Makanan Khas Jogja Yang Harus Dicoba Sekarang

Yogyakarta atau orang sering menyebut hanya dengan Jogja saja, memang satu daerah yang memiliki beragam makanan khas. Makanan khas Jogja memiliki ciri khas dengan rasa manisnya. Namun begitu ada juga beberapa kuliner di Jogja yang tidak memiliki atau hanya sedikit rasa manisnya. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan, banyak perguruan tinggi berdiri di kota ini baik yang negeri seperti UGM dan UNJ maupun swasta seperti UII dan Amikom Jogjakarta. Tidak heran tempat makan di Jogja juga tidak jauh jauh dari areal kampus.

Harga makanan di Jogja pun tergolong murah dan memang pas untuk kantong mahasiswa. Makanya selain memiliki tempat wisata di Jogja yang menarik dan indah, Jogja juga sangat cocok untuk sobat yang mau berwisata kuliner. Ada banyak tempat wisata kuliner di Jogja. Cari saja di sepanjang jalan tempat makan enak di Jogja, pasti bakalan ketemu.

Bagi sobat yang sedang jalan-jalan di Jogja, rasanya rugi kalau belum pernah mencicipi satupun makanan khas Jogja. Apalagi bagi sobat yang sudah lama tinggal di Jogja masa tidak mencoba satu saja kuliner Jogja yang enak dan lezat. Atau malah belum tahu apa saja makanan khas Jogja? Supaya tahu apa saja kuliner di Jogja dari dulu hingga sekarang, yuk kita ulas bersama.

Makanan Khas Jogja Yang Harus Dicoba

1. Gudeg Jogja

Gudeg Jogja Makanan Khas Jogja Paling Enak

Gudeg Jogja adalah ikon bagi Yogyakarta, makanya sebutan Jogja juga sebagai kota Gudeg. Gudeg Jogja adalah sejenis sayuran yang terbuat dari nangka muda yang diolah menggunakan santan dan gula jawa untuk rasa manisnya. Biasanya gudeg jogja disajikan menggunakan telur atau ayam yang diolah dengan santan juga. Walaupun tanpa ayam atau telur pun gudeg jogja pun sangat nikmat disantap bersama dengan sepiring nasi putih. Atau sobat malah bisa nambah menjadi 2 piring nasi. Bagi yang mau mencoba membuat masakan khas Jogja ini, baca artikel Resep Gudeg Jogja Paling Nikmat.

Bagi yang mau menjadikan gudeg jogja sebagai oleh oleh khas Jojga, sekarang sudah ada gudeg jogja kaleng. Jadi sobat tidak perlu repot membawa gudeg jogja beserta dengan panci-pancinya.

2. Bakpia

bakpia pathok kuliner makanan khas jogja

source:anekatempatwisata.com

Oleh oleh khas Jogja yang sering kali dibawa oleh para wisatawan adalah Bakpia. Kenapa bakpia menjadi makanan khas Jogja paling favorit untuk oleh oleh ya? Lihat saja sejarah bakpia. Konon, bakpia berasal dari negeri China dan namanya disana adalah Tou Luk Pia yang berarti kue pia kacang hijau. Sentra produksi bakpia yang paling terkenal dan terlama di Jogja ada di daerah Pathok Gunung Kidul. Ternyata selain memiliki tempat wisata di Jogja yang menarik, Gunung Kidul juga menjadi pusatnya bakpia ya.

Bakpia Pathok sudah diproduksi lebih dari setengah abad yang lalu, mungkin setelah Indonesia merdeka, sudah lama banget ya. Meskipun saat awal produksi, peminatnya baru sedikit tapi semakin lama bakpia semakin dikenal oleh masyarakat. Sekarang pun bukan hanya rasa kacang hijau saja yang diproduksi, ada rasa keju, rasa coklat, koko pandan, vanilla dan lain-lain.

