Makanan Khas Wonosobo Jawa Tengah

Buah Carica adalah Makanan khas Wonosobo yang sering dicari oleh wisatawan untuk oleh oleh setelah mereka berkunjung ke Dieng Wonosobo. Padahal masih banyak oleh oleh khas Wonosobo lainnya yang bisa dibawa oleh para wisatawan yang ke Wonosobo. Makanan Wonosobo memang banyak diminati oleh wisatawan, apalagi setelah diadakannya Dieng Culture Festifal yang rutin dilaksanakan di Obyek Wisata Dieng Wonosobo. Kuliner Wonosobo memang enak dan punya ciri khas tersendiri.

Bagi sobat yang ingin mencoba makanan khas Wonosobo, ada baiknya buat daftarnya terlebih dahulu apa saja makanan Wonosobo yang nanti akan dicoba. Dimana dapat informasi kuliner khas Wonosobo yang enak dan lezat? Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai makanan Wonosobo, ada baiknya kita kenali dulu tempat satu ini.

Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sebagian besar wilayahnya berupa perbukitan dan pegunungan. Wonosobo berbatasan dengan beberapa Kabupaten lain seperti Banjarnegara, Kebumen, Temanggung, Batang, Purworejo dan Kendal. Karena wilayahnya kebanyakan daerah tinggi, makanya tidak heran kalau suasana di Wonosobo selalu dingin dan menyejukkan. Begitupun dengan makanan khas Wonosobo juga mengikuti keadaan geografis disana. Apa saja ya makanan asli daerah Wonosobo, yuk kita ulas bersama.

Ini Makanan Khas Wonosobo Paling Enak dan Lezat

1. Mie Ongklok

mie ongklok makanan khas wonosobo

Source: arumsekartaji.wordpress.com

Makanan khas Wonosobo yang pertama kami infokan untuk sobat adalah mie ongklok. Mie Ongklok adalah makanan asli Wonosobo yang memiliki cita rasa yang lezat. Makanan ini adanya di Wonosobo saja. Kalau mau cari tempat makan di Dieng, paling pas menurut kami ya Mie Ongklok ini. Cari tempat makan di Wonosobo yang menyediakan menu mie Ongklok. Kuliner khas Wonosobo ini dibuat dari mie kuning yang dicampur dengan sayuran berupa kubis, bukan sayur sawi. Campuran lainnya adalah daun kucai kemudian saus atau kuah kental mie ongklok yang enak. Jangan sampe terlewat pokoknya kalau berkunjung ke Wonosobo atau Dieng tapi tidak mencoba kelezatan Mie Ongklok asli Wonosobo.

Baca juga : Makanan Khas Pekalongan Terenak

2. Buah Carica

buah carica dieng makanan khas Wonosobo enak

source: klikpintar.com

Buah Carica menjadi buah paling istimewa di Dieng Wonosobo. Sebabnya, buah ini tidak tumbuh di daerah lain kecuali di Dieng Wonosobo, makanya ada yang menyebut dengan buah carica Dieng. Kalau dilihat sekilas, buah Carica mirip dengan buah pepaya namun ternyata berbeda. Memang buah carica Dieng mirip dengan pepaya dan masih satu keluarga dengan pepaya. Namun carica Wonosobo memiliki rasa yang khas dan sangat berbeda dengan buah pepaya. Buah Carica selalu menjadi oleh oleh khas Wonosobo yang istimewa.

Buah carica Wonosobo sudah menjadi primadona bagi Wonosobo dan menjadi kudapan yang laris untuk dinikmati. Carica bukan hanya dijual di Wonosobo, diluar Wonosobo banyak juga toko pusat oleh oleh yang menjual buah Carica. Saat ini cara jual Carica sudah sangat modern, buah carica dikemas menggunakan kemasan yang cantik dan aman. Sehingga rasanya akan tetap sama dengan yang petik langsung dari pohonnya. Ada yang suka buah carica Dieng Wonosobo?

3. Purwaceng

purwaceng makanan asli wonosobo tanaman obat

source: kulinerterenak.blogspot.com

Selain buah Carica, ada produk alami lain dari Wonosobo yang sangat berguna yaitu Purwaceng. Meskipun Purwaceng ini adalah tanaman obat, namun dapat dijadikan sebagai campuran makanan. Beberapa makanan atau minuman dapat dicampur dengan tanaman purwaceng seperti minuman kopi. Khasiat Purwaceng untuk kesehatan seperti untuk kesehatan saraf, otot, mengatasi masuk angin, meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan buang air kecil dan menghilangkan pegal linu dan lain-lain.

