Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Kita, Sangat Luar Biasa

Masih ada yang menyangkal manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan? Bagi sobat yang masih meragukan kemampuan dan kehandalan manfaat puasa bagi kesehatan, mungkin harus membaca artikel ini lebih lanjut. Namun bagi sobat yang sudah percaya pun tidak mengapa, karena akan lebih menambah pengetahuan sobat dengan membaca artikel manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan ini sampai akhir. Sebagaimana kita tahu, puasa ramadhan dilaksanakan setiap tahun selama sebulan penuh dan wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam di dunia.

manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan

Orang mungkin akan bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dan fungsi dari puasa ramadhan terutama untuk kesehatan. Bukan hanya orang non muslim saja yang bertanya, orang muslim pun juga pasti ada yang menanyakan apa keuntungan dan manfaat menjalankan ibadah puasa untuk kesehatan. Sebab secara lahir, dengan melaksanakan puasa tubuh akan terkurangi asupan makanannya sehingga energi yang biasanya berlimpah pada saat sebelum puasa menjadi berkurang. Tapi itulah hebatnya puasa, meskipun makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang namun malah akan membuat tubuh menjadi sehat. Puasa bermanfaat untuk kesehatan secara lahir maupun secara batin. Orang yang terkena penyakit fisik seperti magh banyak yang sembuh dengan melaksanakan puasa. Begitupun dengan orang yang terkena penyakit psikis seperti ketakutan berlebih, depresi atau stres dapat terobati dengan melaksanakan puasa. Puasa menjadi sarana terapi pengobatan berbagai penyakit lahir dan batin.

Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

Detoksifikasi

manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan berbuka

Orang Berbuka Puasa

Banyak ahli kesehatan yang mengungkapkan bahwa melaksanakan puasa adalah salah satu metode  detoksifikasi yang tepat. Selain itu berpuasa juga akan meningkatkan proses penyembuhan dari penyakit. Apa sebenarnya detoksifikasi itu? Detoksifikasi adalah kemampuan tubuh manusia untuk membuang dan menetralisir racun yang ada pada tubuh manusia. Terus dimana saja proses detoksifikasi itu berlangsung? Melalui penelitian, dapat diketahui bahwa dektoksifikasi pada tubuh manusia terjadi di hati, ginjal, usus besar, kelenjar getah bening dan kulit.

Ketika seseorang berpuasa, secara otomatis asupan makanan sebagai sumber energi akan menurun drastis sehingga tubuh akan memaksa cadangan energi lain yaitu lemak untuk diubah menjadi energi. Oleh karena itu timbunan-timbunan lemak di tubuh selama menjalankan puasa akan terus berkurang. Pada proses perubahan lemak menjadi energi juga terjadi penglepasan berbagai bahan kimia berbahaya yang terikat pada lemak dan dilepaskan oleh organ-organ eksresi. Diantara bahan kimia yang berbahaya tersebut seperti insektisida yang masuk ke tubuh melalui makanan, dilepaskan lewat ginjal, tinja dan keringat.

Penyembuhan Penyakit

Manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan selanjutnya adalah berfungsi dalam proses penyembuhan penyakit maupun sakit. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan dengan berpuasa seperti magh yang sudah dijelaskan di atas, padahal jika seseorang terkena magh tidak makan perut akan semakin sakit, tapi nyatanya puasa justru bisa menyembuhkan magh. Penyakit magh bisa sembuh dengan berpuasa karena hal-hal berikut:

  • Makan menjadi teratur yaitu saat sahur dan berbuka
  • Konsumsi cemilan berlemak berkurang
  • Konsumsi rokok pun berkurang
  • Konsumsi kopi dan minuman bersoda berkurang.
  • Stres berkurang dan lebih bisa mengontrol diri
  • Pola hidup orang berpuasa lebih teratur

Disamping penyakit magh, manfaat puasa untuk penyembuhan juga banyak hal ini karena pada saat berpuasa, enerji yang sebelumnya biasanya digunakan untuk melakukan proses pencernaan, dialihkan ke metabolisme dan sistem kekebalan. Hal ini mengakibatkan sel-sel yang tumbuh secara abnormal seperti tumor akan berkurang suplai energinya dalam proses otolisis, sehingga pertumbuhan tumor akan berkurang pada saat puasa ramadhan. Pada saat menjalankan ibadah puasa, sintesis protein untuk mengganti sel-sel yang telah rusak menjadi lebih efisien. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kontrol genetik DNA/RNA tubuh yang mengatur proses tersebut lebih baik dan sempurna. Terjadinya peningkatan efisiensi sintesis protein ini membuat sel-sel, jaringan-jaringan, dan organ-organ tubuh manusia menjadi lebih sehat.

