Makanan Khas Nusa Tenggara Barat NTB Paling Enak Lezat

Berburu makanan khas Nusa Tenggara Barat ketika sedang melakukan wisata di NTB, pasti seru dan menyenangkan. NTB satu wilayah dengan NTT  yaitu di Pulau Lombok. Meskipun dalam satu pulau, antara NTT dan NTB, ternyata keduanya punya kuliner khas Sendiri sendiri. Kalau makanan khas NTT sudah kami bahas sebelumnya di artikel ini. Wilayah NTB bukan hanya yang berada di Pulau Lombok saja, tetapi meliputi pulau lain yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara atau Sunda Kecil.

Penduduk asli Nusa Tenggara Barat adalah Suku Sasak, Suku Sumbawa, Suku Bima, suku tersebut mendiami hampir seluruh wilayah di Nusa Tenggara Barat. Makanan khas NTB Nusa Tenggara Barat tidak hanya menjadi kuliner harian tapi juga sebagai warisan peninggalan nenek moyang yang harus terus dilestarikan agar anak cucu kita kelak tetap bisa menikmati kelezatan dan kenikmatan kuliner khas Nusa Tenggara Barat. Apa saja makanan khas Nusa Tenggara Barat yang enak enak, yuk disimak ulasannya berikut ini.

Ini Dia Makanan Khas Nusa Tenggara Barat (NTB) Paling Jos

1. Sate Bulayak

sate_Bulayak makanan khas Nusa TEnggara Barat NTB

Source: indonesia-lombok.de

Sepertinya sate memang menjadi satu favorit makanan khas Indonesia karena hampir disetiap daerah memiliki makanan berupa sate termasuk makanan khas Nusa Tenggara Barat. Nama satenya adalah Sate bulayak. Istimewanya sate Bulayak adalah bahan daging yang digunakan, bukan ayam apalagi kambing, melainkan daging sapi. Kalau menggunakan daging kambing aromanya khas dan tingkat kalorinya yang sangat tinggi, sementara kalau daging sapi tidak beraroma dan kolesterolnya lebih sedikit jadi lebih aman dikonsumsi.

Baca juga : Makanan Khas Bali Paling Populer

Rasanya mantab dan khas karena menggunakan bumbu asli NTB yaitu terbuat dari kacang tanah yang disangrai kemudian ditumbus. Selanjutnya direbus dengan santan dan bumbu khas NTB lainnya. Rasanya mirip sekali dengan bumbu kari. Kenapa dinamakan dengan sate bulayak? Karena pada saat penyajiannya menggunakan lontong yang dsebut dengan bulayak.

2. Ayam Taliwang

Ayam-Taliwang Kuliner khas Nusa Tenggara Barat

Source: indonesiatravelguides.com

Ini salah satu makanan mewah yang biasa disajikan di hotel hotel berbintang maupun pada jamuan resmi tingkat tinggi. Ternyata ayam taliwang merupakan makanan khas NTB dan sudah sangat mendunia sekarang ini. Tidak sulit untuk membuat ayam Taliwang, apalagi resep dan bumbunya banyak tersedia di pasar pasar tradisional. Ayam Taliwang menjadi kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang istimewa karena sebelum dimasak ataupun dibakar, terlebih ayam direbus bersama dengan bumbu dan rempah. Oleh karena itu saat ayam diolah, bumbu dan rempah sudah meresap kedalam daging begitupun dengan dagingnya sudah empuk karena telah direbus dahulu.

3. Plecing Kangkung

plecing kangkung masakan khas Nusa Tenggara Barat NTBPlecing kangkung adalah masakan khas Nusa Tenggara Barat NTB yang biasa disajikan bersama dengan ayam taliwang. Seperti halnya ayam taliwang, plecing kangkung juga turut menjadi makanan khas Nusa Tenggara Barat yang turut populer. Masakan khas Indonesia pada umumnya disajikan dalam keadaan panas, tapi kalau plecing kangkung paling enak disajikan dalam keadaan dingin. Sambal tomat menjadi pelengkap untuk menambah kenikmatan cita rasa plecing kangkung. Plecing kangkung berbeda dengan oseng kangkung. Lihat saja campurannya yang terdiri dari kacang panjang, kacang goreng, tauge, uraban. Kangkung yang digunakan adalah kangkung yang berukuran besar.

4. Kelaq Kelor

sayur kelaq kelor makanan khas NTB

Source: sasambotour.com

Kelaq Kelor adalah makanan khas NTB yang terdiri dari banyak sayuran dengan kuah bening. Sayuran yang digunakan adalah daun kelaq kelor yang dicampur dengan sayuran lainnya. Meskipun oleh masyarakat NTB daun kelaq kelor biasa untuk memandikan mayat, namun jika sudah menjadi sayur kelaq kelor, wah mantab rasanya dan segar. Untuk menyantap sayur kelaq kelor, bisa dengan nasi putih.

5. Jaje Tunjak Lapis Poteng

jajanan khas Nusa Tenggara Barat jaje tunjak lapis poteng

Source; http://budaya-indonesia.org/

Kalau mau menemukan menu khas Lebaran di NTB, jaje tunjak lapis poteng salah satunya. Namanya cukup panjang, kalau dilihat bentuknya mirp sekali dengan tapak uli, kuliner khas betawi. Jaje tunjak lapis poteng terbuat dari beras ketan yang dicampur kelapa parut yang selanjutnya di kukus. Untuk menambah rasa, biasanya ditambahkan sedikit garam. Poteng sendiri yaitu tapai ketan dibuat dari beras ketan yang dikukus hingga menjadi seperti nasi lalu dijadikan tapai ketan. Dalam pengolahan poteng, bahan bahan dicampur dengan daun seger atau satu. Karena mengandung banyak gula alami, jaje tunjak lapis poteng raasnya manis.

6. Sate Pusut

Makanan Khas NTB sate Pusut

Source: indonesia2day.com

Tidak salah memang sate menjadi makanan khas Indonesia favorit karena di setiap daerah Indonesia memiliki kuliner berupa sate. Di Nusa Tenggara Barat terdapat kuliner berupa sate yaitu sate pusut. Sate pusut tidak menggunakan ikan pesut, tapi sama dengan sate lainnya menggunakan daging namun potongannya berukuran lebih besar. Sate pusut disajikan bersama dengan tomat, sayur sawi dan saus sate yang lezat.

7. Nasi Kotaraja

nasi kotaraja kuliner khas NTB

Source: sisidunia.com

Kalau di Jakarta ada nasi uduk, di Cirebon ada nasi Jamblang, kalau di Lombok NTB ada nasi Kotaraja. Nasi Kotara ja merupakan menu favorit masyarakat Lombok. Karena makan nasi kotaraja disamping rasanya yang enak juga mengenyangkan. Makanan khas Nusa Tenggara Barat NTB ini terdapat lauk berupa jangan rarit dan sambal sabie dalam setiap porsinya. Apa itu jangan rarit? Jangan rarti dibuat dari daging sapi yang digoreng ala NTB, pasti mantab pokoknya menikmati kuliner khas Nusa Tenggara Barat NTB.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat NTB Paling Enak Lezat | admin | 4.5