Makanan Khas Pekalongan Paling Enak dan Terlaris

Pekolangan terkenal dengan sebutan kota Batik, meskipun begitu ada beberapa makanan khas Pekalongan yang sayang sekali kalau dilewatkan jika sobat berkunjung ke kota pantai ini. Lewat lagunya Slank, Pekalongan pernah ada pada lirik lagu yang berjudul “Sosial Betawi Yoi”. Pekalongan memang sangat terkenal dengan batiknya. Selain batik, kuliner Pekalongan juga sangat menggugah selera. Karena letaknya di pesisir pantai, ada masakan khas Pekalongan yang menggunakan menu ikan laut.

Bagi sobat yang sedang berkunjung ke Pekalongan tentu bukan hanya pengin membeli batik sebagai oleh oleh khas Pekalongan, tapi juga merasakan kenikmatan makanan khas Pekalongan. Berikut adalah kuliner Pekalongan yang harus dicoba.

Makanan Khas Pekalongan Paling Menggugah Selera

1. Megono

sego megono makanan khas Pekalongan populer banget

Biasa disebut dengan megono saja atau dengan sego megono yang artinya nasi megono. Kenapa nasi? karena memang isinya sego megono adalah nasi dengan beberapa lauk yang bisa dipilih atau ada juga yang sudah standar baku sego megono. Megono sendiri merupakan singkatan dari mergo dan ono atau kalau diIndonesiakan menjadi Sebab dan Ada. Beberapa lauk yang harus ada di makanan khas Pekalongan ini seperti nangka muda kukus dan kelapa muda. Inilah ciri khas dari Sego megono Pekalongan yang berbeda dengan megono dari daerah lain.

Kuliner Pekalongan ini merupakan makanan khas Pekalongan yang sangat populer dan keberadaannya selalu dicari oleh para pengunjung maupun penduduk lokal Pekalongan sendiri. Padahal sego megono bukanlah kuliner Pekalongan yang mewah, malah kebanyakan berada di pinggir jalan. Inilah nikmatnya menikmati makanan khas Asli Pekalongan ini.

Cara membuat sego megono terbilang mudah, nangka mudah dicincang terlebih dahulu seblum dikukus. Setelah nangka matang dan lunak, dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu khusus. Cara menyajikannya, sepiring nasi dan langsung di taburi dengan megono. Jika berminat dengan lauk lain seperti telur atau orek tempe juga bisa. Coba saja sobat, makanan khas Pekalongan yang enak ini.

Baca Juga: Makanan Khas Purworejo Paling Enak

2. Pindang Tetel

pindang-tetel masakan khas Pekalongan enak lezat

Source: otrimatu.wordpress.com

Makanan tradisional Pekalongan selanjutnya yaitu pindang tetel. Kuliner Pekalongan ini sangat lezat karena di dalamnya terdapat tetelan daging sapi serta beraroma wangi sebab ada irisan daun bawang. Bumbu yang digunakan adalah bumbu pindang yang terdiri dari kluwak yang dicampur dengan aneka rempah khas Indonesia. Makannya disebut dengan Pindang Tetel, ada tetelan daging dengan bumbu pindang. Makanan khas Pekalongan ini juga diberi kerupuk warna warni, biasanya kuning atau merah dan digoreng bukan dengan minyak tapi pasir. Bagi sobat yang penasaran dengan pindang tetel, masakan khas Pekalongan ini banyak dijual di Kecamatan Kedungwuni atau mau yang lebih asli bisa ke Desa Ambokembang.

3. Lontong Lemprak

lontong lemprak kuliner Pekalongan

Source: iniyangbaru.com

Makanan khas Pekalongan selanjutnya yaitu lontong lemprak. Kenapa dinamakan dengan lontong lemprak? Ternyata karena cara menikmatinya dengan cara duduk lesehan atau dalam istilah jawanya yaitu nglemprak. Dalam setiap satu porsi lontong lemprak terdapat lontong dan opor. Sajian lontong lemprak bisa menggunakan ayam kampung maupun ayam goreng. Masakan khas Pekalongan ini menggunakan kuah yang kental enak dan bumbu rempah khas Indonesia. Kalau sobat mau mencari kuliner Pekalongan ini, bisa datang ke depan Masjid Jami Kauman Pekalongan.