Meremajakan Tubuh Sehingga Awet Muda

Manfaat puasa untuk kesehatan lainnya adalah untuk meremajakan tubuh dengan begitu usia seseorang akan lebih panjang. Hal ini tentu berkaitan dengan manfaat puasa pada 2 bahasan diatas yaitu untuk detoksifikasi dan menyembuhkan penyakit. Disamping proses detoksifikasi dan penyembuhan, hormon-hormon pertumbuhan juga akan lebih banyak dikeluarkan pada saat seseorang berpuasa juga beberapa hormon yang berfungsi sebagai anti penuaan.

Baca juga: Manfaat puasa yang belum terkuak

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan lainnya yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Jika sobat melaksanakan puasa, vitamin neurotropik yang berasal dari otak akan mengalami kenaikan. Hal tersebut menyebabkan tubuh memproduksi sel otak menjadi lebih banyak daripada saat tidak berpuasa, dengan begitu kinerja otak juga meningkat. Jika sobat berpuasa, stres yang sobat alami juga akan berkurang hal ini karena hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin berkurang jumlahnya. Itulah manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan otak.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, puasa akan mengurangi asupan makanan yang masuk ke tubuh. Hal ini berarti akan mengurangi kolesterol yang masuk. Begitupun dengan timbunan lemak yang ada dalam tubuh, pada saat berpuasa ramadhan selama sebulan penuh, timbunan lemak tersebut akan diambil untuk diubah menjadi energi. Dengan begitu kolesterol terutama kolesterol jahat akan berkurang kadarnya di dalam tubuh. Semakin banyak kolesterol jahat yang hilang maka resiko untuk terkena stroke maupun penyakit jantung koroner akan berkurang.

Meningkatkan sistem kekebalan

Manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan lainnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang disebutkan di atas, puasa sebagai upaya untuk penyembuhan penyakit. Orang yang menjalankan ibadah puasa akan mengalami peningkatan kadar limfosit hingga mencapai 10 kali lipat dari saat tidak berpuasa. Peningkatan jumlah tersebut tentu baik bagi tubuh sehingga kebal terhadap serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit..

Menghilangkan kebiasaan buruk

Bagi orang yang menjalankan ibadah puasa merupakan suatu keuntungan karena dapat menjadi sarana untuk menghilangkan kebiasaan buruk terkait dengan kesehatan. Seorang perokok akan dipaksa untuk tidak merokok saat menjalankan ibadah puasa. Jika kebiasaan merokok berkurang hingga setelah puasa bukan tidak mungkin akan menjadi berhenti merokok sehingga badan akan lebih bugar dan sehat.

Berat badan terkontrol

Manfaat puasa ramadhan selain untuk menjaga kolesterol juga sangat mungkin untuk menjaga berat badan. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, pola hidup menjadi lebih teratur seperti waktu makan, waktu tidur, waktu bekerja dan waktu istirahat. Sebulan penuh menjalankan ibadah puasa tentu akan sangat membantu dalam mengontrol berat badan. Sobat tidak perlu lagi melakukan diet ketat, cukup dengan menjalankan puasa secara baik dan benar dan tidak berlebihan.

Menjadikan ginjal lebih sehat

Kesehatan ginjal juga akan sangat berpengaruh ketika seseorang menjalankan ibadah puasa. Dua ginjal pada sisi kiri dan kanan pinggang manusia berfungsi untuk menyaring berbagai zat yang berbahaya. Makanan dan minuman yang kita konsumsi belum tentu bebas dari zat-zat berbahaya, adanya ginjal dalam tubuh akan sangat membantu dalam membersihkannya. Ginjal akan berfungsi maksimal saat kekuatan osmosis urin di dalam tubuh antara 1000 sampai dengan 12.000 ml osmosis/ kg air. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa, osmosis urin akan mencapai maksimal sehingga secara otomatis ginjal akan dapat berfungsi maksimal. Itulah manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan ginjal.

Mencegah diabetes

Penyakit diabetes sekarang menjadi momok yang menakutkan, sebab sekarang sudah banyak orang yang sudah terkena penyakit ini. Jika sobat ingin mencegah diabetes, puasa adalah salah satu jawabannya. Seorang yang melakukan puasa, kadar gula di dalam tubuh akan berkurang sehingga dapat mencegah resiko terkena penyakit diabtes.

Puasa ramadhan adalah puasa yang wajib dilaksanakan. Memang manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan sangat banyak dan manfaat puasa ramadhan bukan hanya untuk kesehatan. Akan lebih baik lagi menjalankan ibadah puasa tanpa memandang akibat yang akan ditimbulkan nanti, yang dijalankan saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah semangat sobat dalam menjalankan ibadah puasa.

Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan Kita, Sangat Luar Biasa | admin | 4.5