Khasiat dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Hidup sehat dengan mengambil manfaat teh hijau sekarang sudah semakin banyak digemari. Sejak ditemukannya teh hijau sebagai salah satu varian teh ternyata berdampak besar terhadap dunia kesehatan. Apalagi sejak diketahui jika manfaat dan khasiat teh hijau ternyata Segudang. Sebut saja yang sudah sangat umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah untuk untuk menjaga kebugaran tubuh. Itu hanya satu dari sekian manfaat teh hijau.

Pasti ada yang bertanya atau malah yakin kalau teh hijau berwarna hijau. Okeh, bisa saja dugaan sobat benar jika teh hijau berwarna hijau, tapi saat masih dipohonnya. Menurut wikipedia, teh hijau adalah daun teh segar yang dipetik dari kebun teh tanpa melalui proses pemanasan seperti teh pada umumnya sehingga tidak terjadi oksidasi. Dengan proses pengeringan secara alami, kandungan zat yang berguna bagi tubuh menjadi tetap terjaga.

khasiat manfaat teh hijau untuk kesehatan

source: kompas (shutterstock)

Sebelum terkenal di Indonesia dan negara-negara lain di dunia termasuk negara barat, teh hijau lebih dahulu populer di China, Jepang dan kawasan Asia Timur lainnya seperti Hongkong dan Taiwan. Di Jepang sendiri terdapat bermacam-macam varian teh hijau antara lain Gyokuro, Matcha, Sencha, Genmaicha, Kabusecha, Bancha, Hōjicha dan Kukicha.

Di Indonesia sendiri berbicara manfaat teh hijau, terdapat nama yang cukup terkenal dan terpercaya sebagai brand teh hijau. Namanya adalah teh hijau kepala jenggot. Manfaat teh hijau kepala jenggot untuk diet cukup dikenal dan banyak juga yang mengkonsumsinya meskipun rasanya cukup pahit.

Kandungan Penting Dalam Teh Hijau

Apa sebenarnya kandungan di dalam hijau sehingga memiliki kegunaan yang cukup beragam. Tentu saja kandungan antioksidan yang bisa mencegah penyakit seperti kanker.

1. Katekin (Polifenol)

Ketekin adalah golongan fenol dan termasuk polifenol teh atau sering disebut katekin yang merupakan zat unik sebab tidak seperti katekin pada tanaman lain. Kandungan Katekin pada teh hijau tidak bersifat menyamak dan pada proses pencernaan tidak ada berpengaruh buruk. Manfaat teh hijau banyak dipengaruhi oleh zat katekin karena zat ini yang memiliki manfaat sebagai antimikroba, antiradiasi, menghambar pertumbuhan sel kanker, antioksidan, memperkuat pembuluh darah dan melancarkan sekresi air seni. Zat Katekin ini juga yang merupakan kelompok utama yang paling berpengaruh pada sifat seluruh komponen teh dan substansi teh hijau

2. Flavanol

Flavanol komposisinya mirip dengan katekin. Zat yang termasuk katekin diantaranya kaemmferol, quersetin, dan mirisetin. Flavanol juga termasuk antioksidan dan memiliki kemampuan mengikat logam. Pada flavanol akan semakin bertambah sifat antioksidannya dengan semakin bertambahnya gugus hidroksil dalam cincin A dan B.

3. Protein dan Asam-asam Amino

Daun teh hijau memiliki kandungan protein yang berfungsi dalam pembentukan aroma teh. Dalam proses pelayuan, protein-protein yang terdapat pada daun teh akan berubah menjadi asam amino.  Kandungan protein dan asam amino bebas pada daun teh sekitar 1,4 – 5 % dari berat kering daun. Timbulnya aroma khas teh karena asam amino, karbohidrat dan katekin bergabung membentuk senyawa aromatis.

4. Vitamin

Manfaat teh hijau yang beraneka ragam bisa jadi karena di dalamnya terdapat banyak vitamin, antara lain vitamin A, C, K, B1, dan B2. Berbeda dengan vitamin yang lain, Vitamin C sangat peka terhadap oksidasi. Oksidasi vitamin C dipacu oleh adanya suhu yang tinggi.

