Inilah Penyebab Sesak Nafas, Bukan Hanya Gejala Penyakit Jantung Loh

Sesak nafas adalah kondisi atau keadaan seseorang kesulitan untuk bernafas (bernafas adalah mengambil oksigen di alam dan mengeluarkan karbondioksida). Penyebab sesak nafas muncul bisa disebabkan karena berbagai hal. Ada mengatakan bahwa sesak nafas sebagai satu gejala dari penyakit jantung. Apalagi akhir-akhir ini dengan seringnya informasi yang memberitakan orang terkena serangan jantung mendadak dengan gejala awal sesak nafas. Padahal berbagai hal bisa menyebabkan sesak nafas, penyakit asma dan Alergi pun bisa menjadi menjadi salah satu penyebab sesak nafas.

Jika sobat pernah melihat film everest yang menceritakan tentang pendakian ke gunung everest, dimana pada ketinggian tertentu oksigen akan menipis sehingga dibutuhkan bantuan oksigen dalam tabung untuk membantu bernafas. Itu sebagai suatu cara agar dapat dengan mudah bernafas diudara dengan oksigen tipis. Resikonya jika tidak membawa tabung oksigen, tentu akan terjadi sesak nafas yang dapat membahayakan pendaki.

Lihat Juga: Obat Kanker Alami

Dari sekian banyak penyebab sesak nafas, sangat mungkin untuk mengkategorikan menjadi beberapa jenis penyebab sesak nafas.Penyebab Sesak Nafas selain gejala Penyakit Jantung

Penyebab Sesak Nafas Yang Harus Diketahui

1. Penyakit dan Gangguan Kesehatan

a. Flu

Influenza adalah salah satu penyakit yang seringkali menjangkiti seseorang pada saat kondisi badan tidak fit. Hal karena adanya aktivitas virus influenza menyababkan produksi lendir dalam paru-paru berlebih sehingga keluar dalam bentuk ingus. Ketika gangguan influenza muncul, seringkali jadi penyebab sesak nafas saat tidur bagi anak-anak balita. Namun antara sesak nafas atau kesulitan bernafas pada anak saat flu, perlu dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis anak agar lebih akurat.

b. Alergi

Seseorang yang menderita alergi dapat serta merta atau tiba-tiba mengalami sesak nafas. Bisa saja karena ada debu yang beterbangan disekitarnya dan dia tidak tahu padahal dia mengidap alergi debu, sehingga dapat menjadi penyebab sesak nafas tiba-tiba. Sebaiknya bagi sobat yang menderita alergi, apapun itu alerginya, selalu gunakanlah masker.

c. Asma

Seperti asal katanya dari bahasa Yunani, asma adalah penyakit sulit bernafas. Seseorang yang menderita penyakit ini pada saat tertentu akan kesulitan bernafas. Gejala yang paling umum dari penyakit asma adalah sesak nafas. Namun bisa juga disertai dengan gejala-gejala lain seperti batuk dan suara mengi (bengek). Penyakit asma ini yang menjadi salah satu faktor terbesar penyebab sesak nafas pada seseorang. Menurut penelitian, asma bisa menyerang siapa saja, tidak ada batasan umur. Penyebab sesak nafas oleh penyakit asma adalah adanya penyempitan saluran pernafasan.

Lihat Juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

d. Pnemunomia

Pnemunomia atau paru-paru basah adalah suatu keadaan dimana paru-paru seseorang dipenuhi oleh cairan, sehingga proses pengambilan dan pengeluaran oksigen oleh paru-paru akan terganggu. Hal ini lah yang menyebabkan seseorang terkena pnemunomia akan sesak nafas dan kesulitan untuk bernafas. Timbulnya cairan di dalam paru-paru karena adanya infeksi oleh bakteri gram negatif haemophilus influenzae dan pseudomonas aeruginosa. Gejala bila terkena pneunomia mirip dengan penyakit jantung, bronkitis, influenza, TBC.

e. Kanker Paru-Paru

Adanya sel-sel yang tumbuh secara tidak terkontrol di dalam paru-paru dinamankan kanker, sangat mungkin menyebabkan seseorang penderita kanker paru-paru mengalami sesak nafas. Penyebab paling umum timbulnya kanker paru-paru adalah paparan dalam jangka waktu yang lama pada asap tembakau. Bagi para perokok aktif sangat mungkin untuk terkena kanker paru-paru. Sebagai catatan, para perokok 80-90% dapat terjangkit kanker paru-paru, sementara yang bukan perokok 10-15% dari angka kasus kanker paru-paru.

f. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Penyebab sesak nafas ditinjau dari segi penyakit dan gangguan kesehatan berikutnya adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Penyakit Paru Obstruktif Kronik/ Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronik adalah sejenis penyakit paru obstruktif yang ditandai dengan keterbatasan aliran udara yang kronis. Pada penyakit ini terjadi hambatan aliran udara yang bersifat progresif dan berhubungan dengan respons inflamasi paru.

