15 Makanan Khas Banyumas Yang Wajib Anda Tahu

Banyumas, satu daerah yang lekat dengan logatnya yang ngapak selain memiliki daerah wisata Baturaden ternyata juga memiliki berbagai makanan khas yang lezat dan Indonesia banget. Oleh karena itu pada postingan makanan khas Jawa Tengah, salah satu makanan khas banyumas juga kami tampilkan yaitu mendoan. Mendoan memang menjadi salah satu primadona makanan di Purwokerto Banyumas. Terbuat dari tempe yang lain dari yang lain, karena bentuknya yang lebar dan lebih tipis dan dalam proses memasaknya tidak sampai kering. Dan yang membuat lezat lagi adalah sambalnya. Rasanya antara manis, asin dan pedas bergabung menjadi dan saat dicocol ke dengan mendoan, rasakan kelezatannya. Mendoan juga bisa disantap bersama dengan cabe rawit, tapi tetap tidak mengurangi kelezatannya malah memiliki cita rasa berbeda ketika menyantap dengan cabe rawit.

Mendoan khas banyumas paling enak dan lezat

Selain Mendoan, makanan banyumas lain yang cukup di kenal dan menjadi perbincangan menarik dan menggiurkan bagi penduduk lokal Banyumas maupun bagi para pelancong. Apa saja..mari kita simak

1. Soto Sokaraja

soto sokaraja makanan khas banyumas

Soto Sokaraja adalah salah satu kuliner khas Banyumas yang hanya bisa ditemui dan dirasakan kenikmatan di daerah Sokaraja Banyumas. Walaupun di beberapa daerah ada juga soto sokaraja, namun tetap saja soto asli sokaraja Banyumas ini tidak bisa dikalahkan dengan yang lain.

2. Klanting/ Lanting Bumbu

Mungkin bagi yang pernah naik kereta api tahun sebelum tahun 2012, ada ciri khas ketika kereta memasuki Stasiun Purwokerto yaitu tawaran pedagang asongan yang menjajakan lanting bumbu. Ya, Banyumas memang identik dengan lanting bumbu. Ada juga yang menyebutkan lanting bumbu dengan kelanting. Lanting bumbu adalah makanan khas banyumas yang terbuat dari singkong yang diparut dan diperas airnya dan kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu lalu digoreng hingga berubah warna. Sobat harus nyobain makanan kecil khas ini, karena enak dan gurih. Tidak hanya cocok untuk cemilan, tapi juga pas sebagai sajian untuk tamu. Lanting bumbu banyak dijajakan di toko-toko oleh di Purwokerto. Baca Juga: Makanan Khas Jawa Barat

3. Nopia

nopia kue khas banyumas

Hampir sama dengan lanting yang biasanya dijajakan di kereta dan tempat strategis lain, nopia menjadi makanan khas banyumas Jawa Tengah paling laris selanjutnya. Bentuknya unik, cara membuatnya juga unik. Bagaimana tidak unik cara membuatnya, proses pematangan nopia bukan dengan digoreng atau dikukus, tapi di panggang di tungku khusus dengan cara ditempel di dinding tungku yang dipanasi dengan bara api. Bahan utamanya adalah tepung terigu yang diisi dengan gula jawa/ kacang/ coklat. Tinggal pilih sesuai dengan selera.

4. Getuk Goreng Sokaraja

getuk-goreng-sokaraja-makanan jajanan khas banyumas

Makanan khas Banyumas Jawa Tengah selanjutnya adalah getuk goreng sokaraja. Berbeda dengan getuk-getuk pada umumnya yang dibuat dengan hanya menguleni bahaln-bahan yang terbuat dari singkong kemudian dicetak menggunakan cetakan khusus, getuk goreng perlu dua kali proses pembuatan. Pertama dengan mengukus bahan-bahan utama yaitu singkong pilihan. Kemudian singkong yang sudah dikukus dilumatkan bersama dengan gula jawa. Campurkan juga dengan tepung terigu dan tepung beras . Bentuk menjadi kotak-kotak kecil. Proses selanjutnya adalah dengan menggoreng hingga aromanya harum dan berubah warna. Getuk goreng ini memiliki cita rasa yang khas yaitu paduan manis gula jawa dan singkongnya. Jika sobat mau, silahkan datang ke pusat getung goreng di daerah Sokaraja Banyumas.

5. Jenang Jaket

jenang jaket makanan khas banyumas purwokerto jawa tengah

Makanan khas Banyumas satu ini tergolong unik karena namanya jaket, tapi bukan berarti dari jaket beneran ya. Jika di Jakarta ada roti buaya untuk acara kawinan, di Banyumas Jenang Jaket adalah satu kuliner wajib yang ada di acara nikahan. Mersi adalah satu daerah yang terkenal dengan jenang jaketnya. Disana sobat bisa mendapatkan jenang yang baru matang atau bisa juga melihat bagaimana cara membuatnya. Rasanya? jelas enak, paduan antara kekenyalan dan manis gula jawa asli.

