Makanan Khas Lampung Yang Enak dan Lezat

Mau tahu makanan khas Lampung yang enak dan lezat, yuk baca artikel ini. Bagi sobat penggemar kuliner khas Indonesia, jangan sampai melewatkan kuliner khas Lampung. Meskipun berada satu pulau dengan Palembang dan Aceh ataupun Medan yaitu Pulau Sumatera, namun tetap saja antara makanan khas Palembang atau Aceh juga Medan, masakan Khas Lampung tetap punya ciri tersendiri dan punya keistimewaan masing-masing. Apalagi dengan hasil unggulan Lampung yaitu Pisang, tentu saja mempengaruhi berbagai olahan makanan tradisional Lampung maupun dengan resep yang modern.

Jika dilihat dari orang-orangnya, masyarakat Lampung adalah masyarakat yang memiliki jiwa sosial tinggi. Mereka senang sekali berkumpul dan bersilaturahim baik dengan keluarga inti, keluarga jauh maupun dengan tetangga. Seringkali pada acara-acara seperti itu dihidangkanlah berbagai makanan khas Lampung. Mau tahu apa saja kuliner Lampung yang enak dan lezat? yuk kita ulas bareng-bareng.

Makanan Khas Lampung Paling Enak dan Lezat

1. Seruit

seruit makanan khas Lampung Paling Enak

source: kulinerlampunggeh.blogspot.com

Seruit adalah makanan khas Lampung yang dibuat dari bahan utama ikan yang dibakar. Setelah dibakar, selanjutnya dilumuri dengan sambal terasi khas Lampung. Untuk menambah nikmat rasa makanannya, ditambahkan dengan tempoyak dan buah mangga. Pasti enak dan aneka rasa, ada ikan bakar, sambal sekaligus buah mangga. Beberapa ikan yang biasanya digunakan sebagai bahan utama seruit seperti ikan baung, balide, ikan layis.

2. Geguduh

Makanan khas Lampung ini cocok untuk dijadikan cemilan saat santai. Apalagi rasanya manis dan gurihnya sangat menggugah selera. Geguduh nama kue khas Lampung ini dan terbuat dari buah pisang, buah yang paling banyak ditemukan di Lampung dan telah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Tidak seperti keripik pisang Lampung, Geguduh dibuat dari pisang yang telah dihaluskan. Untuk membuat geguduh cukup mudah dan sangat mungkin untuk dibuat dirumah. Siapkan saja pisang yang telah dihaluskan sampai lembut, susu, tepung terigu, dan selai. Cara membuat geguduh adalah pertama dengan mencampurkan tepung pisang dan tepung terigu, aduk sampai rata lalu campurkan susu dan selai lalu bentuk sesuai selera sobat dan goreng hingga matang, mudah bukan.

3. Tempoyak

tempoyak the delicious food from lampung indonesia

Ikan Patin Tempoyak

Makanan khas Lampung selanjutnya adalah tempoyak. Bagi sobat yang hobi makan durian atau makanan olahan durian, sepertinya wajib mencoba tempoyak. Durian yang biasa digunakan sebagai bahan utama tempoyak adalah durian dengan kualitas super dan telah matang. Biji durian dibuang dan selanjutnya difermentasi kurang lebih 2 sampai 5 hari. Setelah proses fermentasi selesai, durian hasil fermentasi bisa diolah lebih lanjut dengan ikan teri atau mujair atau ikan mas. Bisa juga untuk bahan sambal khas Lampung.

Source: Makanan Khas Padang Yang Harus Dicoba

4. Gulai Taboh

gulai_taboh_makanan tradisional asli lampungGulai taboh adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari kacang-kacangan dan umbi umbian. Masakan khas Lampung ini diolah dengan kuah santan kemudian ditambahkan dengan kacang hijau dan kacang tanah ataupun dengan jenis kacang lainnya. Bahan lain yang ada di gulai taboh adlaah rebung dan kentang. Mungkin rempah atau bahan ini jarang digunakan pada olahan masakan daerah lain, namun berbeda dengan kuliner khas lampung ini, menggunakan daun sirih sebagai salah satu rempahnya. Kalau sobat berkunjung ke Lampung, jangan sampai terlewat untuk mencoba gulai Taboh.

5. Umbu

umbu lampung buat makanan enakKalau di Jawa, makanan yang menggunakan pucuk pohon kelapa sebagai bahan utamanya atau disebut dengan umbut. Makanan khas Lampung ini terbuat dari rotan muda sehingga masih sangat lunak dan gurih, namanya adalah umbu. Pengolahan umbu dan umbut tentu berbeda, kalau umbut biasanya dibuat seperti gulai atau gudeg jogja, sementara umbu dibuat makanan berupa osengan ada juga yang menjadikannya sebagai lalapan. Keberadaan umbu sebagai masakan khas Lampung sendiri sudah mulai jarang karena keberadaan rotan yang mulai berkurang.