g. Gangguan Jantung

Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, aritmia jantung atau serangan jantung dapat diawali dengan gejala berupa sesak nafas, disamping dengan rasa sakit di dada sebelah kiri. Timbulnya sesak nafas disebabkan karena gangguan fungsi pompa jantung saat mengisi dan memompa darah dari paru-paru, sehingga terjadi penumpukan darah di paru-paru akibatnya tekanan pembuluh di paru-paru meningkat menyebabkan fungsi paru-paru terganggu sehingga terjadilah sesak napas.

h. Tuberkulosis

Tuberkolosis atau lebih dikenal dengan TBC adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium Tuberkulosis yang dapat menyerang bagian tubuh mana saja, dan yang umum dikenal  sebagai TBC adalah yang menyerang pada paru-paru. Dan biasanya mereka yang diserang adalah manusia produktif dengan rentang usia antara 15 sampai dengan 35 tahun. Ciri yang umum dari penyakit ini adalah batuk disertai dengan bercak darah, sesak nafas, nafsu makan jauh berkurang dan penurunan berat badan secara drastis. Sesak nafas sebagai satu gejala awal pendeteksian penyakit TBC karena pada saat bakteri TBC mulai menginfeksi paru-paru maupun saluran yang terhubung ke sana sangat mempengaruhi sistem pernapasan. Pada keadaan itu dapat memunculkan sesak napas disertai nyeri dada dan jika dilakukan pemeriksaan dengan rontgen maka akan terlihat flek yang menandakan kerusakan di jaringan paru-paru.

Penting diketahui: Cara Menurunkan Berat Badan 4 Kilo

i. Asam Lambung

Munculnya asam lambung dapat menjadi penyebab sesak nafas. Ketika asam lambung meningkat, perut terasa penuh dan lambung akan menekan ke diafragma sehingga difragma pun menekan ke paru-paru. Sehingga keadaan paru-paru yang tertekan menyebabkan munculnya sesak nafas. Sesak nafas yang seperti ini sering menimpa mereka yang menderita magh.

j. Tekanan Darah Rendah

Jangan pernah remehkan tekanan darah rendah atau animea, meskipun terkesan remeh dan penanganannya juga menyenangkan karena makan enak. Namun efek dari animea adalah dapat menyebabkan sesak nafas. Munculnya sesak nafas pada penderita darah rendah karena adanya gangguan aliran darah yang menuju otot jantung.

k. Sinusitis

Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Pada rongga sinus dapat peradangan atau inflamasi yang disebut dengan sinusitis. Terjadinya peradangan pada sinus sering disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga virus. Semua orang bisa terkena penyakit sinusitis, anak, orang dewasa atau orang tua. Orang yang memiliki penyakit sinusitis dapat menderita sesak nafas. Penyabab sesak nafas terjadi akibat oksigen yang tidak dapat keluar dan masuk dengan sempurna di paru-paru karena tertahan oleh banyaknya cairan/lendir di kerongkongan.

2. Faktor Lingkungan

kondisi ruang berasap penyebab sesak nafasSelain dari faktor dalam diri seseorang, faktor dari luar juga dapat menjadi penyebab sesak nafas. Udara yang dingin dan lembab dapat menyebabkan sesak nafas. Apalagi pada kondisi lingkungan yang berasap dan berdebu, sangat mungkin seseorang menderita sesak nafas. Selain itu, adanya aktivitas alam yang tidak pernah kita tahu juga dapat menyababkan sesak nafas.

Zat-zat yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuh seperti karbon dioksida, karbon monoksida yang dari warna dan aroma tidak dapat dideteksi, dapat menjadi penyebab sesak nafas tiba-tiba. Banyak kasus yang terungkap dari meninggalnya seseorang dalam mobil karena menghirup udara yang mengandung banyak karbon monoksida. Padahal karbon monoksida mengakibatkan darah tidak bisa mengikat oksigen.

3. Fisik dan Mental 

Ketika kondisi mental tidak stabil, sehingga emosi tidak dapat dikendalikan ternyata dapat memicu sesak nafas. Meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat, marah dan emosi yang memuncak dapat menguras energi yang cukup besar akibatnya nafas tersengal-sengal. Begitupun bagi orang yang melakukan aktivitas berat seperti berlari atau mengangkat beban yang berat, dapat memicu sesak nafas. Jangan pernah abaikan juga ketika tubuh kurang cairan, segeralah minum. Sebab berkurangnya cairan dalam tubuh dapat meningkatkan kekentalan cairan di paru-paru dan saluran pernafasan, akibatnya nafas pun terganggu karena sesak nafas.

Dari berbagai penyebab sesak nafas yang sudah kami sebutkan diatas, perlu sekali mengetahui hal-hal yang menjadi ihwal penyebab muncul sesak nafas. Dan dari gejala seperti sesak nafas juga bisa dideteksi secara dini tentang gangguan pada tubuh.

Inilah Penyebab Sesak Nafas, Bukan Hanya Gejala Penyakit Jantung Loh | admin | 4.5