Makanan Khas Manado Paling Enak

Hallo sobat pengunjung setia sobatinfo, kali ini kami akan mengulas mengenai makanan khas Manado. Bagi yang belum tahu Manado, kayaknya harus membuka peta terlebih dahulu supaya mudah. Coba di Pulau Sulawesi dan arahkan pointer ke ujung utara Pulau Sulawesi. Manado terletak hampir di ujung Utara Pulau Sulawesi. Kota Manado dari dulu sudah terkenal dan sekarang pun menjadi kota terbesar di dan sekaligus sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Manado dan Sulawesi Utara tidak bisa dilepaskan dari Minahasa, yaitu suku terbesar yang ada di Sulawesi Utara. Oleh karena itu makanan khas daerah Manado juga tidak bisa dilepaskan dari Makanan Khas Minahasa.

Manado letaknya berdekatan dengan laut, oleh karena itu tidak heran mayoritas penduduknya juga berprofesi sebagai nelayan. Makanya tidak salah kalau makanan khas Manado didominasi oleh hasil laut. Selain ikan laut, ciri khas makanan Manado atau Minahasa adalah rasanya yang pedas. Disamping pedas, ciri khas Makanan minahasa lainnya adalah kaya akan bumbu dan rempah sehingga rasanya gurih dan segar.

Oya, tahu tidak sobat apa tempat wisata di Sulawesi Utara yang paling terkenal? Jawabannya adalah Bunaken. Bunaken adalah sebuah tempat wisata laut yang sangat indah, jadi kalau ke Manado sempatkanlah ke Bunaken. Sebagai informasi, Manado dahulunya adalah kota tempat bangsa Portugis bersinggah dan menyebarkan kepercayaannya. Makanya orang Manado terkenal ke Indo-Indoannya dan cantik cantik dan ganteng ganteng orangnya.

Ada baiknya sebelum ke Manado sobat membuat referensi dulu apa saja kuliner khas Manado sehingga kalau sudah disana tidak perlu bingung mencari makanan yang diinginkan. Atau kalau mau membawa oleh Oleh khas Manado, sudah siap membawa jajanan atau makanan ringan khas Manado apa nanti yang akan dijadikan oleh-oleh:

Makanan Khas Manado Paling Enak dan Terkenal

1. Panada

makanan khas Manado panada enak

Makanan khas Manado yang pertama adalah panada. Panada sangat mirip dengan pastel namun dengan isian yang berbeda. Kalau pastel menggunakan olahan daging ayam yang dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel dan kentang. Kalau panada menggunakan hasil bumi manado sendiri yaitu ikan cakalang. Bumbu yang digunakan pun adalah bumbu khusus olahan khas daerah Manado yaitu bumbu Panpis. Nah, bumbu panpis ternyata juga terbuat dari ikan cakalang yang diproses menggunakan bawang merah, cabe merah, daun jeruk, daun bawang dan daun kemangi.

Tahu tidak sobat kalau Panada adalah kuliner khas Manado yang merupakan turun temurun dari nenek moyang Manado dan konon ada juga yang bilang merupakan makanan peninggalan bangsa Portugis.

2. Cakalang fufu

cakalang fufu makanan khas manado bangetSatu lagi makanan khas Manado yang berbahan utama ikan cakalang, nama makanannya adalah Cakalang Fufu. Sebelum diproses menjadi Cakalang Fufu, ikan cakalang akan di asap terlebih dahulu, hal inilah yang mendasari penamaan “Fufu” artinya pengasapan/ diasap. Ikan Cakalang asap banyak ditemui di pelabuan Belitung. Untuk membuat ikan cakalang fufu adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu dengan membuang sisik dan jeroan ikan. Selanjutnya dagiang ikan dibelah menjadi dua lalu dijepit dengan penjepit bambu. Setelah itu ikan yang sudah dijepit dilumuri dengan garam dan bubuk soda. Ikan cakalang siap diasap selama kurang lebih 4 jam. Biasanya pengasapan juga akan berakhir sampai ikan berubah warna kemerahan lebih empuk dan tidak berair.

Baca juga: Makanan Khas Semarang Paling Dicari

Makanan khas Minahasa ini memiliki cita rasa pedas, begitupun dengan Cakalang Fufu terkenal akan pedasnya. Cakalang fufu dapat dinikmati sendiri atau bersama dengan hidangan Manado lainnya seperti selada kentang, mi cakalang atau dimasak rica-rica dengan cabai. Karena kondisinya yang kering, cakalang fufu cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Manado.

3. Kacang goyang

kacang-goyang jajanan oleh oleh khas manado

source:klikhotel.com

Makanan khas Manado lainnya adalah kacang goyang. Kacang goyang sebenarnya juga makanan ringan khas Manado karena bisa dijadikan cemilan waktu sedang  santai. Kenapa dinamakan kacang goyang? Apakah kacangnya suka bergoyang goyang sehingga dinamakan kacang goyang? Ternyata waktu membuatnya digoyang-goyang diatas bara api sehingga dinamakan dengan kacang goyang. Kacang goyang terbuat dari kacang atom yang dibalut dengan terigu yang telah dicampur dengan gula pasir sehingga rasa kacang goyang pun dominan manis. Kacang goyang memiliki ciri khas berwarna mencolok, seperti warna merah, putih dan coklat. Pasti supaya kelihatan menarik dan terlihat enak, tapi memang enak dan gurih.

