Makanan Khas Medan Paling Digemari

Berbicara mengenai kuliner nusantara memang tidak akan ada habisnya. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke memiliki makanan khas masing-masing, tidak terkecuali dengan Medan. Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini memiliki makanan khas yang cukup banyak. Makanan khas Medan mulai dari kue-kue, olahan ikan, olahan buah dan lain-lain semuanya menarik, semuanya enak. Mungkin dari sobat ada yang belum pernah mencicipi makanan khas Medan? Atau malah belum tahu apa saja kuliner khas Medan Sumatera Utara? Wah, berarti harus baca sampai habis artikel ini nih supaya tahu dan penasaran terus nyobain deh makanan khas Medan. (Baca juga: Makanan Khas Semarang)

Makanan Khas Medan Paling Digemari

1. Bolu Meranti Medan

bolu meranti medan makanan khas medan

Bolu meranti Medan adalah makanan khas medan yang paling digemari. Penikmat bolu meranti Medan ini bukan hanya dari orang Medan atau Sumatera Utara sendiri, tapi para wisatawan dari luar Medan bahkan dari luar negeri pun begitu menggemari oleh-oleh khas Medan ini. Pernah beberapa kali Makanya kalau sobat berkunjung ke Medan, jangan sekali-kali pulang sebelum membeli kue tradisional khas Medan ini.

Dikenalnya bolu meranti Medan awalnya dari hobi seorang penduduk Medan yaitu Ny. Ailing. Ny Ailing memiliki 4 orang anak dan seringkali membuatkan aneka makanan ke 4 anaknya, termasuk kue-kue. Salah satu yang menjadi favorit makanan Ny. Ailing adalah bolu gulung. Akhirnya karena enak, semakin lama para tetangga menjadi tahu dan memesan kepada Ny. Ailing. Lama kelamaan pesanan pun bertambah akhirnya dibukalah toko kue yang berada di Jl. Meranti. Dan sejak itulah dikenal nama bolu meranti dan hingga kini populer sebagai makanan khas daerah Medan.

Apakah Bolu Meranti Medan Halal?

Mungkin ada yang menanyakan atau ragu-ragu apakah Bolu Meranti halal atau tidak? Tentu saja bolu meranti itu halal dan sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, jadi tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati bolu meranti.

Jika sobat mau membeli langsung bisa datang ke Jl. Kruing No. 2K, Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

2. Bikang Ambon

bikang ambon makanan khas medan

Siapa mengira dari namanya Bika Ambon bukanlah sebuah makanan yang berasal dari Ambon Maluku. Namun ternyata Bika Ambon adalah salah satu makanan khas Medan Provinsi Sumatera Utara. Koq bisa ya, makanan dari Medan tapi namanya Ambon. Ada beberapa versi cerita mengenai asal muasal Bika Ambon, tapi dari cerita-cerita yang muncul tidak ada satupun yang mengarah ke kota Ambon.

Dari cara pembuatanya, dulunya Bika Ambon hanya terdapat satu macam saja yaitu Bika Ambon kuning. Namun sekarang telah beradaptasi dengan zaman sehingga Bika Ambon terdirii dari bermacam warna dan rasa. Ciri-ciri Bika Ambon adalah bentuknya biasanya kotak dengan bagian dalam yang berpori-pori sehingga ketika dipotong akan terlihat bagian tengahnya berpori, sementara pada bagian bawah dan atas agak sedikit keras. Kalau bicara soal rasa Bika Ambon, nyam nyam..uenak tenan gan, kenyal-kenyal gimana gitu

3. Kue Lupis Medan

kue lupis makanan khas medan

Di Indonesia yang namanya Lupis ada beberapa macam, salah satunya adalah Kue Lupis Medan. Kue Lupis Medan sangatlah berbeda dengan kue lupis dari Jawa. Jika Kue Lupis Jawa terbuat dari tepung beras yang sudah dihaluskan dan didalamnya dimasukkan pisang ambon nangka yang sudah matang. Sementara Kue Lupis Medan adalah makanan khas Medan yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, biasanya dibentuk seperti segitiga dan dimasak dengan cara dikukus.

Dalam penyajiannya, kue lupis Medan harus ditaburi dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah cair. Sudah pasti, rasanya menjadi manis alami gula merah. Selain cocok dijadikan sebagai kudapan, Kue Lupis Medan juga cocok untuk menggantikan makan.

4. pancake Durian

pancake durian makanan khas medanMedan dan Sumatera Utara dengan durian adalah sudah sangat lekat sekali. Kalau sobat berkunjung ke Medan, di kanan kiri jalan bisa jadi akan ditemukan para penjual durian. Penjual durian yang terkenal adalah durian uncok. Nah, salah satu olahan buah durian yang sangat terkenal adalah Pancake Durian (baca:Peinkeik durian). Pancake durian terbuat dari durian asli yang diolah dengan berbagai macam bahan setalah matang akan berbentuk bulat cepet, kalau yang mendekati bentuknya adalah surabi.

Pancake Durian hadir sebagai salah satu makanan khas Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh istimewa. Tapi, sebaiknya jangan buru-buru beli Pancake Duriannya jika baru tiba di Medan, sebab Pancake Durian tidak tahan lama. Jadi baiknya sobat beli sebelum pulang meninggalkan Medan.

