Berbagai Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Manusia memerlukan berbagai macam nutrisi untuk dapat mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Nutrisi tersebut seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral termasuk vitamin. Diantara vitamin-vitamin yang lain, vitamin E memiliki fungsi yang penting bagi perkembangan bagian-bagian tubuh seperti kulit baik kulit wajah maupun kulit tubuh yang lain. Vitamin E tersebut dapat diperoleh secara alami dari makanan yang kita makan. Makanan yang mengandung vitamin E jumlahnya cukup banyak, begitu pula dengan buah yang mengandung vitamin E. Namun sebelum kami sebutkan makanan apa saja yang mengandung vitamin E, perlu kita ketahui apa sih manfaat vitamin E bagi tubuh manusia.

banyak makanan yang mengandung vitamin E

Manfaat dan Fungsi Vitamin E

1. Antioksidan Vitamin

Vitamin E adalah vitamin yang sekaligus menjadi antioksidan. Tubuh manusia sangat rentan terhadap kerusakan, apalagi kondisi saat ini yang sudah sangat tercemar baik itu udaranya, airnya, tanahnya. Tubuh perlu perlindungan khusus agar dapat mencegah dan melindungi diri dari kerusakan. Antioksidan adalah jawabannya. Manfaat vitamin E yaitu menjadi antioksidan sehingga akan melindungsi sel-sel tubuh dari kerusakan. Tahu penyakit kanker kan? Kanker disebabkan karena adanya kerusakan sel tubuh dan berkembang menjadi penyakit. Jika sobat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, akan meminimalisir bahkan mencegah terkena kanker. Secara keseluruhan, vitamin E tersusuna atas 8 senyawa yang berbeda tetapi senyawa yang disebut dengan alpha-tocopherol adalah yang paling aktif pada manusia.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat

2. Memperpanjang Umur Sel

Seringkali kita melihat barang-barang disekitar rusak dan menjadi tidak dapat digunakan karena termakan oleh usia. Misalnya saja sepeda, ketika pertama kali beli masih bagus dan kuat, namun lama-kelamaan karena korosi warna menjadi pudar dan kerangka sepeda pun menjadi berkarat. Begitupun juga dengan tubuh manusia, bisa karena berbagai aktivitas, metabolisme, umur yang semakin bertambah, semakin lama tubuh bisa terpapar oleh radikal bebas yang ada di sekitar kita. Radikal bebas dapat melemahkan dan mengurangi kesehatan sel dan bahkan bisa berkontribusi pada penyakit jantung. Hal itu disebabkan karena rusaknya sel sehingga sel menjadi berumur pendek. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH),Maryland Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa Vitamin E sebagai antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan yang dilakukan oleh radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel.

 3. Perlindungan Ekstra

Fungsi Vitamin E selanjutnya adalah untuk membantu dalam melindungi dari resiko baik karena lingkungan maupun gaya hidup. Sebagai contoh karena lingkungan adalah asap kendaraan yang tidak mungkin kita cegah atau polusi udara karena kebakaran hutan, paparan sinar matahari dapat meningkatkan terkena paparan radikal bebas. Begitu juga dengan faktor lifestyle atau gaya hidup seperti merokok, alkohol, wokraholic dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E semua resiko kerusakan tersebut dapat diperbaiki. Sobat tidak perlu khawatir dengan resiko-resiko tersebut dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin E. Dan sepertinya akan sedikit bagi sobat yang sedang menjalani program diet. Dan sesuai dengan penelitian ari NIH, ketika sobat mendapatkan vitamin E dari berbagai sumber makanan, itu tidak mengapa dan tidak berbahaya.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan kulit. Diantaranya adalah untuk meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, melindungi kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari, mencegah proses penuaan dini, dan  mempercepat proses penyembuhan luka. Oleh karena kalau sobat mau mendapatkan kulit yang sehat dan bersih bisa juga dengan mengkonsumsi vitamin E atau ikuti tipsnya di artikel ini. Fungsi Vitamin E untuk melembabkan kulit sebab vitamin E dapat mencegah hilangnya air dari dalam kulit dan membantu menjaga kelembaban alaminya. Disamping itu, sejumlah penyakit kulit juga dapat diobati dengan vitamin E seperti penyakit psoriasis (kulit timbul bercak kuning).

Berbagai Makanan Yang Mengandung Vitamin E

biji bunga matahari adalah makanan yang mengandung vitamin e

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat vitamin E untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit. Sebenarnya vitamin E dapat diperoleh dari mana saja? Sejumlah sumber vitamin E di alam dapat diperoleh dari buah, sayur kacang/ biji, makanan olahan dan dari sumber hewani. Berikut adalah sumber makanan yang mengandung vitamin E:

No Buah Sayur Kacang/ Biji Makanan Olahan Hewani
1. Kiwi Asparagus Almond minyak zaitun Ikan salmon
2. Buah Bit Bayam Kacang tanah Tahu Udang
3. Alpukat paprika Buncis minyak kanola Telur
4. Buah Zaitun Sawi Swiss kacang pecan Oregano kering
5. Tomat Lobak kacang pinus  Coklat Hitam/ pahit
6. labu Kale/ kalean kacang pistachio
7. Pepaya Cabai Kuaci biji labu
8. Aprikot Wortel Biji bunga matahari
9. Mangga Brokoli Hazelnut
10. daun bawang
11. Petersele

Bahaya Jika Kekurangan Vitamin E

Berbagai manfaat dan sumber makanan yang mengandung vitamin E sudah kami jabarkan. Nah, alangkah baiknya untuk menanggulangi bahaya yang akan diperoleh jika mengalami kekurangan vitamin E, adalah:

  • Bayi prematur dengan berat lahir rendah lebih renta anemia karena kekurangan vitamin E.
  • Menyebabkan gangguan terkait reproduksi.
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.
  • kulit kusam
  • Libido rendah
  • Dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan mata minus.
  • Beresiko terkena penyakit kanker
  • Beresiko terkena penyakit jantung. 

Makanan yang mengandung vitamin E memang sangat banyak tersedia di sekitar, hanya saja informasi mengenai kandungan gizi makanan tersebut perlu lebih lanjut untuk diketahui. Demikian artikel kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Berbagai Makanan Yang Mengandung Vitamin E | admin | 4.5