Makanan Khas Maluku Populer yang Enak Lezat dan Mantap

Indonesia kaya dengan hal yang beraneka ragam, termasuk Makanan Khas dari berbagai daerah di Indonesia. Makanan Khas Maluku adalah salah satu diantara dari banyak daerah yang memiliki ciri khas pada makanan olahannya. Makanan asli Maluku sungguh lezat dan terbuat dari bahan-bahan yang hanya ada di daerah Maluku. Sagu merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah Maluku sehingga beberapa makanan tradisional Maluku maupun yang modern berbahan utama sagu. Bagi pengunjung yang datang ke Maluku tidak perlu bingung mencari oleh oleh khas Maluku, sebab banyak juga makanan atau jajanan khas Maluku yang bisa menjadi oleh oleh.

Makanan Khas Maluku Enak Lezat dan Mantap

1. Papeda

papeda enak makanan khas maluku

Makanan khas Maluku satu ini berbahan utama sagu. Sagu yang diambil dari batang pohonnya kemudian dijadikan tepung sagu, baru setelah menjadi tepung sagu, bisa diolah menjadi papeda. Paling menyantap papeda saat panas bersama dengan kuah kuning, kuah khas Maluku yang terbuat dari olahan ikan Mubara. Di beberapa daerah di Indonesia seperti Maluku dan Papua, sagu bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan sagu dan nasi sama yaitu tinggi akan karbohidrat sehingga sangat cocok sebagai bahan makanan pokok. Cara makannya agak berbeda dengan makan nasi, yaitu dengan cara diseruput dari piring.

2. Sagu Tumbu

sagu tumbu oleh oleh khas maluku

source: alrisblog.wordpress.com

Sagu Tumbu adalah makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari sagu sebagai bahan utamanya. Sagu Tumbu kalau dengan istilah Maluku namanya adalah “Paumido”. Cara mengolah Sagu Tumbu berbeda dengan Papeda. Kalau papeda sagu diolah dengan tanpa bumbu atau bahan-bahan lain, kalau Sagu Tumbu sagu diolah dengan bumbu bumbu lain ditambah dengan gula merah dan kenari sehingga hasilnya sagu tumbu memiliki rasa yang nikmat. Begitupun dengan tepung sagu yang akan digunakan dibuat dengan cara tradisional yaitu dengan ditumbuk makanya sagu tumbu menjadi makanan tradisional khas Maluku yang enak dan lezat.

Baca juga: Makanan Khas Jogja Paling Populer

3. Bagea

jajanan khas Maluku

source: viva.co.id

Kuliner khas Maluku selanjutnya adalah Bagea. Seperti halnya papeda dan sagu tumbu, bagea pun dibuat dengan bahan utama sagu. Makanan khas Maluku ini sudah ada sejak beratus tahun lalu dan sampai sekarang masyarakat Maluku masih terus membuat Bagea. Meskipun merupakan makanan warisan nenek moyang namun cita rasanya tetap nikmat dan sama dari dulu tanpa berubah. Bagea sendiri dibuat dengan beberapa rasa seperti kenari, kelapa dan gula. Bagea gula terbuat dari sagu yang dicampurkan dengan gula merah, kalau Bagea kelapa dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kelapa setangah matang. Sedangkan Bagea Kenari dibuat dari tepung sagu dengan campuran buah kenari. Jangan pernah lewatkan kalau sobat sedangan wisata kuliner di Maluku, silahkan mencoba Bagea ya, pasti keenakan.

4. Ikan Asar

ikan asar masakan khas MalukuIkan asar adalah makanan khas Maluku yang sering dibawa para wisatawan sebagai oleh oleh khas Maluku. Makanan Khas Ambon Maluku ini terbuat dari bahan dasar ikan segar. Hal ini wajar, sebab Ambon berada sangat dekat dengan lautan dan setiap hari ribuan kilo ikan segar mudah didapatkan di pasar tradisional Ambon. Apa sebenarnya ikan asar itu? Ikan asar adalah istilah masyarakat Ambon Maluku untuk menyebut ikan asap. Bahan utamanya biasanya adalah ikan cakalang, ikan tuna, dan ikan tongkol. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibungkus dengan daun pisang dan dicampuri dengan bumbu khas masyarakat ambon baru kemudian ikan diasap.