5. Klorofil dan Zat Warna yang Lain

Berkualitasnya teh hijau tergantung dari bagaimana warnanya. Warna teh hijau sendiri ditentukan oleh zat yang disebut dengan klorofil. Klorofil dan zat pewarna pada daun teh, memberi kontribusi 0,019% dari seluruh berat kering daun.

6. Zat Zat Lain

Zat zat lain yang terdapat pada daun teh seperti karbohidrat, pektin, alkaloid, asam organik, resin dan mineral. Cukup banyak mineral yang disimpan oleh daun teh yaitu natrium, kalium, kalsium, magnesium, flour, seng, mangan, cuprum, dan trace mineral.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat teh hijau agar sobat punya alasan kuat untuk minum teh hijau. Atau segera pengin merasakan khasiat teh hijau:

1. Membantu Program Diet

manfaat teh hijau untuk diet

source: buletinsehat.com

Kandungan polifenol pada teh hijau berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas sekaligus untuk penyerapan lemak tubuh. Polifenol bekerja dengan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga makanan akan dengan cepat diubah menjadi kalori dan penurunan berat badan pun akan lebih mudah diperoleh. Sobat bisa menggunakan fungsi hijau guna mendapat manfaat teh hijau untuk diet. Untuk diketahui, teh hijau memberikan pengaruh yang besar dalam membakar kalori tubuh. Diperkirakan setiap cangkir teh hijau (150 ml) bisa membakar 25 hingga 30 kalori. Cobalah untuk meminum teh hijau secara secara rutin dalam beberapa minggu untuk mendapatkan hasil. Padahal hanya dengan minum teh hijau, apalagi jika ditambah dengan aktivitas lain seperti olahraga, dapat menghasilkan penurunan yang signifikan.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan Dengan Diet OCD

2. Menurunkan risiko kanker

Berbabagai penelitian serta studi memberikan petunjuk bahwa orang yang sering minum teh hijau punya peluang lebih rendah mengidap kanker jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi teh hijau. Penyebabnya adalah adanya kandungan antioksidan di dalam minuman teh hijau yang dapat melawan radikal bebas penyebab timbulnya sel kanker. Ini mengapa teh hijau bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat teh hijau untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker kolorektal atau kanker usus besar.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Serangan jantung menjadi momok yang menakutkan sekarang ini. Orang yang kelihatannya sehat bisa saja terkena serangan jantung secara tiba-tiba. Untuk pencegahan penyakit jantung, sebaiknya sobat coba mengkonsumsi teh hijau. Khasiat teh hijau dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Minum teh hijau berefek pada antioksidan dalam darah akan bertambah sehingga kolesterol baik dalam darah akan tersimpan. Dengan begitu kolesterol jahat menjadi berkurang sehingga risiko penyakit jantung akan berkurang

4. Menurunkan risiko diabetes tipe II

Berbagai studi menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, yang akan membantu menurunkan kadar gula darah. Teh hijau sangat baik untuk penderita diabetes tipe II dan bahkan sebagai langkah pencegah.

5. Baik untuk kesehatan gigi

Manfaat minum teh hijau juga baik untuk meningkatkan kesehatan gigi. Teh hijau mengandung katekin yang dapat menghambat plak dan virus di mulut. Padahal penyebab sakit gigi yang paling sering adalah plak gigi. Makanya kalau sobat rajin minum teh hijau bisa mencegah kerusakan gigi dan infeksi mulut. Disamping itu, teh hijau ternyata berguna untuk mengurangi bau mulut.

6. Menurunkan risiko penyakit alzhaimer’s dan parkinson’s

Minum teh hijau secara rutin memiliki efek positif bagi perlindungan pada neuron sehingga akan melindungi otak dalam jangka panjang. Oleh karena itu bisa menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, diantaranya alzheimer’s dan parkinson’s.

Agar manfaat teh hijau lebih terasa, agar tidak susu ke minum teh hijau, sebab dapat mengurangi kerja antioksidan pada tubuh. Minum teh hijau memang paling baik dengan mengkonsumsinya tanpa campuran apapun. Namun rasanya cukup pahit dalam keadaan murni, bagi sobat yang kurang suka dengan rasa pahit bisa menambahkan beberapa sendok madu alami. Demikian artikel mengenai khasiat dan manfaat teh hijau bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Khasiat dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan | admin | 4.5