Obat Sakit Gigi Tradisional Mudah Dibuat dan Manjur

Menemukan obat sakit gigi yang manjur dan mujarab untuk mengobati gigi yang sakit pasti diinginkan oleh setiap penderita. Tapi agaknya tidak semua mengetahui bahwa tidak hanya obat-obatan modern yang bisa mengatasi sakit gigi. Padahal di sekitar kita juga terdapat banyak tanaman atau tumbuhan sebagai bahan untuk membuat obat sakit gigi tradisional. Bahan bahan alami tersebut dibuat ramuan khusus untuk menyembuhkan sakit gigi.

Sakit gigi seringkali dialami oleh mereka yang memiliki gigi berlubang. Lubang di gigi terutama dibagian gusi muncul seringnya disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Oleh karena itu rajin-rajinlah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

obat sakit gigi paling manjur

Kadang orang terlalu menganggap remeh sakit gigi. Padahal seharusnya tidak loh, karena awal masuknya makanan adalah melalui mulut dan harus dikunyah oleh gigi. Jika gigi kita bermasalah, pasti proses memakan makanan menjadi sangat tersiksa. Selain itu, makan juga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan oleh semua manusia. Menikmati hidup salah satunya ya dengan menikmati makanan yang masuk ke mulut. Bagaimana kalau gigi sakit? Itu suatu masalah bukan? Apalagi ada yang menghubungkan sakit gigi dengan suatu gejala penyakit jantung. Baca Juga: Obat Sakit Gigi Anak dan Dewasa

Sebelum ditemukannya obat obat modern, dulu orang sering memanfaat tumbuhan atau tanaman sebagai obat sakit gigi. Mereka menggunakan cara yang tradisional untuk meramu dan meracik tanaman tadi untuk kemudian dijadikan sebagai obat yang mujarab. Penasaran kan tanaman apa saja yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi? Yuk mari kita simak bersama

Obat Sakit Gigi Tradisional Manjur dan Mujarab

Indonesia memang kaya, mulai dari budaya, makanan khas Indonesia juga dengan obat obat tradisional nya. Jamu sebagai contohnya, banyak memanfaatkan tumbuhan seperti rumput yang kadang tidak dianggap. Obat sakit gigi pun begitu, dapat menggunakan konsep atau cara tradisional untuk membuatnya.

1. Daun Inggu

daun inggu untuk mengobati sakit gigiUntuk mengobati sakit gigi dapat memanfaatkan khasiat dari daun inggu. Apa itu inggu? Inggu tumbuh di Indonesia dan di masing-masing daerah memiliki nama yang berbeda. Seperti di Sunda namanya inggu, begitupun di jawa Inggu. Di Makassar lain lagi, namanya anradu Busu. Beberapa daerah yang masih kental dengan bahasa Melayu menamakannya dengan aruda. Daun inggu ini memang memiliki manfaat yang sangat banyak selain untuk obat sakit gigi. Antara lain seperti untuk menurunkan demam, merangsang haid, mengobati nyeri ulu hati, cegukan, mengobati sakit telinga, meredakan sakit kepala, mengobati bisul dan alternatif untuk menyembuhkan penyakit hepatitis serta mengatasi kejang anak.

Baca juga: Ini Penyebab Sesak Nafas

Manfaat daun inggu yang sangat banyak tersebut dikarernakan kandungan adanya kandungan senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti metil-nonilketone, ketone, pinena, cineol dan asam rutinat.

Cara membuat obat sakit gigi tradisional dengan daun inggu yang pertama cucilah daun inggu sampai bersih dengan air matang. Lalu lumatkan daun inggu dengan tangan hingga halus. Setelah itu tempelkan lumatan daun inggu pada gigi yang sakit dan gunakan kapas sebagai penutup. Cara kedua adalah dengan menggunakan daun inggu kering. Daun inggu kering sebanyak 2 – 4 gram direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih saring airnya dan gunakan untuk berkumur dalam keadaan air hangat. Gunakan secara teratur agar sakit gigi cepat sembuh.

