Makanan Khas Sumenep Madura Paling Enak

Sate Madura merupakan makanan khas Sumenep yang banyak digemari di Indonesia. Padahal kalau mau ditelusuri, masih ada banyak lagi kuliner khas Sumenep yang tidak kalah enak dari sate Madura. Sejak Pulau Madura dan Pulau Jawa terhubung langsung dengan diresmikannya jembatan Surabaya Madura (Suramadu), akses ke Madura semakin mudah. Hal tersebut membuat berbagai tempat wisata di Madura makin diminati masyarakat termasuk di Sumenep.

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke Sumenep penasaran, apa saja yang menjadi makanan khas Sumenep. Begitu juga dengan oleh oleh khas Sumenep paling populer untuk dibawa pulang saat mereka selesai berwisata. Bisa saja sebenarnya membawa oleh oleh itu bukan makanan atau jajanan khas daerah yang dikunjungi, tapi sepertinya tetap saja kurang. Oleh karena pada artikel ini kami berikan informasi mengenai makanan khas Sumenep Madura Paling Enak.

Makanan Khas Sumenep Madura Paling Enak dan Terkenal

1. Rujak Cingur Sumenep

rujak cingur masakan khas Sumenep Madura

Source: melawatimanami.blogspot.com

Pada artikel sebelumnya kami pernah mengulas mengenai rujak cingur sebagai salah satu makanan khas Surabaya. Rujak Cingur ternyata juga menjadi salah satu makanan khas Sumenep yang enak dan terkenal. Meski dengan nama sama, namun rujak cingur Sumenep dan Surabaya sangatlah berbeda. Rujak Cingur Sumenep menggunakan bumbu khas tersendiri yaitu tanpa mangga. Perbedaan lainnya cara mengolahnya, kalau rujak cingur Surabaya di uleg dulu bahannya beserta bumbu, kalau rujak cingur Sumenep semua bahan disiram dengan bumbunya tanpa diuleg. Pasti suka kalau sobat mencoba kuliner khas Sumenep Madura ini.

2. Kaldu Kokot

kaldu kokot makanan khas Sumenep enak lezat populerMakanan khas Sumenep yang terkenal lezat dan enak serta menggoda selera lainnya yaitu Kaldu Kokot. Kaldu kokot dibuat dari tulang sapi yang masih ada sumsumnya di dalamnya dan biasanya pada tulangnya masih menempel sebagian daging sapinya. Hal yang menarik dari kaldu Kokot ini adalah adanya kacang hijau atau kedelai didalamnya sehingga rasa kaldu menjadi beraneka rasa. Jangan sampai terlewat untuk mencoba masakan khas Sumenep yang lezat ini. Sobat bisa menemukan kedai kaldu kokot di belakang Museum Keraton Sumenep.

3. Kalsot (kaldu soto)

Kalsot kuliner khas Sumenep

Source: portalmadura.com

Nama makanan khas Sumenep ini cukup unik yaitu Kalsot, padahal aslinya singkatan dari kaldu soto. Kalsot dibuat dari kaldu dan kikil sapi yang dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi masakan khas Sumenep yang enak. Terdapat satu warung kalsot yang sudah terkenal dari dulu, yaitu warung Kaldu Soto milik Ny. Rum Adnan yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sumenep Madura. Isi Kaldu Soto yaitu kikil sapi, tulang sapi, kaldu sapi.

4. Lontong Campor

campor makanan khas Sumenep enak

Source: blog.hulaa.com

Ada yang menyebut makanan khas Sumenep ini dengan campor saja, namun yang lain menyebutnya dengan lontong campor. Bagi masyarakat Sumenep, lontong campur adalah masakan khas Sumenep yang menggugah selera. Apalagi masakan ini biasa ada di waktu pagi ketika orang mulai melakukan aktivitas mereka. Pagi hari membutuhkan makanan yang enak dan menggugah selera penikmatnya. Lontong campor terdiri dari lontong, daging sapi yang dipotong kecil kecil, korket (singkong goreng) serta mie soun. Semua dijadikan satu kemudian disiram dengan kuah santan dan sambal kacang yang enak. Karena semua bahannya dicampur-campur sehingga disebut dengan Campor atau lontong Campor karena istilah Maduranya bercampur adalah Acampur.

