Manfaat Aerobik Untuk Menjaga Kesehatan

Manfaat Aerobik Untuk Menjaga Kesehatan? Senam aerobik adalah salah satu jenis senam yang sangat disukai khususnya para kaum hawa. Selain menyehatkan, senam aerobik juga bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh. Senam aerobik merupakan olah raga yang memakai banyak gerakan kelincahan, sehingga saat melakukan gerakan senam tersebut akan membutuhkan banyak energi. Senam aerobik juga mempunyai tahap pemanasan, inti dan pendinginan.

Senam aerobik sangat membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu, sebelum melakukan aerobik perlu memperhatikan makanan yang dimakan sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi, tentu saja dengan makanan sehat. Bagi orang yang baru pertama kali melakukan senam aerobik biasanya akan mengalami pegal-pegal di badan, terutama di bagian yang sering melakukan gerakan seperti kaki pada betis dan paha dan badan. Namun, jika otot yang sering bergerak akan terbiasa dan akan membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya dan kebugarannya. Pada saat pertama kali mengikuti aerobik mungkin akan sedikit kesulitan, namun sebenarnya senam aerobik tidak terlalu sulit karena terdiri dari gerakan-gerakan yang mudah di hafal, tanpa instruktur pun semua orang bisa melakukan aerobik di rumah dengan berbekal informasi dan gerakan yang benar. Jika senam aerobik dirumah dirasa cukup membosankan, anda bisa mengikuti senam di pusat-pusat kesehatan dengan instruktur yg berpengalaman dan tentunya bisa menambah teman.

Manfaat senam aerobik bagi kesehatan

Senam aerobik untuk pemula hendaknya bertahap pertama selama 10 menit, lalu meningkat menjadi 15 menit, 20 menit, dan seterusnya sehingga otot tidak akan cedera. Oleh karena itu, sangat penting sebelum melakukan senam aerobik sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Hampir semua orang melakukan senam aerobik hanya untuk melangsingkan tubuh atau menurunkan berat badan saja. Padahal senam aerobik juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lalu apa saja manfaat senam aerobik selain untuk kesehatan jantung dan menurunkan berat badan yaaa ?. Berikut saya paparkan manfaat yang didapatkan dari melakukan senam aerobik secara rutin secara rinci diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan fungsi jantung.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa aerobik merupakan salah satu jenis olah raga yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat. Gerakan aerobik yang energik dan irama yang cepat akan meningkatkan kinerja jantung, sehingga darah akan lebih banyak terpompa ke seluruh tubuh. Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih jantung lebih aktif dan sehat.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab Sesak Nafas

  1. Memperkuat kerja Paru-paru.

Jika Sobat sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas Sobat tidak kuat yang kemungkinan disebabkan oleh lemak yang dapat mengganggu aliran oksigen dalam darah. Suplai oksigen yang baik, harus dipenuhi untuk menunjang fungsi dan tugas paru-paru sehingga kesehatan tubuh akan terus terjaga. Dengan melakukan senam aerobik secara rutin, sistem pernafasan akan bekerja secara optimal sehingga meningkatkan kinerja paru-paru. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas. Senam aerobik dapat dilakukan seminggu tiga kali atau bisa juga setiap hari.

  1. Menurunkan Berat Badan.

Tentu setiap olah raga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, aerobik pun demikian. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa aerobik adalah satu cara menurunkan berat badan. Ketika seseorang melakukan senam aerobik, lemak-lemak yang ada dibawah kulit atau pun bagian tubuh lainnya akan terbakar sehingga akan mengurangi berat secara perlahan namun pasti. Dan yang paling menyenangkan adalah tubuh menjadi lebih kencang dan berisi. Inilah alasan banyak wanita melakukan latihan ini, demi memperoleh tubuh langsing dan padat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otot.

Asam laktat dan berbagai macam zat berbahaya dalam otot manusia dapat dihindari dengan aliran oksigen yang baik dalam darah. Cara terbaik untuk menyediakan oksigen bagi otot dengan dengan melalui aerobik. Fungsi aerobik lainnya dalam menjaga kesehatan otot dapat dapat mengurangi ketidaknyamanan bagi penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.

  1. Aerobik memperkuat tulang dan sendi.

Gerakan aerobik yang cepat dan membutuhkan energi serta kekuatan otot dan tulang dapat memperkuat tulang dan sendi.

Perlu Dibaca : Berbagai Makanan Yang Mengandung Vitamin E

  1. Meningkatkan stamina dan daya tahan.

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kadang kita mengalami kelelahan. Ketika tubuh lelah dan kurang nutrisi, gampang sekali sakit. Namun keadaan itu akan bisa dikurangi jika sobat secara rutin melakukan aerobik karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan melakukan aerobik dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mencegah berbagai penyakit.

Berbagai penyakit timbul karena dalam darah banyak zat berbahaya seperti kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, kolesterol, dan lain-lain. Cobalah untuk rutin melakukan senam aerobik, kemungkinan untuk terkena penyakit-penyakit tersebut akan menjadi lebih kecil atau bahkan hilang.

  1. Meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Berbagai aktivitas fisik yang menyenangkan terbukti dapat membuat pikiran menjadi fresh. Hal ini disebabkan oleh aktivitas hormon endofin yang bekerja membuat rasa nyaman, tenang dan menyenangkan. Berbagai macam olahraga termasuk aerobik mampu mengaktifkan endofin sehingga stress hilang mood pun datang.

  1. Mengatasi penyakit insomnia.

Manfaat aerobik selanjutnya adalah untuk mengatasi insomnia. Insomnia adalah gangguan kesulitan tidur pada seseorang. Padahal tidur adalah saat tubuh berhenti bekerja dan tubuh mulai merelaksasi kembali. Tanpa tidur, orang terus merasa kelelahan dan sulit untuk berkonsentrasi. Nah, jika sobat secara rutin melakukan aerobik, dapat menghindarkan dari insomnia.

  1. Menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kenapa terjadi penyakit jantung koroner? Ternyata karena disebabkan oleh timbulnya kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat/ low density lipoprotein (LDL) akan berkurang bagi mereka yang rajin berolahraga termasuk aerobik. Bahkan kolesterol baik yaitu HDL akan bertambah seiring dengan aktivitas olahraga kita. Dengan begitu resiko resiko seperti penyakit jantung/ stroke dapat  kita hindarii.

  1. Terlihat lebih muda (awet muda).

Manfaat aerobik yang lain adalah membantu dalam menjaga tubuh, bukan hanya wajah agar tetap awet muda. Aerobik yang dilakukan secara teratur akan membuat tubuh menjadi kencang termasuk kulit. Orang meskipun umur masih muda namun terlihat tua jika badannya kendor dan kulit keriput. Namun jika sobat melakukan aerobik secara baik dan teratur akan menjadikan sobat lebih awet muda.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Berbagai macam penyakit dapat dihindari dengan melakukan aerobik, termasuk salah satunya adalah penyakit darahAerobik juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

  1. Mencegah diabetes.

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa dengan melakukan olah raga senam aerobik secara rutin dapat mencegah penyakit diabetes. Hal ini akan berhasil jika diikuti dengan pola makan yang benar.

  1. Bermanfaat juga bagi ibu hamil.

Senam aerobik ternyata juga dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot dengan catatan senam yang dilakukan secara berlebihan dari segi kuantitas dan gerakan senam.

Manfaat Aerobik Untuk Menjaga Kesehatan | admin | 4.5