6. Keripik

keripik tempe makanan jajanan khas banyumas

Satu oleh-oleh wajib yang harus sobat bawa dari Banyumas adalah keripik. Keripik terbuat dari tempe yang diiris tipis kemudian dilumuri dengan tepung lalu digoreng hingga kering sehingga ketika dimakan akan terasa sekali, kriyik-kriyiknya.

7. Cimplung

cimplung makanan khas banyumas

Satu lagi makanan khas Banyumas yang wajib sobat cicipi, yaitu cimplung. Cimplung adalah makanan khas olahan Banyumas yang hanya bisa bisa dilakukan oleh mereka para pembuat gula jawa. Sebab cara membuatnya dengan merebus bahan utama cimplung yaitu singkong atau dawegan (kelapa muda) ke dalam rebusan air nira kelapa (badeg). Rasanya tentu saja manis, manis alami gula jawa.

8. Kraca

kraca makanan khas banyumas

Jangan kaget, ketika bulan puasa di Banyumas ada makanan yang banyak di jual di warung selain kolak atau bubur, makanan itu adalah kraca. Kraca adalah sejenis keong sawang yang kecil-kecil kemudian diolah sedemikian rupa sehingga bisa bercita rasa istimewa. Dalam pengolahannya bumbu yang paling mencolok adalah adanya batang sereh, sehingga aroma akan terasa sangat harum. Dimakan dengan cara di cucup (di sedot dengan mulut). Cocok untuk menu buka puasa.

9. Tomplo/Templek

Tomplo adalah gorengan atau makanan kecil khas Banyumas Jawa Tengah. Tomplo ini dibuat dari ranjem (sisa perasan ampas tahu) kemudian dilumuri dengan tempu yang telah dicampur dengan bumbu mendoan, kemudian digoreng. Tomplo bisa dimakan sendiri atau bersama nasi.

10. Kluban

Namanya kluban, bukan uban. Bagi yang sudah pernah makan urap (sayur urap), kluban nyaris sama dengan sayur urap. Sama terbuat dari sayur yang telah direbus kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui dan diberi sambel. Bedanya adalah pada pengolahan parutan kelapa. Kalau urap, dimasak terlebih dahulu, kalau kluban langsung dicampur dengan sayur. Tapi rasanya lezat banget sobat.

11. Gesret

Kembali lagi dengan makanan yang terbuat dari singkong, yaitu gesret. Prosesnya yaitu singkong yang telah dibersihkan, kemudian digesret/ diparut dengan parutan khusus sehingga bentuknya panjang seperti mi kwetiau, namun panjangnya mungkin hanya 5 cm. Setelah itu gesretan dicampur dengan gula jawa dan bumbu lain, kemudian dikukus. Gesret disajikan dengan dipotong-potong persegi dan ditaburi dengan parutan kelapa.

12. Jalabia

jalabia makanan khas banyumas

Jalabia terbuat dari singkong yang diparut kemduian dibentuk menjadi lingkaran seperti donat. Kemudian digoreng hingga mengambang. Jalabia cocok dijadikan sebagai makanan ringan saat senggang, bisa dimakan hangat ataupun dingin.

13. Intil

Satu lagi makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong yaitu intil. Proses pembuatan intil agak mirip dengan pembuatan jalabia. Namun parutan yang digunakan adalah parutan halus. Hasil parutan singkong kemudian diperas dan dicampur dengan gula jawa dan bumbu lainnya. Kemudian singkong dikukus hingga matang. Jika sudah matang intil bisa dijadikan sebagai pengganti nasi namun rasanya manis..

14. Kepok

Apakah sobat pernah makan lupis medan? Kepok hampir sama dengan lupis medan, sama-sama terbuat dari beras ketan yang diproses seperti membuat nasi kemudian di bentuk menggunakan mangkuk kemudian ditaburi dengan parutan kelapa yang ditaburi garam secukupnya.

15. Tegean

Tegean adalah sayuran bening khas banyumas. Isinya bermacam-macam sayuran biasanya ada kubis, kentang, wortel, sawi, bayam, muncang, seledri dan taburan bawang goreng yang diracik menggunakan bumbu khusus sehingga menjadi sayuran yang enak dan lezat. Ada juga yang mencampurkannya dengan irisan daging sapi/ krewedan atau juga dengan daging ayam. Ada juga yang membuat tegean dengan dicampur dengan mi bihun.

Okeh, mungkin itu saja artikel tentang makanan khas Banyumas Jawa Tengah yang dapat kami tampilkan. Sebenarnya masih ada beberapa makanan lain yang dapat ditemui di Banyumas, namun hanya 15 itu dulu, semoga bermanfaat.

15 Makanan Khas Banyumas Yang Wajib Anda Tahu | admin | 4.5