Makanan Khas Papua Paling Unik dan Populer

Apa saja makanan khas Papua paling unik dan populer, yuk disimak ulasannya. Papua merupakan salah satu Pulau di Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak. Disamping itu, di Papua juga ditemukan keanekaragaman hayati yang sangat bervariasi dan tidak ditemukan di daerah lain. Sebut saja burung Cendrawasih yang merupakan salah satu hewan endemik yang ada di Papua. Selain itu, tempat wisata di Papua juga sangat menarik untuk dikunjungi dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia seperti Kepulauan Raja Ampat.

Papua memang sangat indah dan menawan. Apalagi kalau sobat tahu kuliner khas Papua yang unik, enak dan menarik. Dengan kekayaan alamnya yang melimpah ruah, makanan khas Papua banyak yang mengambil dari hasil alam Papua. Tentu saja makanan khas Papua menjadi makanan yang harus dicoba, jangan sampai terlewat kalau sobat datang ke Papua.

Ini Dia Makanan Khas Papua Yang Harus Dicoba

1. Papeda

Papeda Makanan khas Papua asli

Pohon sagu banyak ditemukan di daerah Papua makanya tidak heran kalau beberapa makanan khas Papua menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Sebut saja kuliner asli Papua satu ini yaitu Papeda. Sagu yang didapat langsung dari pohon sagu kemudian diolah dan dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah bubur papeda.

Bentuk dan teksturnya mirip seperti lem yang lengket dan warnanya putih. Kalau bicara soal rasa, rasa papeda hambar alias gak ada rasanya. Paling mantab kalau papeda di nikmati bersama dengan kuliner khas Papua lainnya.

2. Martabak Sagu

Martabak Sagu kuliner khas Papua tradisional

Source: bukucatatan.net

Makanan khas Papua lainnya yang dibuat dengan bahan utama sagu adalah martabak sagu. Sobat pasti langsung mengernyitkan dahi, bagaimana mungkin martabak dibuat dari sagu. Tapi benar, di Papua martabak dibuat dengan bahan utama sagu. Sagu digoreng terlebih dahulu kemudian ditaburui dengan saus gula merah, rasanya pun manis.

Baca juga: makanan Khas Balikpapan

Kuliner khas Papua ini banyak ditemui di Kabupaten Fakfak, pasti penasaran kan dengan bentuk dan rasa martabak sagu di Papua?

3. Ikan Bungkus

ikan bungkus masakan khas Papua

wizamisasi.com

Wilayah Papua yang dikelilingi oleh lautan membuat ikan menjadi sumber daya utama selain sumber daya dari perkebunan dan pertanian di daratan. Tidak heran makanan khas Papua banyak menggunakan ikan sebagai menu utamanya. Seperti halnya masakan khas Papua yang satu ini, namanya adalah ikan bungkus. Kalau dilihat sekilas, ikan bungkus hampir seperti ikan pepes, tapi tentu saja berbeda dengan ikan pepes kebanyakan.

Kalau biasanya ikan pepes menggunakan ikan darat seabgai bahan utamanya, seperti ikan mas, ikan guramih, ikan mujair. Kalau ikan bungkus Papua menggunakan ikan laut. Ikan laut diolah dan diproses menggunakan bumbu khas Papua.

4. Ikan Bakar Manokwari

makanan tradisional papua

dbagus.com

Manokwari adalah salah satu daerah di Papua yang memiliki olahan masakan khas Papua yang enak dan lezat. Namanya masakannya adalah ikan bakar Manokwari. Mungkin sobat bisa membuat ikan bakar Manokwari di rumah, karena bahan yang digunakan adalah ikan tongkol. Namun yang perlu diperhatikan adalah sambal khas nya. Rasanya pedas dan sangat menggugah selera.

5. Sate Ulat Sagu

sate ulat sagu asli papua

Source: cepamagz.com

Ini dia makanan khas Papua yang katanya tergolong makanan ekstrim. Seekstrim apa ya sampai ada yang tidak mau makan atau bahkan tidak mau melihatnya. Ternyata kuliner khas Papua ini dibuat dari ulat sagu. Berbeda dengan ulat pada umumnya yang berbulu, ulat sagu warnanya putih bersih dan adanya hanya di dalam pohon sagu.

Meskipun bentuk agak ekstrim, tapi kuliner asli Papua ini tergolong bernilai gizi tinggi. Dan bagi yang sudah mencobanya ternyata pada ketagihan, sobat mau mencobanya?

Itulah beberapa makanan khas Papua yang sebenarnya masih sangat banyak dan melimpah. Apalagi kalau disandingkan dengan buah khas Papua yaitu Matoa. Mudah-mudahan sajian kuliner khas Papua diatas bisa menambah referensi sobat dalam mencari kuliner Khas Indonesia.

Makanan Khas Papua Paling Unik dan Populer | admin | 4.5