2. Minyak Batok Kelapa

minyak batok kepala menghilangkan sakit gigiSelain daun inggu, terdapat bahan lain di sekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Batok kelapa dapat diambil minyaknya dan digunakan untuk mengatasi sakit gigi secara cepat. Bahan yang dibutuhkan untuk mengobati sakit gigi hanya 2 macam yaitu batok kelapa dan kapas. Caranya dengan membakar terlebih dahulu batok kelapa, kemudian tunggu sampai batok kelapa berminyak. Ambil minyak yang keluar dari batok kelapa dengan minyak lalu oleskan pada gigi yang sakit.

3. Daun Sirih dan Cengkeh

Obat sakit gigi tradisional bukan hanya dari daun inggu dan batok kelapa saja. Daun sirih yang biasa digunakan untuk mengobati keputihan dan dapat dipakai untuk menghilangkan bau mulut juga sangat bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi yang parah sekalipun. Meskipun tahu sendiri bagaimana rasanya daun sirih itu, bau yang khas dan agak getir. Sebenarnya bisa saja hanya dengan menggunakan daun sirih saja, tapi untuk hasil yang lebih mantab dapat ditambahkan dengan cengkeh. Cara membuat ramuan obat sakit gigi yaitu dengan merebus terlebih dahulu daun sirih dan cengkeh. Setelah itu gunakan rebusan daun sirih dan cengkeh untuk berkumur, jangan tertelan ya. Jika sobat merasa sulit untuk membuat ramuan ini, ada juga loh yang jual di pasar.

4. Bawang Putih

obat sakit gigi dengan bawang putihMengobati sakit gigi juga bisa dengan menggunakan bawang putih. Jangan salah ya sobat, bawang putih selain u sebagai bumbu wajib bagi masakan, ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan. Cara mudah membuat obat sakit gigi dengan bawang putih seperti berikut.

Pertama, siapkan bawang putih cukup 2 siung saja, tempat untuk mengulek, cengkeh, dan garam. Ulek bahan-bahan tadi sampai halus. Setelah itu tempelkan pada daerah yang sakit, biarkan selama 30 menit. Lakukan selama 3 atau 4 kali sehari. Jika pasta bawang putih masih terlalu kering, dapat juga dengan menambahkan minyak zaitun beberapa tetes.

5. Minyak Cengkeh dan Daun Cengkeh

minyak cengkeh mengobati sakit gigi

Minyak cengkeh memiliki sifat anti kuman sehingga sangat bagus dan efektif sebagai obat sakit gigi. Disamping untuk mengobati sakit gigi, minyak cengkeh juga bisa untuk menghilangkan sariawan, merawat kulit berjerawat, mengatasi stres dan biasa untuk aromaterapi. Minyak digunakan untuk menghilangkan sakit gigi karena di dalamnya mengandung zat eugenol yaitu suatu senyawa yang digunakan pada kedokteran gigi selama bertahun-tahun lalu. Minyak cengkeh yang telah diencerkan dengan air, digunakan untuk berkumur sehingga bisa mengatasi sakit gigi. Disamping itu juga bisa untuk mengatasi sakit tenggorokan dan iritasi. Karena sifatnya yang panas dan bisa merasa terbakar sebaiknya dalam menggunakannya dengan dosis yang sedikit.

Selain dengan daun cengkeh, bisa juga mengganti dengan alternatif lain yang lebih alami yaitu dengan daun cengkeh. Dalam daun cengkeh juga terkandung minyak cengkeh. Cara membuatnya adalah dengan membersihkan terlebih dahulu daun cengkeh. Kemudian, seduh dengan air panas secukupnya lalu daun cengkeh yang sudah layu di lumatkan. Peras lumatan daun cengkeh dengan kain, hasil perasan tempelkan pada gigi yang sakit.

 

Cara di atas adalah alternatif untuk mengobati sakit gigi, jika setelah menggunakan obat sakit gigi di atas ternyata, sakit gigi masih belum juga reda, sebaiknya sebaiknya segera kunjungi dokter gigi terdekat. Ini yang paling penting, agar tidak terkena sakit gigi yaitu dengan selalu rajin menggosok gigi dan tidak pernah tidur sebelum gosok gigi. Semoga bermanfaat.

Obat Sakit Gigi Tradisional Mudah Dibuat dan Manjur | admin | 4.5