5. Apen

apen makanan khas Sumenep Madura enak lezat

Source: sepertinya.com

Makanan khas Sumenep lainnya yang tidak kalah enaknya adalah Apen. Karena terkenal di daerah Parsanga Sumenep, kuliner khas Sumenep ini disebut dengan Apen Parsanga. Apen adalah kue khas Sumenep yang bentuknya menyerupai serabi, namun rasanya berbeda. Apen adalah kue yang unik begitupun dengan pembuatnya, tidak bisa setiap orang membuatnya. Hanya ada segelintir orang saja yang bisa membuat apen khas Sumenep. Makanya jangan sampai terlewat membeli apen kalau jalan-jalan ke Sumenep.

Baca juga: Makanan Khas Jawa Timur Paling Populer

6. Man reman

man reman oleh oleh khas Sumenep Madura

Source: Dwiyana A Hadinanda on Twitter

Bagi sobat yang ingin mencari oleh oleh khas Madura, sepertinya pas banget kalau membeli Man Reman. Man Reman bukan nama orang loh apalagi nama tempat. Man Reman adalah nama makanan ringan khas Sumenep. Bahan utama membuat man reman adalah tepung ketan dan gula aren. Makanya man reman menjadi makanan yang gurih renyah dan rasanya manis dari gula aren.

7. Macho

macho jajanan khas Sumenep madura

source: www.japanindocuteculture.com

Nama makanan khas Sumenep Madura ini terdengar lucu seperti panggilan kepada laki-laki kekar dan kuat. Ya, nama makanannya adalah Macho, sejenis kue yang hanya ada di Madura. Macho berasa manis dan sering kali dijadikan sebagai cemilan untuk anak anak. Macho dibuat dari beras ketan dan gula merah yang diolah sehingga menjadi makanan seperti Macho.

8. Pattola

pattola kue khas Sumenep

Source: www.imgrum.net

Pattola adalah sejenis kerupuk hasil pengolahan ikan tengiri yang diolah dengan bahan-bahan lain sehingga menjadi kerupuk patola yang enak. Makanan khas Sumenep ini khas banget Sumenep. Rasa ikan tengiri begitu terasa dan gurihnya membuat mulut tidak bisa berhenti mengunyah.

9. Soto Madura

soto madura makanan khas Sumenep lezat gan

Source: japanindocuteculture.com

Soto madura adalah varian soto yang berasal dari Madura, sehingga di beberapa wilayah Madura termasuk Sumenep juga memiliki masakan khas berjenis Soto. Ciri khas Soto Madura di Sumenep adalah pada kuahnya yang lebih bening. Soto madura khas Sumenep menggunakan lontong, bihun, tauge, ayam suwir, sayuran dan telur rebus. Untuk menyajikannya diberi kecap.

10. Sate Madura

sate-madura-kuliner Sumenep madura

Source: maemyuk.com

Orang Madura dikenal memiliki kepiawaian dalam membuat sate termasuk di daerah Sumenep. Masyarakat Sumenep kebanyakan memiliki keahlian dalam membuat Sate. Sate Madura memang memiliki rasa dan aroma yang khas. Apalagi bumbunya sangat menggoda dan meresap ke dalam daging. Sate madura sebagai makanan khas Sumenep biasanya dibuat dari daging kambing maupun daging ayam.

11. Jubada

jubada oleh oleh khas Sumenep enak

Source: Tokopedia

Makanan khas Sumenep selanjutnya yaitu Jubada yang merupakan cemilan dengan rasa manis. Manis jubada atau Jubede karena ada gula merahnya. Mungkin Jubada tidak ditemukan di daerah lain, karena itu makanan ringan ingin menjadi salah yang khas dari Sumenep Madura.

12. Mento

mento masakan khas Sumenep

Source: dapur-squ.blogspot.com

Mungkin banyak yang baru tahu salah satu jenis makanan khas Sumenep ini. Mento nama makanannya dan jika seklias dilihat persis dengan kue bawang. Perbedaannya pada cara memasaknya, kalau kue bawang digoreng, sementara kalau kue mento dikukus. Kue khas Sumenep ini merupakan kue basah sehingga agak sulit kalau dijadikan oleh oleh khas Sumenep. Apalagi kue ini tidak bisa bertahan lama, paling lama sehari.

Makanan khas Sumenep memang beraneka warna, rasa dan ragam. Contohnya saja soto madura, meskipun satu Pulau, soto Madura khas Sumenep punya ciri tersendiri. Sebetulnya masih banyak kuliner khas Sumenep yang belum kami sebutkan, nanti jika ada kesempatan akan kami update kembali. Siapa tahu ada info masakan khas Sumenep yang baru atau ada makanan lain yang dijadikan oleh oleh khas Sumenep. Demikian artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat.

Makanan Khas Sumenep Madura Paling Enak | admin | 4.5