Makanan Khas Purworejo Jawa Tengah Enak dan Lezat

Mencari makanan khas Purworejo Jawa Tengah ternyata tidaklah sulit. Tahu dawet hitam kan? atau dalam bahasa jawa dinamakan dengan dawet ireng, itu adalah salah satu makanan khas Purworejo yang sudah sangat meng Indonesia. Kami juga pernah mengulasnya pada artikel makanan khas Jawa Tengah paling Populer. Tapi apakah cuma itu saja makanan paling terkenal di Purworejo? Ternyata tidak sobat, ada banyak kuliner khas Purworejo.

Meskipun berdekatan dengan Yogykararta, Purworejo memiliki ciri dan keunikan tersendiri dalam masakan khas nya. Purworejo salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan berirama. Mungkin bagi sobat yang sedang liburan ke Purworejo dan mau mencari oleh oleh khas Purworejo yang bisa dibawa pulang ke rumah, langsung saja kami bagikan makanan khas Purworejo:

Makanan Khas Purworejo Paling Enak dan Lezat

1. Clorot

makanan khas purworejo clorot namanya

source:penjelajahjalan.my.id

Pertama kami mendengar nama Clorot yang terbayang adalah sebuah makanan yang susah dipegang dan menclorot atau lepas-lepas terus. Setelah melihat bentuknya, sangat unik dan sepertinya lezat. Clorot adalah kue khas Purworejo yang terbuat dari tepung beras (glepung) dan gula merah (gula jawa). Clorot dibungkus daun kelapa muda (janur) dan digulung hingga berbentuk terompet. Karena bahan utamanya gula jawa jelas sekali kalau clorot rasanya manis khas Purworejo, enak dan Lezat. Tidak perlu bingung mencari makanan khas Purworejo ini karena di pasar-pasar tradisional juga banyak yang menjajakan Clorot.

2. Dawet Hitam

dawet-hitam minuman makanan khas purworejoMinuman khas Purworejo yang sudah sangat fenomenal. Minuman yang biasanya dijajakan sebagai minuman pas cuaca panas, biasa juga disajikan pada saat upacara-upacara resmi seperti pernikahan maupun pada perhelatan resmi lainnya. Dinamakan dengan dawet hitam, sebab cendol sebagai campuran utama minuman ini berwarna hitam berbeda dengan dawet pada umumnya yang berwarna hijau. Cendol hitam ini terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka kemudian diberikan sedikit cairan hitam. Cairan hitam ini terbuat dari jerami padi pilihan yang dibakar kemudian dilarutkan ke air bersih hingga berwarna hitam dan disaring. Berbicara soal rasa dawet hitam, sangat enak dan manis, biasanya disajikan dengan gelas maupun mangkuk dan sangat enak dalam keadaan dingin.

3. Sate Winong

sate winong kuliner khas purworejoSatu lagi makanan khas Purworejo yang bisa membuat orang menjadi klangenan dan selalu teringat dengan Purworejo. Ialah Sate Winong, sate yang sangat terkenal dan berasal dari Winong, salah wilayah di Purworejo, di Kecamatan Kemiri. Sate Winong memiliki cita rasa yang khas dan nikmat, tidak heran penikmatnya cukup banyak hingga ke Kabupaten Lainnya. Apalagi sate Winong sudah ada sejak tahun 1960 an dan hingga kini masih berdiri dan semakin bertambah saja penggemarnya. Apa yang istimewa dari sate winong? Sate Winong terbuat dari daging kambing muda pilihan yang dicampur dengan bumbu kecap khas Purworejo dan ditambah lagi dengan irisan daun jeruk sehingga menambah wangi aroma satenya. Mau mencoba kuliner khas Purworejo ini? Langsung saja datang ke Purworejoitam yang biasanya disajikan dingin bersama ketan hitam, juruh, dan tape dengan mangkuk kecil. Yang paling terkenal ialah dawet hitam dekat jembatan Butuh. Namun kini dawet hitam sudah menyebar di berbagai kota. Yang pasti rasanya manis, maknyos, dan bakalan bikin ketagihan.

Baca juga: Resep Lumpia Semarang isi Telor Ayam Rebung Enak

4. Kue Lompong

kue lompong kue makanan khas purworejo enak Selain kue Clorot, ada satu lagi kuliner khas Purworejo yang bisa dijadikan oleh-oleh maupun untuk jajanan lezat, namanya adalah kue lompong. Kenapa dnamakan dengan kue lompong? Ternyata sebagai bahan utama untuk membuat kue lompong menggunakan batang pohon talas atau dalam bahasa jawa biasa disebut dengan wit lompong (tanaman lompong), itulah kenapa dinamakan dengan kue lompong. Kue kenyal dan manis ini terbuat juga dari tepung merang, tepung ketan dan gula pasir, sedangkan isinya menggunakan kacang tanah yang sudah ditumbuk. Kenapa menggunakan tepung merang? Supaya adonan menjadi berwarna hitam pekat, inilah pewarna hitam alami jadi pastinya aman untuk dimakan.

5. Geblek

geblek jajanan makanan ringan khas purworejoBagi orang Jakarta pasti sedikit tersenyum dengan nama makanan dari Purworejo, namanya Geblek. Kalau melihat bentuknya, geblek berbentuk bulat hampir seperti donat tapi terbuat dari tepung singkong. Geblek sangat pas dijadikan sebagai oleh-oleh khas Purworejo yang bisa sobat nikmati bersama di rumah nanti. Makanan ringan Khas Purworejo ini Enaknya sih kalau dimakan pas lagi hangat sebab akan lebih terasa gurihnya. Sobat bisa menemukan geblek di sekitar pasar Baledono, lokasinya dekat dengan alun-alun Purworejo, bisa juga di dekat pasar Jenar Purworejo.

6. Krimpying

krimpying jajanan dan makanan ringan khas PurworejoMakanan di daerah Jawa Tengah memang hampir-hampir mirip antara satu daerah dengan daerah lainnya. Seperti halnya krimpying yang mirip dengan lanting salah satu makanan khas Banyumas. Dari bentuk dan bahan yang digunakan juga hampir sama, nah bagi sobat yang lagi nyari kuliner asli Purworejo, bisa juga mencoba krimpying sebagai salah satu makanan tradisional Purworejo.

Sebenarnya masih ada beberapa makanan khas Purworejo, baik itu kue, makanan ringan ataupun makanan berkuah. Tapi kami berikan 6 dulu biar sobat menjadi penasaran dengan kuliner tradisional asli Purworejo. Demikian artikel ini, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan sobat.

Makanan Khas Purworejo Jawa Tengah Enak dan Lezat | admin | 4.5