Makanan Khas Tegal Yang Harus Dicoba

Bagi yang sering makan di warung tegal, pasti mengira kalau makanan khas Tegal adalah makanan disajikan di warung tersebut. Memang warung tegal tumbuh subur dimana-mana, tapi jarang yang menyajikan kuliner khas Tegal sendiri. Kalau mau mencari makanan asli Tegal ya sepertinya memang harus ke Tegal. Tegal selain dikenal dengan warungnya yang sudah membahana sampai kemana-mana, bahasanya pun juga sangat unik. Bahasa Tegal dikenal nama bahasa ngapak, karena kalau orang Tegal berbicara, logat bicara berakhiran “K” jadinya ngapak. Namun sebenarnya bukan hanya Tegal yang logat bahasanya ngapak, ada Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara dan sebagian Kebumen.

Tegal dikenal sebagai kota bahari karena mata pencaharian masyarakat Tegal adalah sebagai nelayan. Tidak heran sih, sebab lokasi Tegal kan berbatasan langsung dengan laut Jawa. Beberapa oleh-oleh khas Tegal juga berbahan dasar hasil laut seperti trasi. Terus kira-kira makanan khas Tegal apa saja ya? Yuk mari kita simak bersama di artikel ini.

Makanan Khas Tegal Yang Wajib Dicoba

1. Kemronyos

makanan khas Tegal kemronyos sate kambing

source:mulpix.com

Makanan khas Tegal pertama yang akan kami bagikan untuk sobat adalah Sate khas Tegal atau orang Tegal lebih suka menyebut dengan nama Kemronyos. Sate kambing untuk masyarakat Indonesia adalah menu khas favorit. begitupun dengan masakan khas Tegal yang satu ini, merupakan menu yang favorit dan lezat. Biasanya sate akan dibakar menggunakan bumbu tertentu, berbeda dengan kemronyos, akan dibakar tanpa bumbu. Oleh karena itu rasanya benar-benar khas daging kambing. Untuk menyantapnya dengan bumbu kecap, dicampur sambal dan sayuran.

2. Sega Lengko

Sega lengko kuliner khas tegal

source: femina.co.id

Sega Lengko atau nasi lengko adalah makanan khas Tegal yang memiliki cita rasa khas dan enak. Kami juga pernah membahasnya di artikel ini. Nasi lengko berisi tempe, tahu yang telah diiris dadu, sayur kol, tauge, sambal kacang dan kerupuk. Karena isinya sayuran dan tempe, sega lengko merupakan kuliner Tegal yang rendah kalori namun bernilai protein tinggi. Meskipun di beberapa daerah di pantai utara juga memiliki sajian seperti sega lengko, namun sega lengko pasti punya cita rasa yang khas dan enak.

3. Mendoan

mendoan makanan khas tegalDi sekitaran Tegal, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Cilacap memang punya masakan yang hampir mirip satu sama lain. Seperti halnya mendoan, hampir disetiap daerah punya masakan seperti mendoan. Di Tegal disebut dengan mendoan begitupun dengan Banyumas. Kalau di Wonosobo beda lagi, sebutannya adalah tempe kemul. Meskipun nama sama dan bentuknya sama, namun cara pengolahan dan bumbunya tetap berbeda. Makanan khas Tegal ini dibuat dari tempe yang dibalut dengan tepung yang telah diberi bumbu khusus, kemudian digoreng. Untuk penyajiannya juga berbeda, biasanya kalau mendoan Tegal disajikan bersama dengan teh poci dan cabe rawit mentah.

4. Teh Poci

teh-poci minuman tradisional khas tegalTegal adalah salah satu daerah yang memiliki perkebunan teh di beberapa wilayah sehingga di Tegal juga dikenal sebagai penghasil teh. Oleh karena itu tidak salah kalau minuman khas Tegal dengan bahan utama teh yaitu teh poci. Teh poci adalah teh asli Tegal yang disajikan menggunakan poci tanah liat. Untuk menambah manis, bisa menambahkan gula batu kedalam cangkir teh. Kalau mengaku orang Tegal, pasti suka minum teh poci atau moci. Minum teh poci merupakan tradisi dari nenek moyang orang Tegal.