3. Yangko

yangko makanan kuliner khas jogjaBentuknya kotak, berwarna warni ada yang putih, ada yang agak kecoklatan, ada yang hijau ada juga yang merah. Rasanya manis dan jika ditekan agak kenyal tapi tidak lengket. Itulah yangko, salah satu makanan makanan khas kota Yogyakarta. Bahan utama untuk membuat yangko adalah tepung beras ketan. Yangko sebenarnya merupakan modifikasi dari kue moci Jepang, namun sangat berbeda ya dengan kue moci Jepang. Itulah istimewanya kuliner khas Indonesia. Sekarang yangko memiliki rasa yang bervariasi seperti durian, strawberry dan melon. Bagi yang penasaran dengan cara membuat yangko, silahkan datang ke Kotagede Yogyakarta.

4. Geplak

geplak makanan khas jogja

source:republika.co.id

Makanan khas Jogja selanjutnya adalah Geplak. Seperti halnya kuliner Jogja lainnya, Geplak juga memiliki rasa manis. Geplak erbuat dari daging kelapa yang diserut panjang-panjang kemudia dibentuk menjadi bulatan-bulatan lalu dilumuri dengan gula pasir atau gula jawa. Geplak banyak diproduksi di daerah Bantul Yogyakarta. Awalnya geplak hanya dibuat dengan satu macam warna saja yaitu putih, namun sekarang dimodifikasi menjadi beberapa warna dan rasa. Bagi sobat yang sedang berwisata di Jogja, geplak sangat pas dijadikan sebagai oleh oleh khas Yogyakarta.

Baca Juga: Makanan Khas Semarang Paling Enak

5. Kue Kipo

kue kipo makanan khas jogja paling enak

source:okezone.com

Apalagi coba makanan unik dari Yogyakarta? Ini nih, namanya kue Kipo. Katanya sih, dinamakan dengan kipo karena banyak orang yang menanyakan kue nama kue itu dengan “iki opo” yang artinya “ini apa”. Akhirnya penyebutnya nama untuk kue khas Jogja ini adalah kipo, kepanjangan dari iki opo. Kipo berasal dari Kotagede Jogjakarta, ukuran kecil, mungkin hanya sebesar jempol orang dewasa. Cara memasaknya adalah dengan cara dipanggang.

Bahan utama untuk membuat kue kipo adalah kelapa parut sebagai isi (enten enten) dan tepung beras ketan (kulit luar). Seperti halnya makanan Jogja lainnya, kipo juga berasa manis karena isi/ enten enten dicampuri dengan gula jawa.

6. Tiwul

tiwul kuliner khas jogja

source:ragamkuliner.com

Tiwul memang lekat dengan masyarakat Indonesia, terutama bagi para orang tua yang pernah merasakan penjajahan. Tiwul menjadi makanan yang sangat lazim pada masa penjajahan karena ketersediaan bahan makanan lain seperti beras tidak ada. Bahan utama untuk membuat tiwul adalah singkong yang telah dikeringkan kemudian dihaluskan. Tiwul dimasak dengan cara di kukus. Saat ini tiwul menjadi salah satu makanan khas Jogja dan memiliki cita rasa yang sangat enak. Penyajiannya menggunakan menggunakan parutan kelapa dan bisa ditambah dengan gula merah atau lauk yang lainnya.

7. Jadah Tempe

jadah tempe makanan khas jogja

source:cerdasspiritual.blogspot.com

Berwisata di kota Gudeg Jogjakarta rasanya tidak lengkap kalau tidak menikmati Jadah Tempe. Masakan khas Jojga ini merupakan makanan yang sudah lama ada dan menjadi kuliner Jogja yang juga terkenal. Jadah tempe tempe terbuat dari beras ketan yang dibuat menjadi kotak- kotak dan ada campuran sedikit kelapa. Jadah tempe disajikan bersama dengan tempe atau tahu bacem. Tentu saja perpaduan rasa yang dihasilkan sangat nikmat. Bagi yang mau menikmati jadah tempe asli dari Jogja, silahkan datang ke Kaliurang dan mampir ke warung jadah tempe mbah Carik.

Silahkan tinggal dipilih saja sobat, makanan khas Jogja yang menurut sobat paling cocok dilidah. Mungkin ini saja artikel kuliner jogja yang dapat kami sajikan, lain kesempatan akan kami tambahkan kembali tempat wisata kuliner di Jogja

Makanan Khas Jogja Yang Harus Dicoba Sekarang | admin | 4.5