4. Sagon

sagon kuliner khas wonosobo

source: food.detik.com

Makanan khas Wonosobo lainnya yaitu Sagon. Makanan ringan asli Wonosobo ini sangat enak, renyah dan gurih. Sagon dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut lalu ditambah dengan gula. Sagon diproses dengan cara dipanggang sehingga tekturnya kering tapi rasanya manis. Sagon biasa dijadikan sebagai oleh oleh khas Wonosobo.

Baca juga: Makanan Khas Jakarta Paling Populer

5. Tempe Kemul

tempe kemul makanan wonosobo

source: dapursaja.blogspot.com

Kalau di Purwokerto Banyumas ada Mendoan, begitu juga di Tegal ada mendoan. Ada makanan khas Wonosobo yang mirip dengan mendoan, namanya adalah tempe kemul. Dinamakan dengan tempe kemul, karena tempe diolah dengan dibalut/ diselimuti tepung. Kalau dalam bahasa jawa kemul artinya selimut. Memang pas dengan suasana di Wonosobo yang dingin, menikmati hangatnya tempe kemul bersama dengan sambal kecap yang enak atau dengan cabe rawit hijau yang pedas pasti makin nikmat.

6. Opak

opak jajanan khas wonosobo

Source: wonosoboceria.blogspot.com

Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah opak. Opak dibuat dari bahan singkong yang selanjutnya dihaluskan. Setelah halus, lalu dikeringkan baru kemudian digoreng. Beberapa daerah di Wonosobo ternyata memiliki produk kerajinan berupa Opak singkong. Opak yang sudah digoreng bisa langsung dimakan atau ditaburi dulu dengan kucai.

7. Kacang Dieng

kacang dieng makanan khas dieng wonosobo

source: devykartika.blogspot.com

Kalau sobat mengunjungi obyek wisata Dieng, jangan lupa untuk membeli kacang Dieng. Makanan khas Wonosobo Dieng ini hanya ada di Dieng. Kalau ditempat lain kacangnya kecil-kecil, kacang Dieng memiliki bentuk yang besar. Mungkin karena pengaruh ketinggian atau karena banyaknya unsur hara yang terkandung di tanah daerah Dieng. Kacang Dieng sangat pas dijadikan sebagai oleh oleh khas Dieng Wonosobo.

8. Keripik Jamur

keripik jamur khas wonosobo

source: kudo.co.id

Daerah Wonosobo memang terkenal dengan hasil pertaniannya, diantaranya adalah Jamur. Wonosobo sudah terkenal dengan produk jamurnya dari dulu. Olahan jamur yang paling populer di Wonosobo adalah keripik jamur.

9. Dendeng Gepuk

Meskipun di daerah lain juga ada makanan dengan nama dendeng gepuk, namun di Wonosobo dendeng Gepuk punya ciri khas tersendiri. Dendeng gepuk Wonosobo terbuat dari daging sapi yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi dendeng. Makanan khas Wonosobo ini bukan hanya dikenal di Wonosobo tapi juga hingga keluar Negeri. Dendeng Wonosobo bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan

10. Nasi Megono

nasi megono makanan khas wonosobo

source: commons.wikipedia.org

Di Pekalongan ada Sega Megono, di Tegal pun juga ada sega Megono, satu lagi daerah yang memiliki makanan khas berupa sega Megono adalah Wonosobo. Dimana-mana sega megono selalu menjadi makanan favorit, termasuk di Wonosobo. Sega megono akan selalu hadir pada acara kumpulan, gotong royong, kerja bakti dan lain lain. Selain rasanya enak, sega megono juga tergolong makanan yang murah apalagi kalau ditambahkan dengan tempe kemul khas Wonosobo pasti tambah uenak.

11. Geblek

geblek wonosoboMakanan khas Wonosobo terakhir yang akan kami infokan untuk sobat adalah geblek. Bukan sebuat atau kata sifat tapi ini nama makanan asli Wonosobo. Geblek merupakan makanan ringan yang gurih dan biasa dijual oleh pedagang kali lima. Bahan utama untuk membuat geblek adalah tepung pati. Meskipun ketika dimakan agak alot, tapi itulah yang membuat geblek menjadi makanan yang enak.

Kira-kira makanan khas Wonosobo yang ingin sobat nikmati di atas apa? Apakah mie ongklok atau buah Carica dieng, pasti semua ingin dicoba. Kuliner khas Wonosobo memang enak-enak semua dan sayang sekali kalau sampai terlewat tidak mencobanya. Selamat berburu makanan asli Wonosobo dan selamat menikmati.

Makanan Khas Wonosobo Jawa Tengah | admin | 4.5