Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Belum Terkuak

Hallo sobat, pada artikel kali ini kami akan mengetengahkan tentang manfaat puasa. Menjelang datangnya bulan suci ramadhan merupakan momen yang pas untuk mengulas menganai khasiat puasa untuk menjaga kesehatan. Karena apa sobat? Sebab sejak dahulu puasa sudah diwajibkan. Padahal zaman dahulu ilmu kedokteran sama sekali belum semodern sekarang. Alat-alat canggih belum ada, dokter juga belum buka praktik, hanya tabib saja yang biasanya ada. Namun apa yang terjadi dengan puasa? Ternyata walaupun tubuh tidak diasupi makanan selama seharian penuh selama satu bulan, tubuh malah menjadi sehat dan bugar dan bahkan dari beberapa cerita, banyak yang sakit sembuh lantaran puasa.

Kajian dan penelitian terhadap puasa akhir-akhir ini semakin marak dilakukan oleh para peneliti. Bukan hanya mereka yang muslim, banyak juga dari kalangan non muslim yang juga meneliti puasa. Oleh karena itu sobat pada kesempatan kali ini ijinkan kami memberikan informasi manfaat puasa terhadap kesehatan yang belum terkuak pada zaman dahulu.

1. Sistem pencernaan menjadi sehat

Dengan berpuasa berarti akan mengurangi secara drastis pemasukan makanan pada organ-organ pencernaan seperti usus, lambung, mulut, hingga pembuangan. Dan justru proses pengurangan makanan itu berlangsung pada siang hari ketika tubuh banyak melakukan aktivitas. Itulah keajaiban puasa, dengan beristirahatnya organ pencernaan untuk sementara waktu maka keseimbangan cairan tubuh juga akan terjaga, namun bukan berarti fungsi fisiologis terhenti, tidak, fungsi-fungsi organ tetap berjalan seperti biasa khususnya pada sekresi pencernaan. Hal yang menyenangkan adalah dengan berpuasa gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit ataupun gastrointestinal akan hilang bahkan sembuh.

manfaat puasa untuk kesehatan pencernaan

Saat kita berpuasa, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Jadi setelah berbuka puasa, sistem pencernaan menjadi lebih efisien dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan suatu penyakit.

2. Anabolisme dan katabolisme seimbang

Manfaat puasa untuk kesehatan yang kedua adalah anabolisme dan katabolisme menjadi seimbang. Apalagi anabolisme dan katabolisme? Anabolisme dan katabolisme adalah dua proses pada metabolisme. Anabolisme adalah suatu pembentukan senyawa organik yang sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Sedangkan katabolisme adalah proses penguraian senyawa organik yang kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Ketika sedang berpuasa terjadi keseimbangan antara anabolisme dengan katabolisme sehingga asam amino dan zat-zat lain akan membantu peremajaan sel dan komponennya memproduksi glukosa dan menyediakan asam amino dalam darah seharian. Saat berbuka dan saur akan memberikan cadangan protein yang cukup dalam hati. Sebagaimana kita tahu, protein di hati akan difungsikan untuk deaminasi asam amino supaya dapat digunakan sebagai energi, karbohidrat maupun lemak.

3. Puasa bermanfaat menurunkan kolesterol dan mengatasi penyakit jantung
Manfaat puasa untuk kesehatan selanjutnya adalah puasa dapat bukan saja dapat menurunkan kolesterol tetapi juga dapat menjaga kesehatan jantung. Dengan berpuasa secara tidak langsung juga akan menurunkan berat badan tanpa diet. Seperti yang diungkapkan oleh ahli gizi Fiastuti Witjaksono, puasa punya dampak positif dalam metabolisme tubuh. Puasa akan mengurangi kuantitas makanan yang masuk ke tubuh sehingga secara tidak sadar akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, disamping itu juga kadar trigeliserida akan berkurang dan mengurangi penyakit diabetes. Bagi sobat yang punya kebiasaan ngemil, dengan puasa sobat bisa sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan ngemil.

puasa menurunkan kolesterol

Senada dengan Fiastuti Witjaksono, direktur kardiovaskular dan epidemiologi genetik Intermountain Medical Center Heart Institute, USA,  Dr Benjamin D Horne memberikan penilaian yang sama. Selama ini jantung koroner lebih banyak dipicu oleh tingginya kadar kolesterol. Hasil penelitianya menghasilkan fakta bahwa seseorang berpuasa secara konsisten dan teratur, dapat mengurangi faktor penyebab penyakit jantung, seperti berat badan, kadar gula darah dan trigliserida.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat puasa untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa, terjadi peningkatan limfosit hingga 10 kali lipat. Walaupun secara keseluruhan limfosit/ sel darah putih tidak mengalami perubahan, namun sel T (Termasuk satu grup sel darah putih yang memainkan peran utama pada kekebalan selular) mengalami kenaikkan pesat. Pada penelitian terkini antara sebelum dan sesudah puasa memberikan hasil bahwa kadar apo-betta mengalami penurunan setelah puasa, sementara kadar apo alfa1 naik dibandingkan sebelum puasa. Kondisi yang baik tersebut akan menjauhkan dari resiko penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

5. Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel

Puasa mempunyai manfaat untuk memperbaiki dan merestorasi sel baik fungsi maupun kinerjanya. Hal ini karena asam amino yang terakumulasi dari makanan akan digunakan untuk proses metabolisme dalam tubuh dengan mengubah dan mengkonversinya menjadi bentuk lain yaitu glukosa. Pola makan yang berubah saat puasa tetap dapat menyediakan asam lemak dan asam amino penting sehingga protein, fosfat, lemak dan kolesterol serta zat-zat penting lainnya bisa meregenerasi sel baru dan tubuh menjadi bersih dari lemak yang menggumpal. Jika dibandingkan dengan jumlah sel yang mati dalam tubuh yaitu mencapai 125 juta perdetik, akan kalah dengan sel yang baru karena sel baru tumbuh lebih banyak.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Mental

Bukan hanya kesehatan secara fisik saja yang manjadi manfaat puasa untuk kesehatan, tapi juga kesehatan secara psikis. Setelah puasa perasaan menjadi tenang, tekanan dan stress menjadi hilang sehingga penyakit-penyakit psikis seperti stress dan ketakutan bisa teratasi. Hal ini bisa terjadi karena di dalam otak manusia memiliki fungsi untuk membersihkan dan menyehatkan otak dengan bantuan sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. Saat orang berpuasa, sel-sel neuron yang telah mati ataupun sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial, sehingga berdampak baik bagi mental seorang yang berpuasa. Dr. Arnold Ehret seorang ahli kejiwaan telah melakukan penelitian terhadap puasa sejak Indonesia belum merdeka menyatakan berpuasa akan memberikan dampak pada kesehatan fisik dan mental dengan berpuasa lebih dari 21 hari. Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan yang dapat kami bagikan sekarang untuk sobat, semoga bermanfaat.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Belum Terkuak | admin | 4.5