Menyantap ikan asar, paling lezat jika ditemani dengan sambal asli dari Ambon yaitu sambal colo colo. Sambal colo colo sendiri dibuat dari bermacam-macam rempah seperti cabai rawit, bawang, tomat, jeruk nipis, dan daun sledri yang semuanya diiris dan dicampur jadi satu. Itulah ciri makanan Maluku yaitu kaya akan rempah rempah, sehingga lezat dan menyehatkan.

5. Asida

asida makanan khas Maluku enak lezat legit

source: arsfindo.blogspot.com

Makanan khas Maluku yang banyak tersedia jika bulan Ramadhan tiba, namanya adalah Asida. Asal kuliner khas Maluku ini sebenarnya dari Arab sebagai jajanan atau snack pada malam hari. Mungkin karena akulturasi antara makanan arab dan Maluku sehingga jadilah Asida. Bagi masyarakat muslim di Ambon, Asida menjadi menu paling favorit ketika bulan puasa. Biasanya asida dinikmati dengan segelas teh manis ataupun secangkir kopi. Asida menyerupai dodol garut dan bertekstur kenyal serta rasanya manis.

Baca juga: Makanan Khas Surabaya Paling Enak

6. Ikan Kuah Pala Banda

masakan khas Maluku Ambon Ikan Kuah Pala Banda Enak

source: yayangcsrt.wordpress.com

Masakan khas Maluku ternyata banyak didominasi dari bahan utamanya yaitu ikan. Ikan kuah pala banda misalnya. Makanan tradisional masyarakat Banda ini terkenal dengan kelezatannya dan sudah ada dari sebelum Indonesia merdeka. Sebagai penghasil rempah, masyarakat kepulauan Banda tentu saja ahli memasak makanan dengan racikan rempah asli Indonesia. Coba saja rasa kuahnya, akan terasa sekali ciri rempahnya seperti pala. Ketika masih zaman pendudukan Belanda, ikan kuah pala banda biasanya disajikan pada para petinggi Belanda yang berkunjung ke Pulau Banda. Ikan kuah pala Banda paling nikmat dan lezat disantap bersama ikan kakap merah bakar dan sambal bekasang. Kalau mau enak lagi bisa dengan urap daun pepaya.

7. Nasi Lapola

nasi lapola makanan khas maluku

source: www.makanajib.com

Makanan khas Maluku lainnya yang sayang sekali kalau dilewatkan jika datang ke Maluku adalah Nasi Lapola. Meskipun orang Maluku terkenal dengan makanan pokok berupa sagu tapi nasi juga tetap menjadi menu favorit disana. Buktinya ada masakan khas Maluku yang berbahan dasar nasi yaitu Nasi Lapola. Cara memasaknya menggunakan api kecil hingga menjadi nasi setengah matang kemudian dicampur dengan kacang tolo rebus, parutan kelapa, dan garam kemudian diaduk rata. Setelah dirasa cukup, campuran nasi dan kacang tolo direbus sampai matang. Jangan bilang pernah ke Maluku kalau belum mencoba Nasi Lapola, kuliner khas Maluku.

8. Kohu kohu

kohu kohu kuliner khas maluku

source: klikhotel.com

Kalau orang jawa menyebutnya dengan urap, kalau orang Maluku menyebutnya dengan kohu-kohu. Meskipun hampir mirip antara kohu kohu dengan urap, namun makanan khas Maluku ini punya ciri tersendiri yaitu adanya ikan teri basah disamping sayur-sayuran seperti bahan urap pada umumnya. Hidangan sehat dan lezat ini menggunakan resep asli Maluku yaitu dengan mencampurkan bahan-bahan berupa sayuran yang telah direbus seperti terung, kacang panjang, tauge dicampur dengan parutan kelapa dan teri basah. Bumbu yang digunakan adalah cabai, bawang putih, bawah merah dan perasan jeruk nipis. Kalau di jawa disantap dengan nasi, di Maluku disantap dengan singkong rebus.

