Makanan Khas Makassar Paling Terkenal, Jangan Dilewatkan

Saat berada di Jakarta, berjajar warung yang menjajakan makanan khas Makassar Sulawesi Selatan. Kok bisa ya, kuliner khas Makassar malah banyak ditawarkan di Jakarta. Ada beberapa makanan asli Makassar memang yang sangat terkenal bukan hanya di sekitar Sulawesi Selatan saja tapi merambah hingga sampai ke seluruh Indonesia termasuk Jakarta. Makassar sejak dulu dikenal sebagai daerah yang kaya akan makanan. Mulai dari makanan ringan khas Makassar sampai makanan berat. Kalau sobat sedang berkunjung kesana dan mencari oleh-oleh khas Makassar, tidak perlu bingung dan tidak perlu ragu untuk jalan-jalan di sekitar Makassar. Sobat akan menemukan oleh oleh dari Makassar asli, baik makanan seperti kue khas Makassar maupun barang barang unik.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai makanan khas Makassar. Meskipun berada di sebelah timur wilayah Indonesia, Makassar merupakan kota yang cukup terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Tidak salah memang karena di Makassar tersedia beragam fasilitas yang mendukung untuk pariwisata seperti Bandar Udara berkelas internasional yaitu Bandar Udara Hasanuddin. Di Makassar juga terdapat Pelabuhan besar yaitu Pelabuhan Makassar. Daripada penasaran dengan kuliner Makassar, yuk kita simak bersama apa saja Makanan Khas Makassar

Makanan Khas Makassar Paling Terkenal dan Enak

1. Coto Makassar

Makanan khas Makassar Coto Makassar

Coto Makassar mendapat nomor satu untuk kategori makanan khas Makassar paling terkenal dan enak. Kalau di Jawa ada makanan namanya soto, meskipun hampir sama suku katanya namun dari bentuk dan rasanya, coto Makassar memiliki cita rasa unik yang khas dan pasti enak. Coto Makassar adalah makanan tradisional Makassar yang terkenal, buktinya di kota-kota besar dan kota kecil di Indonesia tersedia warung coto makassar. Apa yang istimewa dari coto Makassar sehingga menjadi hidangan yang populer sekarang ini?

Baca juga: Makanan Khas Surabaya

Jawabannya tentu saja pertama karena rasanya. Coto Makassar memiliki rasa yang lezat dan pas dengan lidah masyarakat Indonesia. Kedua karena tampilan Coto Makassar yang sangat menarik sehingga mengundang untuk segera menikmatinya. Ketiga, Coto Makassar berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Kalau yang berlemak memang sangat menarik dan mengundang selera orang untuk makan. Bahan dasar berupa daging dan jeroan sapi tadi direbus terlebih dahulu, selanjutnya diiris-iris lalu diberikan bumbu khusus yang terbuat dari jintan, mrica, ketumbar yang disangrai, bawang putih, lengkuas, serai, kacang tanah disangrai, air jeruk nipis dan penyedap rasa. Ini mungkin yang membedakan antara Coto Makassar dengan soto pada umumnya yaitu adanya kacang tanah yang disangrai

2. Sop Konro dan konro bakar

sop konro Makanan Khas Makassar Bugis Sulawesi SelatanSatu lagi makanan khas Makassar yang tidak boleh ditinggalkan saat sobat berkunjung ke Makassar atau mau menikmati makanan khas Bugis yaitu Sop Konro. Berbahan utama iga sapi yang masih dibalut daging dan lemak,  itulah mengapa dinamakan dengan konro, yang artinya iga. Namun bahan utama bisa juga diganti menggunakan daging sapi saja. Ke khasan Sop Konro selain dari bahan utama yang digunakan adalah kuahnya yang berwarna kehitaman.

Warna hitam pada kuah konro karena berasal dari klewek sebagai bumbunya. Selain itu terdapat bumbu rempah lain seperti lengkuas, kayu manis, jahe, kapulaga, kunyit, asam jawa, kemiri, jinten dan ketumbar. Itulah yang membuat sop konro memiliki rasa yang istimewa.

Jika sobat mau menikmati Sop Konro kering yang tanpa kuah bisa, nama sajiannya adalah konro bakar. Dagingnya tidak dimasak berbarengan dengan kuah sop konro, namun dibakar terlebih dahulu baru kemudian disiram dengan kuah lezat sop konro. Biasanya makanan tradisional Makassar Sulawesi Selatan ini disajikan bersama lontong khas makassar (buras) atau nasi hangat.

3. Pallu basa

Makanan Khas Makassar Sop Pallu BasaMakanan Khas Makassar selanjutnya yang paling terkenal dan enak adalah Pallu basa. Pallu basa adalah masakan khas Makassar yang mirip dengan sop namun berbahan utama daging sapi dan jeroan sapi. Ciri ciri makanan khas Makassar memang berbahan dasar daging dan jeroan. Sop Pallu Basa memiliki rasa santan yang kental dan adanya kelapa sangrai yang diparut sehingga aroma yang dikeluarkan sangat lezat dan menggoda selera makan. Biasanya Pallu basa disajikan dengan sepiring nasi. Untuk tambahan sobat juga bisa menambahkan dengan kuning telur ayam kampung mentah ke kuah sop pallu basa yang masih panas, pasti enak.