4. Garang Asem

garang-asem makanan khas Pekalongan

Source: masthink.wordpress.com

Garang asem merupakan makanan khas Pekalongan yang sudah menjadi makanan yang cukup mewah. Beberapa restoran besar di Jakarta menyediakan menu garang asem dengan harga yang cukup mahal. Garang asem dibuat dari tetelan daging sapi  dan disiram dengan kuah yang rasanya asam namun nikmat dan segar. Pada kuah garang asem biasanya terdapat beberapa potongan buah tomat. Selain tetelan daging, didalamnya juga teradpat jeroan sapi, daging ataupun telur ayam. Garang asam enak disantap dengan rasa pedas.

5. Tauto atau Soto Tauco

Soto Tauto kuliner khas Pekalongan

Source: resepmasakantop.com

Makanan khas Pekalongan lainnya yang tidak kalah enak dan terkenalnya adalah tauto atau soto tauco. Tauto ini sebenarnya sejenis soto namun menggunakan bumbu tauco sebagai bahan penyedap utamanya. Tauco yang digunakan adalah tauco yang berasa manis. Isi masakan khas Pekalongan ini sangat lezat, terdiri dari daging sandung lamur, emping dan telur rebus. Makin nikmat dan harum karena di atasnya ditaburi dengan bawang goren, perasan jeruk nipis dan potongan daun seledri.

Soto tauco kuliner Pekalongan, biasanya disajikan dengan daun bawang, mie bihun, bawang merah dan kuah enak soto baru kemudian ditambah kuah tauto, yaitu kedelai yang terlebih dahulu dimasak baru kemudian dihaluskan. Adanya kuah dengan bumbu kedelai pasti menambah citarasa soto Tauco khas Pekalongan.

6. Sate Hayam Wuruk

sate hayam wuruk tempat makan enak di pekalongan

Source: iniyangbaru.com

Salah satu tempat makan enak di Pekalongan adalah sate Hayam Wuruk. Pasti sobat sudah bisa menebak, kenapa dinamakan dengan Sate Hayam Wuruk. Sebab, warung yang menjual sate ini berada di jalan hayam wuruk. Berbeda dengan pedagan sate lain yang biasa berjualan pada saat malam atau mungkin siang. Namun sate hayam wuruk memiliki siklus penjualan sate berbeda, penjualnya sejak pagi sudah mulai berjualan sate. Dan penjualnya bukan hanya satu atau dua di jalan Hayam Wuruk Pekalongan, tapi banyak. Oleh karena itu, makanan khas Pekalongan ini harus dicoba kalau sobat jalan-jalan ke Pekalongan.

7. Kluban

kluban makanan tradisional pekalongan

source: pinterest

Kalau kluban di Purwokerto mirip dengan urap dan sama juga dengan kluban di Pekalongan, mirip juga dengan urap. Isinya ada kacang panjang, kol, tauge, sayur bayam, kangkung. Klubanan  khas Pekalongan biasanya ada ba’da Maghrib. Makanan khas Pekalongan ini biasanya tersedia banyak pada saat lebaran.

8. Kripik Tahu

kripik tahu oleh oleh khas pekalongan

Source: sarinabati.wordpress.com

Makanan khas Pekalongan yang kami rekomendasikan adalah kripik tahu. Selain renyah rasanya juga enak.  Kripik tahu cocok juga untuk oleh oleh khas Pekalongan. Berbeda dengan kripik tempe yang agak keras, kalau kripik tahu lebih renyah dan lezat. Kripik tahu bukanlah makanan sembarangan di Pekalongan. Kripik tahu menjadi makanan ringan favorit dan banyak tersedia di toko oleh oleh Pekalongan.

Mau mencoba makanan khas Pekalongan yang mana? Jangan mencicipi yang batik ya, itu bukan makanan, itu oleh oleh khas Pekalongan. Silahkan dari 8 kuliner Pekalongan yang menggoda selera ini sobat rasakan dan nikmati kelezatannya. Demikian artikel singkat ini, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan Sobat dalam mencarai makanan khas Indonesia.

Makanan Khas Pekalongan Paling Enak dan Terlaris | admin | 4.5