5. Kupat bongkok

kupat bongkok masakan khas TegalKupat bongkok adalah salah satu makanan khas Tegal yang sangat terkenal dan selalu diburu pada saat musim mudik tiba. Makanan asli Kabupaten Tegal ini bberbahan utama dari tempe yang dibusukan (tempe bosok/ tempe semangit). Untuk membuat Kupat Bongkok, diperlukan tempe yang masih bagus kalau bisa malah yang berkualitas super, kemudian tempe dibusukkan istilah orang Tegal di cem cem i selama kurang lebih tiga hari.

Baca juga: Makanan Khas Cirebon

6. Martabak Lebaksiu

martabak lebaksiu makanan khas tegalLebaksiu adalah salah satu daerah di Kabupaten Tegal yang masyarakatnya berprofesi dan ahli dalam membuat martabak yang enak. Warganya pun banyak yang merantau keluar daerah kemudian berjualan martabak. Banyaknya warga yang menjadi ahli pembuat martabak dikarenakan sudah dari sebelum Indonesia merdeka martabak sudah ada di Lebaksiu. Makanya Martabak Lebaksiu menjadi makanan khas Tegal paling tua dan menjadi kuliner khas Tegal paling diburu. Martabak Lebaksiu juga tidak kalah dengan martabak yang sudah terkenal semisal Martabak Orins atau martabak lainnya. Silahkan dicek dan dicoba langsung di Lebaksiu Tegal

7. Nasi bogana

nasi bogana makanan asli kabupaten tegalMakanan khas Tegal lainnya yang harus sobat coba adalah nasi bogana. Jika sobat perhatikan nasi ini seperti nasi rames. Nasi bogana terdiri dari nasi putih yang ditambah dengan lauk seperti opor ayam, kari ayam, sambal, dendeng, telur pindang, oseng oseng tempe, oseng buncis dan taburan serundeng. Kuliner khas Tegal ini biasanya disajikan menggunakan daun pisang sehingga akan terasa alaminya dan makin nikmat menyantapnya. Nasi Bogana juga telah merambah ke kota kota lain diluar Kabupaten Tegal dan menjadi salah satu menu yang istimewa di restoran-restoran.

Baca juga: Makanan Khas Bali Palin Enak

8. Kupat glabed

kupat glabed makanan khas tegalMencari masakan khas Tegal tidaklah sulit di kota asalnya Tegal. Seperti di depan Stasiun Kota Tegal, terdapat satu penjual makanan khas Tegal yang sudah sangat terkenal yaitu Kupat Glabed Tegal. Namanya terdengar gimana ya, tapi itu hanya sekedar nama. Kalau soal rasa, Kupat Glabed adalah sajian masakan Indonesia yang khas, enak dan lezat. Apalagi setelah sobat menempuh perjalanan jauh menggunakan kereta, menikmati Kupat Glabed di depan stasiun pasti mendapatkan sensasi tersendiri. Kupat Glabed terdiri dari ketupat yang dipotong potong lalu dikasih tempe goreng, kerupuk dan taburan bawang goreng. Selanjutnya kupat dan tempe goreng, semuanya disiram dengan kuah khusus disebut kuah glabed, makanya namanya disebut dengan kupat glebed (kental). Untuk yang suka pedas, bisa ditambah dengan sambal. Bisa juga ditambah dengan sate ayam maupun sate kerang.

9. Kupat Sambel Tahu Lengko Mbah Pa’ong

Ada daerah di Tegal namanya Margasari, disana terdapat makanan khas yang sangat enak namanya adalah Kupat Sambel Tahu Lengko Mbah Pa’ong. Seperti sega lengko, kupat tahu sega lengko juga berbahan dasar hampir sama dengan sega lengko hanya saja prosesnya beda. Kupatnya dari beras yang dibungkus daun kelapa bukan dengan plastik. Penyajian kupat, dicampur tauge, tahu aci yang dipotong, kemudian disiram dengan sambal kacang yang super pedas. Pada bagian atasnya ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk kuning. Warungnya dapat ditemui di warung Wak Dakum yang berada di kompleks Pasar Margasari Tegal

Sebenarnya masih ada bebarap makanan khas Tegal yang belum kami berikan review nya utnuk sobat seperti nasi ponggol, soto tegal, sate bebek majir, sate blengong dan lain lain. Mudah-mudahan 9 Kuliner khas Tegal bisa menambah referensi untuk santapan masakan khas Tegal maupun minuman khas Tegal salanjutnya.  Demikian artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Makanan Khas Tegal Yang Harus Dicoba | admin | 4.5