Saat ini Pancake Durian tidak hanya ada rasa durian, namun sudah tersedia dalam berbagai rasa seperti mocca, coklat dan pandan. Rasanya senikmat rasa Pancake Rurian. Jika sobat mau belikan oleh-oleh Pancake Durian buat keluarga atau teman, ada beberapa outlet yang menyediakan Pancake Durian seperti di Jalan Sekip No. 67, bisa juga di Jl. Perjuangan No. 130A Medan dengan nama Sop Durian Medan.

5. Sirup Markisa

sirup markisa makanan khas medan

Selain buah durian, ada satu lagi buah yang menjadi primadona di Medan. Buah itu adalah buah markisa. Di Sumatera Utara sangat tumbuh banyak pohon markisa, karena selain untuk hiasan depan rumah, markisa juga sengaja dijadikan sebagai produk pertanian. Dan memang Sumatera Utara menjadi daerah dengan produksi Markisa di Indonesia. Tidak heran jika berbagai olahan makanan dengan bahan utama buah markisa juga banyak.

(Wajib dibaca: Makanan Khas Jawa Barat)

Salah satu yang paling terkenal adalah Sirup Markisa. Sirup markisa menjadi makanan khas Medan yang banyak diburu oleh wisatawan. Sirup markisa bukan hanya cocok dijadikan minuman ringan ketika bersantai, tapi juga sangat cocok dinikmati ketika ada perayaan hari-hari besar seperti lebaran.

Oleh-oleh khas Medan satu ini merupakan produk andalan dari daerah Brastagi, namun begitu bukan hanya di Brastagi saja, di Medan pun sangat mudah menemukan penjual Sirup Markisa. Info menarik lainnya dari sirup markisa adalah mengandung vitamin Cdan dan antioksidan sehingga sangat baik untuk dinikmati..

6. ikan teri medan

ikan teri makanan khas medanSatu lagi Makanan Khas Medan yang paling enak dan digemari banyak orang adalah ikan teri. Ikan dengan ukuran yang kecil ini identik sebagai oleh-oleh khas dari daerah Medan dan para penikmatnya pun banyak. Untuk mengetahui ciri teri medan dapat dilihat dari warna putinya. Teri medan cocok dijadikan berbagai makanan. Paling umum adalah dengan dimasak bersama sambal kacang. Ketika kami browsing info harga teri medan, harga cukup bervariasi dan tergantung dari jenisnya dan ukurannya/ berat dalam kemasannya. Jangan khawatir untuk kedaluarsa, karena teri medan sudah dikeringkan sehingga bisa tahan lama.

7. Manisan Jambu

Produk olahan buah lainnya yang menjadi salah satu makanan khas Medan adalah Manisa Jambu. Manisan jambu terbuat dari jambu biji yang kemudian dibuat menjadi manisan. Tentu saja rasanya sangat berbeda jika makan jambu tanpa olahan dengan jambu yang telah diolah. Manisan jambu memiliki cita rasa yang sangat nikmat, segar ketika dimakan dan renyah. Manisan jambu hanya bisa bertahan dalam 3 hari, jadi buru-buru dihabiskan sebelumnya kedaluarsa.

Salah satu outlet oleh-oleh yang menjajakan manisan jambu terdapat di Medan adalah  Toko Aguan yang terletak di Jalan Kruing 3D.

8. Kopi Sidikalang

kopi sidikalang makanan khas medanBuat para pecinta kopi, Sumatera Utara adalah salah satu daerah yang memproduksi kopi di Indonesia. Jenis kopi yang dikembangbiakan disana adalah kopi arabika. Waw.. kopi yang paling enak nih, disamping itu dipasaran dunia juga dihargai dengan harga tinggi, harganya mengalahkan kopi robusta. Sidikalah adalah produsen kopi arabika di Sumatera Utara sehingga terkenal dengan kopi Sidikalang. Tentu saja, di Medan banyak dijajakan kopi asli Sidikalang. Oleh-oleh khas Medan ini sangat cocok dijadikan hadiah istimewa, apalagi buat mereka para pecinta kopi.

Kenikmatan kopi Sidikalang memang sudah sangat populer, hal ini benar saja karena kopi Sidikalang  karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan kuat. Malah ada menyebut kopi Sidikalang sebagai rajanya kopi Sumatera. Yah, benar saja lah, kopi Sidikalang kan menjadi pesaing berat kopi Brazil, robusta maksudnya.

9. Kacang Sihobuk

kacang sihobuk makanan khas medanAda yang mengatakan jika kacang adalah salah makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E dipercaya dapat menyehatkan kulit dan dapat mencegah kanker karena kandungan antioksidannya. Nah, ada nih satu makanan khas Medan dari kacang. Namanya makanannya adalah Kacang Sihobuk. Dinakaman dengan Kacang Sihobut, karena berasal sari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Tidak perlu ragu untuk menjadikan Kacang Sihobuk menjadi oleh oleh setelah sobat berkunjung dan berwisata di Medan.

Demikian artikel mengenai makanan khas Medan ini. Ada berapa ya? Ada 9 yang sudah kami bagikan dan sebenarnya lebih dari 9. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai satu referensi oleh oleh khas Medan Sumatera Utara.

 

Makanan Khas Medan Paling Digemari | admin | 4.5