4. Sambal roa

Sambal Roa Makanan khas ManadoSambal roa adalah sambal khas Manado yang paling sering dicari oleh para wisatawan. Mereka mencari sambal roa untuk dijadikan oleh-oleh khas Manado. Kenapa sambal roa sangat populer hingga ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri? Tentu saja karena sambal roa memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu dan racikan yang hanya ada di Manado. Begitupun dengan bahan yang digunakan yaitu ikan roa, jenis ikan yang hanya berada di perairan Sulawesi dan Maluku.

Sebelum di masak menjadi sambal roa, ikan roa atau ikan julung akan dibersihkan dari duri-duri dan diasap terlebih dahulu. Kemudian setelah diasap baru ikan roa akan diracik bersama dengan bumbu bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai dan bahan lainnya. Rasa pedas pasti ada, ciri makanan khas Manado adalah rasa pedasnya. Jika sobat menyantap sambal roa ada beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan. Pertama adalah sobat bisa menikmati sambal dengan cita rasa yang unik, khas dan enak. Kedua sobat juga akan mendapatkan makanan dengan kandungan gizi yang cukup tinggi. Nilai gizi yang terdapat pada ikan roa adalah energi: 87 kalori, Protein: 10,9 gr, Lemak: 3,2 gr, gr Kolesterol: 0 mg Karbohidrat: 1,9 gr. Jadi jangan takut kolesterol sobat akan meningkat setelah memakan sambal roa.

 

5. Klappertaart

Klapertaart1 kue makanan khas ManadoMakanan khas Manado selanjutnya adalah Klapertaart. Sejenis kue taart yang berasal dari Belanda dan sekarang menjadi kuliner khas Manado. Klapertaart sendiri berasal dari bahasa Belanda yang jika diartikan ke Bahasa Indonesia artinya adalah kue tart kelapa atau cake kelapa. Klapertaart memang berbahan utama kelapa muda dan air kelapa. Selain dengan bahan-bahan untuk membuat kue lainnya seperti tepung terigu, susu, gula dan margarin. Berbeda dengan makanan khas Manado yang lain, karena berjenis kue sehingga rasanya manis dengan tekstur lembut.

Baca juga: Makanan Khas Palembang Paling Enak

Untuk sobat yang akan menjadikan klappertaart sebagai oleh oleh khas Manado, seperti harus ekstra hati-hati karena hanya dapat bertahan 12 jam, itupun kalau di bungkus dalam wadah rapat dan disimpan pada suhu dingin. Jadi kalau jangan sampai lebih dari 12 jam.

6. Pala manis

Pala-Manis Makanan khas Manado

source:anekatempatwisata.com

Buah pala yang asli Indonesia sudah tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Dan di beberapa daerah di jadikan makanan khas. Seperti di Bogor, buah pala dijadikan minuman segar khas Bogor. Begitupun di Manado, buah pala dijadikan jajanan khas Manado. Berbeda dengan di Bogor, pala Manis Manado dijadikan kudapan atau cemilan yang memiliki rasa manis. Berbeda dengan manisa, Pala manis terbuat dari buah pala yang dicampur dengan cairan dan teksturnya lebih mengkilap dan bersih.  Meskipun hanya sebagai cemilan, pala manis ternyata sudah di ekspor sampai ke Malaysia loh.

7. Halua kenari

oleh oleh khas Manado Halua KenariSeperti halnya Klapertaart, Halua Kenari adalah kue khas Manado yang rsanya manis. Berbahan dasar kenari karena memang tanaman kenari banyak sekali tumbuh di daratan Sulawesi Utara. Makanan khas Manado ini terbuat dari kacang kenari yang berlapis gula merah yang melebur. Kalau sobat mau mendapatkan halua kenari, bisa datang ke outlet oleh oleh di Manado, pasti ada yang memajang halua kenari. Harganya juga tidak mahal hanya sekitar Rp 10.000 – Rp 45.000 tergantung ukuran dan berat isinya.

8. Dodol amurang

Masih keukeuh dodol cuma ada di Garut? Coba baca artikel ini, dodol manado juga ada loh, namanya adalah Dodol amurang. Di Kabupaten Minahasa Selatan banyak diproduksi Dodol khas Manado yaitu Dodol Amurang. Dodol amurang terbuat dari beras ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan gula aren dan dicampur juga dengan minyak kelapa murni. Kenyalnya dodol amurang juga akan dicampur dengan gurihnya kacang dan aroma wangi dari kayu manis. Pasti kalau sobat mencoba dodol amurang akan langsung terpesona.

9. Bubur Manado/ Tinutuan

bubu manado tinutuan makanan tradisional ManadoMakanan khas Manado terakhir yang akan kami ulas adalah Tinutuan atau Bubur Manado. Makanan ini juga menjadi makanan khas Minahasa. Tinutuan adalah sejenis bubur yang menyehatkan karena bahan utama adalah sayuran dan tanpa daging. Tinutuan sangat populer di Manado dan biasanya dijadikan sebagai menu untuk sarapan pagi.

Asal kata tinutuan sampai saat ini belum diketahui asalnya begitupun dengan waktu mulai kapan bubur manado ini menjadi makanan khas khas Kota Manado tidak ada catatan pasti yang mengungkapnya. Ada yang bilang sejak tahun 1970 namun di beberapa sumber juga ada sejak tahun 1981. Bubur Manado/ Tinutuan biasanya disajikan bersama dengan makanan khas Manado lainnya seperti Cakalang Fufu dan sambal roa.

9 Makanan khas Manado telah kami ulas dan pasti semuanya merupakan kuliner khas manado yang enak-enak dan lezat. Beberapa juga pas untuk dijadikan sebagai oleh oleh khas Manado seperti Cakalang Fufu dan Sambal Roa ataupun kacang goyang. Kira-kira kapan sobat akan mencobanya?

 

Makanan Khas Manado Paling Enak | admin | 4.5