4. Mie Titi

mie titi kuliner makanan khas makassar sulawesi selatanBerbeda ketika menyantap Mie pada umumnya yang disajikan secara basah dan kenyal. Salah satu makanan khas Makassar Sulawesi Selatan ini memiliki gaya yang unik dalam penyajian mie. Sebelum disajikan, masakan khas Makassar ini akan di goreng hingga kering terlebih dahulu, baru kemudian disiram kuah kental yang terbuat dari telur dan sayur. Nama makanannya adalah “Mie Titi”.

Baca juga: Makanan Khas Bali Yang Wajib Dicoba

Saat ini penyajian mie titi telah mengalami modifikasi dengan menambahkan beberapa pelengkap seperti bakso, sosis, daging ayam dan udang. Sejarah awal mula Mie Titi berasal dari seorang keturunan Tionghoa yang telah lama tinggal di Makassar. Sebelumnya Mie Titi hanya dimasak untuk keperluan keluarganya namun lambat laun, sajian mie titi ternyata enak dan digemari masyarakat sekitar. Sehingga semakin lama mie titi menjadi terkenal hingga sekarang.

5. Pisang Epe

Kalau tadi kita berbicara masakan khas Makassar yang berkuah dan berbahan dasar daging, sekarang waktunya membahas kue khas Makassar. Pertama adalah pisang epe, merupakan makanan kecil khas Makassar yang rasanya manis. Bahan utama untuk membuat pisang epe adalah pisang raja atau bisa juga dengan pisang kepok/ kapok. Kata epe artinya dijepit sebab saat proses pembuatannya pisang harus dijepit terlebih dahulu setelah dipanggang. Rasa manis dari pisang epe karena dalam penyajiannya, pisang pangga epe disantap bersama dengan saus gula merah, tentu rasanya manis kan.

7. Es Palu butung

Selain kue, ada juga minuman khas Makassar yang cukup terkenal dan memiliki rasa yang nikmat. Es Palu Butung namanya minumannya. Penampilannya hampir mirip dengan es pisang ijo, karena sama-sama menggunakan pisang sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan bubur sumsum. Perbedaannya kalau es pisang ijo pisang dibungkus dulu dengan kulit dan dikukus baru kemudian dipotong dan dicampur dengan bubur sumsum. Kalau Es palu butung tidak, pisang langsung dikukus dan dipotong potong baru kemudian dicampur dengan bubur sumsum. Rasanya semakin nikmat dan segar karena ada es dingin di dalamnya dan sirup coco pandan yang manis.

7. Sarabba

Sarabba Minuman khas MakassarMakanan khas Makassar Sulawesi Selatan selanjutnya yang kami ulas adalaah Sarabba, bukan sarapan ya. Katanya kalau mau sehat, minum satu gelas sarabba, tubuh akan hangat dan segar serta kuat. Apa yang membuat sarabba menjadi minuman yang menyehatkan? Coba kita telusuri apa saja bahan untuk membuat sarabba. Beberapa bahan rempah asli Indonesia menjadi bahan untuk membuat sarabba, seperti jahe, merica, pala, dan kayu manis. Selain itu adanya kuning telur di dalamnya membuat sarabba sekaligus menjadi jamu. Makin nikmat lagi karena ditambah dengan gula merah dan santan. Coba saja rasakan khasiatnya, sobat akan merasakan lebih bugar dan sehat setelah minum Sarabba.

8. Jalangkote

jalangkote oleh oleh khas MakassarMakanan khas Makassar terakhir yang akan kami bahas adalah Jalangkote. Jika melihat tampilan Jalangkote ternyata sangat mirip dengan pastel, namun Jalangkote pasti memiliki keunikan tersendiri. Jalangkote sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Makassar. Bahan utama Jalangkote adalah wortel, daging, kentang, telur, tauge dan soun lalu dibungkus dengan kulit Jalangkote. Menikmati jalangkote akan makin mantap jika menggunakan saus cabai.

 

Pasti setelah baca artikel makanan khas Makassar ini sobat makin penasaran dengan berbagai kuliner khas Makassar. Hampir semua makanan daerah Makassar Sulawesi Selatan ini menggunakan campuran rempah rempah asli Indonesia dan rasanya juga maknyus alias enak. Meskipun ada yang menjual di kota kota lain, tapi tetap saja oleh oleh khas Makassar harus sobat bawa kalau berkunjung ke Makassar, semoga bermanfaat.

Makanan Khas Makassar Paling Terkenal, Jangan Dilewatkan | admin | 4.5