Makanan Khas Palembang Paling Digemari dan Enak

Kekayaan makanan khas Indonesia memang tidak ada habisnya. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai makanan khas Palembang. Namun sebelum itu ada baiknya kami ceritakan sebentar mengenai kota Palembang. Palembang memang sudah sangat populer sejak dahulu sebagai pusat pemerintahan kerajaan Sriwijaya, Palembang berkembang menjadi sebuah pelabuhan yang besar dan terpandang. Apalagi kerajaan Sriwijaya pernah mencapai masa kejayaannya dengan menguasai wilayah hingga ke Semenanjung Malaka. Saat ini pun Palembang masih sebagai salah satu kota besar di Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki mulai dari Universitas, tempat wisata, berbagai kuliner khas Palembang. Tidak salah, pada artikel kali ini kami berbagi tentang sedikit makanan khas Palembang yang paling digemari.

Makanan khas Palembang bukan hanya diminati oleh para pecinta kuliner Indonesia tapi juga sudah merambah hingga ke luar negeri. Masakan khas Palembang ini bukan saja cocok untuk dijadikan kudapan saat ada jamuan makan atau rapat tapi juga pas untuk dijadikan oleh oleh khas Palembang. Jika ada yang masih penasaran dengan tempat wisata kuliner di Palembang, bisa juga koq berkunjung ke pusat pusat jajanan khas Palembang. Apa saja ya kira-kira makanan khas Palembang paling digemari sekarang? Simak terus artikelnya.

Makanan Khas Palembang Paling Digemari

1. Pempek Palembang

Pempek-Palembang makanan khas palembang

source:travellers.web.id

Makanan khas Palembang yang pertama adalah Pempek Palembang. Ada yang mengatakan Pempek Palembang, ada juga yang bilang empek empek. Meskipun ada beberapa perbedaan dalam penyebutan, tapi untuk bentuk dan rasanya masih sama saja kok. Pempek Palembang memang sudah khas banget Kota Palembang. Tidak ada daerah lain yang memiliki makanan khas berupa Pempek Palembang.

Baca juga: Makanan Khas Padang Yang Wajib Dicoba

urusan rasa, meskipun berasal dari daerah Sumatera, tapi Pempek Palembang cocok untuk semua lidah di Indonesia. Apa sebenarnya yang menjadi keistimewaan Pempek Palembang sehingga menjadi salah satu makanan khas Indonesia terbaik? Terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui dengan bumbu khusus dan dicampur daging ikan biasanya tenggiri serta diberi isian berupa telur rebus. Setelah melalui serangkaian proses hingga digoreng, pempek Palembang disiram dengan bumbu khusus. Bumbu khusus berupa campuran asam, cuka dan lain-lain sehingga memiliki rasa yang sedikit asam. Pasti kalau sobat mencicipi Pempek Palembang akan langsung keenakan. Pempek Palembang juga sudah biasa dijadikan sebagai oleh oleh  khas Palembang.

2. Tekwan

tekwan makanan khas palembang banget

Source:sajianku.com

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah tekwan, bukan tektwo apalagi tekthree, cukup tekwan. Tekwan berasal dari istilah “Berkotek Samo Kawan”, menurut bahasa Palembang memiliki arti duduk mengobrol bersama teman. Apakah asal katanya berasal dari kata takeone artinya ambil satu. Kalau orang yang pertama kali makan tekwan mungkin mengira masakan khas Palembang ini adalah sejenis bakmi atau bakso karena di dalamnya ada seperti bulatan bakso. Tapi setelah diperhatikan ternyata berbeda dengan bakmi apalagi bakso. Apalagi didalamnya terdapat jamur kuping yang menjadi ciri khas tekwan.

Baca juga:Makanan Khas Surabaya, Harus Dicoba Loh

Daripada ribut mengenai definisi tekwan, kami ambilkan satu definisi dari wikipedia. Tekwan sebenarnya adalah sup khas Palembang dengan bahan utama berupa ikan dan sagu yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dalam kuah udang. Kenapa bisa mirip dengan bakmi, sebab didalamnya terdapat bihun yang sebenarnya sebagai pelengkap. Selain itu dalam tekwan juga terdapat irisan bengkoang dan jamur kuping makanya bentuk dan rasanya pun sangat khas Palembang banget. Namun seperti masakan khas Indonesia lainnya juga ditaburi dengan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

3. Laksan dan Celimpungan

laksan makanan khas Palembang

source:ekoariyanto1706.wordpress.com

Kalau mendengar sekilas mungkin ada yang mingira makanan khas Palembang ini adalah laksa. Padahal bukan, laksan ada tambah huruf “n” dibelakangnya. Dan makanannya pun memang benar-benar berbeda. Laksan masing satu keluarga dengan Pempek. Beberapa orang di Palembang menganggap asal kata laksan adalah Luck Son yang berarti anak lelaki yang beruntung. Beruntungnya kenapa ya? Ya pokoknya beruntung lah, berarti anak laki-laki dari Palembang semuanya beruntung.

Bahan utama untuk membuat masakan khas Palembang ini adalah sagu dan ikan. Bentuk laksan sangat mirip dengan pempek Palembang yaitu oval. Laksan disiram dengan kuah santan merah pedas. Jika sobat pernah melihat kuah lontong sayur, seperti itu kira-kira kuah laksan.

Celimpungan makanan khas Palembang jos

Celimpungan

Olahan kreatif laksan dibentuk menjadi Celimpungan, yaitu olahhan yang mirp sekali laksan, namun adonan empek empek dibuat mirip tekwan yang lebih besar kemudian disiram dengan kuah santan.

4. Model

model makanan khas palembangPasti ada yang bertanya-tanya, masa nama makanan kok model ya? Iya, ini ada sobat, salah satu makanan khas dari Palembang adalah model. Dari bentuknya model hampir mirip dengan tekwan. Oya, ada dua jenis model, pertama model gandum yang terbuat dari tepung terigu, dimasak dengan digoreng. Kedua adalah model ikan yang terbuat dari bahan mirip dengan bahan utama kapal selam (pempek). Perbedaannya pada adonan berupa tepung tapioka, dicampur dengan ikan kemudian diisi dengan tahu.

Untuk menyajikan, setelah adonan digoreng kemudian disiram dengan kuah udang dan cuka. Ada juga yang menambahkan dengan jamur kuping, mentimun, bihun dan taburan bawang goreng.

Enak-enak bukan makanan khas Palembang yang kami rekomendasikan. Bukan saja enak, tapi membuat tidak bisa lupa dengan makanan khas Indonesia yang super banyak dan memiliki ciri khas tersendiri. Sekian artikel kami, mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa dishare ya.

Makanan Khas Palembang Paling Digemari dan Enak | admin | 4.5