9. Sagu woku komo-komo

Sagu woku komo-komo makanan tradisional maluku ambon

source: klikhotel.com

Makanan khas Maluku dengan yang berbahan dasar sagu memang banyak, selain papeda dan sagu tumbu ada lagi yaitu Sagu woku komo komo. Kuliner khas Maluku ini dibuat dari sagu yang diolah dengan bermacam-macam bumbu rempah khas maluku juga ada jeroan ikan didalamnya. Untuk mengolah masakan khas Maluku ini perlu beberapa tahap pengolahan sebelum disajikan. Sagu woku komo-komo ini pas banget sebagai lauk yang enak atau kalau mau jadi makanan utama jika bisa, silahkan sobat pilih.

10. Sambal Colo Colo

sambal colo colo sambal khas maluku

source: resepe.com

Bagi penikmat sambal, di Ambon Maluku terdapat sambal khas yang biasa disajikan bersama dengan makanan khas Maluku lainnya, nama sambalnya adalah Sambal Colo Colo. Bila sobat menyantap papeda tanpa didampingi dengan sambal colo colo akan terasa hambar. Dan sepertinya memang wajib bagi masyarakat Maluku menyantap masakan harus dengan sambal colo colo. Bagi sobat yang ingin tahu cara membuat atau resep membuat sambal colo colo, sangat mudah. Siapkan saja bahan-bahannya seperti bawang merah, tomat muda, cabe rawit yang telah diiris tipis, selanjutnya campurkan seluruh bahan. Sambil mencampurkan, taburkan garam lalu siram dengan perasan jeruk nipis, jadilah sambal colo colonya. Jika ingin menambah cita rasa sambalnya, sobat bisa menambahkan dengan irisan kenari mentah dan daun kemangi.

11. Talam Sagu Bakar

kue talam sagu bakar enak

source: klikhotel.com

Masih dengan makanan daerah Maluku yang terbuat dari tepung sagu yaitu talam sagu bakar. Talam sagu bakar adalah makanan khas Malulu Utara yang terkenal legit namun tetap gurih. Cara membuat talam sagu bakar ada dengan merendam sagu terlebih dahulu sambil dihaluskan. Sambil merendam, gula merah dimasak, lalu gula dan sagu ditiriskan dan campurkan keduanya. Kemudian campurkan lagi dengan gula pasir sampai mengental. Setelah kental, tambakan lagi dengan mentega, kenari dan kacang brenebon sambil terus diaduk sampai rata. Bakar adonan dengan loyang yang telah diolesi mentega sampai kering. Talam sagu bakar cocok untuk oleh oleh khas Maluku dan bisa sobat bawa kembali ke kota asal sobat.

12. Bubur Sagu Ubi

makanan khas maluku ambon bubur-sagu-ubi

source: jofanasha.wordpress.com

Bubur sagu ubi merupakan jajanan khas Maluku yang sangat populer, sudah banyak orang mengetahui Bubur Sagu Ubi. Apalagi saat ini, bubur sagu ubi sudah mengalami modifikasi sehingga memiliki bentuk yang lebih manis dan warna yang lebih oke. Apalagi dengan semakin populernya penggunaan ubi ungu, bubur sagu ubi pun ikut terpengaruh. Bubur sagu ubi rasanya manis dengan santal kenal dan rasanyayang manis.

 

Sebenarnya masih banyak makanan khas Maluku yang enak dan lezat, tapi kami bagikan beberapa kuliner khas Maluku di atas terlebih dahulu. Menurut sobat masakan khas Maluku paling maknyus dari daftar diatas apa ya?

Makanan Khas Maluku Populer yang Enak Lezat dan Mantap | admin | 4.5