Ini Perbedaan Freezer, Fridge dan Showcase

Apa perbedaan Freezer, Fridge dan Showcase? Dizaman serba canggih ini, lemari es atau orang biasa menyebut dengan kulkas adalah sebuah kebutuhan dan bukan lagi sebuah kemewahan. Memiliki kulkas dianggap sebagai hal yang wajar karena memang sudah menjadi suatu hal yang harus ada di rumah. Apalagi dengan harga kulkas yang semakin bersaing, berbagai merek lemari es memberikan penawaran harga lemari es mereka dengan persaingan yang ketat. Beberapa merek terkenal masih menawarkan harga lemari es di atas 1 juta namun ada juga yang berani mematok di bawah harga 1 juta.

Lemari es sangat berguna untuk menyimpan dan mempertahankan keawetan bahan makanan, sayuran, daging, roti, kue agar tidak mudah busuk ataupun layu. Mulai untuk kebutuhan rumah tangga, warung, pertokoan, sekolah hingga rumah sakit serta hampir seluruh bidang membutuhkan lemari es. Meskipun kebanyakan orang mengetahui hanya ada satu jenis teknologi lemari es yaitu fridge/ lemari es biasa, namun saat ini terdapat 3 macam teknologi lemari es yaitu fridge atau lemari es biasa, freezer dan showcase. Bagi yang belum tahu seperti apa fridge, freezer dan showcase, berikut kami tampilkan gambar contohnya.

Gambar Fridge atau lemari es biasa

Contoh Gambar Fridge

contoh gambar freezer

contoh gambar freezer

contoh showcase

contoh gambar showcase

Pada setiap jenisnya memiliki sifat dan karakteristik tersendiri, agar lebih jelas apa saja perbedaan antara freezer, fridge dan showcase, mari kita simak ulasannya.

Perbedaan Freezer, Fridge dan Showcase

1. Bentuk Fisik

Perbedaan fridge, freezer dan showcase yang pertama adalah dilihat dari bentuk fisiknya. Bentuk fisik freezer ada macam yaitu chest freezer atau freezer box dan deep freezer. Freezer memang lebih terkenal dan familier di dengar karena fungsi freezer adalah untuk membekukan makanan, membuat batu es dan lain-lain. Perbedaan antara deep freezer dan chest freezer ada pada ukuran dan letak pintunya. Jika deep freezer memiliki ukuran yang lebih tinggi, sedangkan chest freezer memiliki bentuk atau ukuran yang melebar. Dari segi pintunya, deep freezer dibuka dengan pintu depan, sementara chest freezer dibuka dari atas.

Fridge atau lemari es biasa, terdapat dua macam bentuk yang terletak pada bagian pintunya yaitu 1 pintu ataupun 2 pintu. Pintu yang lebih banyak mengindikasikan memiliki ukuran yang lebih banyak.

Dari bentuknya showcase dibuat tranparan dengan tutup atau pintu dibagian depannya. Biasanya pintu showcase dibuka dengan cara ditarik. Umumnya showcase digunakan di toko, supermarket maupun pasar swalayan untuk menjajakan makanan yang akan dijual seperti es krim, minuman dingin dan lain-lain.

2. Tingkat Suhu Maksimal Pendinginan

Perbedaan selanjutnya antara fridge, freezer dan showcase adalah tingkat suhu maksimal untuk pendinginan. Tujuan digunakannya freezer adalah untuk membekukan makanan, tidak heran jika suhu pendinginan maksimal yang bisa dicapai oleh freezer bisa mencapai -28 derajat celcius. Pasti sangat dingin dan apapun makanan yang masuk ke freezer pasti akan beku dan perlu waktu untuk menormalkannya kembali.

Berbeda dengan freezer, fridge yang memang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga hanya memiliki tingkat suhu pendinginan maksimal mencapai 0 derajat celcius. Dengan suhu pendinginan maksimal hanya 0 derajat celcius, sayuran akan tetap awet dan dapat langsung digunakan untuk dimasak. Begitupun dengan makanan, akan lebih awet dan tidak basi serta lebih cepat untuk dikonsumsi.

Karena memang tujuannya untuk menyimpan barang-barang/ makanan yang akan di display sehingga orang akan tertarik dan membeli showcases didesain dengan suhu maksimal yang bisa menyimpan makanan tetap awet. Yaitu pada kisaran suhu antara 0 sampai dengan 10 derajat celcius. Perbedaan lain dengan fridge, showcase mampu mencapai tingkat pendinginan maksimal lebih cepat 2 kali lipat dibanding fridge.

3. Kapasitas dan Pengaturan Letak Barang

Perbedaan yang terakhir adalah dilihat dari kapasitas dan pengaturan letak barangnya. Siapakah yang paling besar kapasitas penyimpanannya diantara fridge, freezer atau showcase? Jawabannya adalah showcase yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dibandingkan dengan lainnya. Tentu karena showcase memang didesain untuk menyimpan banyak barang/ makanan sehingga lebih menghemat. Disamping itu pada showcase juga terdapat sekat-sekat yang bisa memisahkan jenis barang/ makanan satu dengan yang lainnya, namun sekatnya sedikit saja berbeda dengan kulkas biasa/ fridge.

Freezer mendapat rangking ke dua setelah showcase, memiliki kapasitas yang cukup luas untuk menyimpan dan membekukan makanan. Bentuknya yang melebar serta cara membukanya dari atas, sangat memudahkan untuk menata makanan lebih rapi sehingga barang yang disimpan/ dibekukan bisa lebih banyak.

Lemari es biasa atau fridge, memiliki bentuk yang lebih efisien dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena fridge dibuat untuk menyimpan berbagai macam makanan dengan berbagai macam sifat dan karakter. Fridge atau lemari es biasa memiliki banyak sekat yang bisa dipakai untuk banyak macam barang namun dengan kapasitas yang lebih kecil.

Itulah beberapa perbedaan antara fridge, freezer dan showcases. Meskipun masih satu jenis atau satu rumpun namun memiliki cukup banyak perbedaan.

Ini Perbedaan Freezer, Fridge dan Showcase | admin | 4.5