6. Engkak

engkak kuliner khas lampung

source: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Engkak menjadi sajian kuliner khas Lampung yang bisa sobat pilih sebagai menu penutup makan sobat. Makanan khas Lampung ini berbahan dasar telur dan mentega yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bertekstur agak lembek. Biasanya engkak disantap oleh masyarakat Lampung pada pagi hari. Kalau soal rasanya, makanan tradisional Lampung ini rasanya manis, karena ada campuran gula pasirnya.

7. Gabing

gabing makanan khas lampung enak gan

source: idntimes.com

Makanan khas Lampung ini tergolong unik dan jarang ditemukan di daerah lain, sebab bahan yang digunakan adalah batang pohon kelapa. Pasti sobat kaget kalau mendengar bahan utamanya ternyata batang pohon kelapa, bagaimana jadinya nanti masakannya ya. Tapi tenang sobat, ternyata batang pohon kelapa yang digunakan adalah yang masih muda sehingga masih sangat lunak untuk diolah menjadi makanan maupun dimakan. Gabing di Lampung disajikan dengan kuah khasnya yang menggunakan banyak bumbu asli Indonesia. Rasa Gabing ya perpaduan antara manis dari batang pohonnya dan gurih gurih gimana dan juga kuahnya yang lezat. Mau mencoba kuliner Lampung ini sobat?

Baca juga: Makanan Khas Bandung Yang Terkenal dan Enak

8. Panggang Lampung

panggang makanan khas lampung

source: wikipedia.org

Ada yang heran yang ya dengan nama makanan panggang? Kalau dalam bahasa Indonesia panggang adalah suatu kata kerja yang artinya aktivitas memanggang/ membakar sesuatu di atas bara api. Memang seperti itu makanan khas Lampung ini yaitu Panggang. Karena proses pengolahanya diasap atau dipanggang makanya dinamakan dengan Panggang. Panggang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya yang kemudian di asap di atas bara api. Proses pemanggangan dilakukan sampai ikan matang. Setelah matang bisa langsung dimakan atau sebagai bahan makanan lain seperti sayur panggang.

9. Keripik Pisang Lampung

Keripik-Pisang-oleh oleh khas lampung

source: indonesia.gunadarma.ac.id

Sebagai daerah penghasil Pisang terbesar di Indonesia, tidak salah memang kalau Lampung memiliki beragam makanan olahan berbahan dasar pisang. Seperti halnya dengan keripik pisang Lampung yang menjadi primadona Lampung. Selain itu, kripik pisang ini juga bisa menjadi oleh oleh khas Lampung. Berbeda dengan keripik pisang kebanyakan, keripik pisang Lampung memiliki rasa yang khas juga beraneka rasa yang bisa sobat pilih dan nikmati. Variasi rasa keripik pisang lampung seperti rasa coklat, rasa manis, asin, susu, moka, keju dan strawberry.

10. Sambal Asam Kembang

sambal khas lampung terkenal enak yenyen

source: klikhotel.com

Selain berbagai makanan khas Lampung yang berkuah sebagai lauk atau makanan utama, Lampung juga memiliki sambal khas. Nama sambal khas Lampung tersebut adalah sambal asam kembang. Mungkin sobat akan mengira sambal asli Lampung ini terbuat dari asam, nyata bukan. Sambal asam kembang dibuat dari terasi yang dicampur dengan buah kemang (seperti mangga) muda. Rasanya mantab dan pastinya lezat, apalagi jika disantap bersama kuliner Lampung lainnya, tambah nikmat tentunya. Sambal khas Lampung juga menjadi salah satu oleh oleh khas Lampung yang bisa sobat bawa pulang ke kota asal.

11. Keripik Nangka

Makanan khas Lampung terakhir yang akan kami ulas adalah keripik nangka. Jika sobat sedang mencari oleh oleh khas Lampung selain keripik pisang, ada lagi makanan ringan Lampung yang bisa juga dijadikan oleh oleh yaitu keripik nangka. Dibandingkan dengan keripik pisang Lampung, sepertinya sama saja, sama sama enak maksudnya. Sobat bisa menemukan keripik pisang di outlet penjualan oleh oleh dari Lampung.

Meski terletak di ujung timur Pulau Sumatera, ternyata Lampung juga memiliki banyak sekali makanan yang enak enak. Makanan khas Lampung semuanya enak dan lezat pasti sobat akan suka kalau mencobanya. Mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan sobat.

Makanan Khas Lampung Yang Enak dan Lezat | admin | 4.5