko.net

Menonton film di Dataran Tinggi Dieng? Mungkin sobat bertanya-tanya, koq bisa ya? Ternyata di daerah pegunungan seperti Dieng tetap bisa menonton film. Nama bioskopnya adalah Dieng Plateau Theater. Di bangun sebagai wujud keseriusan pengolan tempat wisata Dieng Wonosobo. Berbagai film dokumenter tentang obyek wisata Dieng dan sekitarnya di tampilkan sehingga diharapkan semakin mempopulerkan wisata di Dieng Wonosobo.

9. Gardu pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng obyek wisata dieng wonosobo

Source:picstopin.com

Bagi yang hobi selfi sekaligus fotografi kayaknya sayang banget kalau sampai melewatkan satu spot menarik di Obyek Wisata Dieng. Namanya Gardu Pandang Tieng yang terdapat di tepi jalan raya di sekitar Dieng. Jika di ukur dari permukaan laut, tinggi Gardu Pandang Tieng sekitar 1700 meter dpl. Dari atas Gardu Pandang Tieng, sobat bisa melihat pemandangan sekitar Gunung Dieng bahkan Gunung Sindoro dan Sumbing pun dapat terlihat dari atas Gardu. Apalagi saat kawasan pertanian baru disemai, waw pemandangannya hijau dan sangat menakjubkan.

10. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin obyek wisata dieng wonosobo

Source:tripadvisor.c

Jika sobat mau melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas, tidak perlu menggunakan pesawat ataupun drone. Sebab disana terdapat satu tempat yang biasa digunakan untuk melihat dua telaga itu dari atas. Di Obyek Wisata Dieng terdapat batu besar di atas bukit sebagai tempat terbaik melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari atas. Namanya adalah Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng. Untuk menuju Batu Ratapan Angin harus berjalan ke atas dari Dieng Plateau Theater, yaiatu sekitar 50m dengan berjalan kaki. Cukup menguras tenaga untuk mencapai lokasi ini. Tapi setelah sampai, pasti sobat akan dibuat terpukau dengan pemandangan yang menarik dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon juga di daerah sekitarnya.

11. Telaga Cebong Dieng

gambar telaga cebong obyek wisata dieng

source:obyekwisatadieng.com

Mungkin gak sih di tempat yang tinggi terdapat danau atau telaga? Jawabannya sangat mungkin. Seperti yang ditujunjukan oleh Telaga Cebong di Dieng. Salah satu Tempat Wisata di Dieng yang tidak seterkenal Telaga Warna namun tetap saja mempunyai keunikan tersendiri. Telaga Cebong terletak di desa paling tinggi di Jawa Tengah yaitu desa Sembungan. Bagi para wisatawan yang telah menikmati keindahan sunrise di Bukit Sikunir, dapat melewati jalur Telaga Cebong. Karena letaknya yang sangat tinggi, sekitar 2300 m dpl, dapat dikatakan Telaga Cebong adalah telaga diatas awan.

12. Sumur Jalatunda

Selain Telaga Warna, Sumur Jalatunda juga pernah disiarkan oleh salah satu stasiun TV swasta. Kalau tidak salah, tayangannya menampilkan seorang penjual batu untuk dilemparkan ke sumur Jalatunda. Memang Obyek Wisata Dieng yang satu ini tidak bisa lepas dari mitos yang beredar di masyarakat. Sumur Jalatunda berbeda dari sumur kebanyakan, hal ini karena ukurannya yang terlampau besar dengan diameter hingga 90 meter. Sumur Jalatunda terbentuk karena letusan gunung berapi berjuta tahun yang lalu. Lokasi yang agak tersembunyi membuat Sumur Jalatunda tidak seramai tempat wisata Dieng lainnya. Bagi sobat yang mau mengunjungi Sumur Jalatunda harus siap-siap untuk mendaki anak tangga sebanyak 257 buah.

Bagaimana, sudah dicatat semua obyek wisata Dieng kan. Ada 12 yang sudah kami rekomendasikan, tinggal sobat pilih mau ke tempat wisata yang mana dulu. Semuanya menarik dan layak menjadi target kunjungan di akhir pekan atau akhir tahun sobat.

Obyek Wisata Dieng Wonosobo Dengan Panorama Memukau | admin | 4.5