Ini Makanan Khas Padang Yang Wajib Dicoba

Makanan khas Padang adalah makanan yang ada di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Loh, koq bisa? Coba saja jalan-jalan disekitar tempat tinggal sobat, pasti ketemu dengan rumah makan Padang. Dan hampir di setiap kota di Indonesia berdiri rumah makan Padang. Tentu saja makanan yang dijajakan di sana sebagian besar adalah masakan khas Padang. Meskipun makanan khas Minang ini berasal dari Pulau Sumatera, tapi tetap saja cocok untuk semua lidah Indonesia, termasuk kita-kita ya..hehehe

Apa sebenarnya rahasia masakan Padang sehingga rasanya begitu dicintai dan menggoda? Ciri khas Masakan Padang adalah Pedas dan bersantan, coba saja beli satu bungkus nasi padang di warung padang dan yang wajib ada adalah daun singkong kukus, kuah santan yang super nikmat dan sambel hijau khas Minang yang pedas tapi maknyos. Ciri khas lain dari makanan padang adalah bumbu yang kaya rempah. Kayaknya semua bumbu dimasukin ya seperti kunyit, bawang, serai yang membuat segar dan tentu saja kelapa (santan). Meskipun tersusun atas berbagai macam rempah yang berbeda-beda rasanya dan aroma tapi ketika tersaji menjadi makanan, waw… sangat nikmat untuk disantap. Tidak heran jika ada satu Masakan Padang Paling Enak di dunia, dia adalah RENDANG. Rendang pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN.

Makanan Khas Padang Sumatera Barat

1. Rendang

Makanan khas padang daging rendang pasti enak

Rendang memang nendang, ungkapan pertama yang cocok untuk makanan khas Padang satu ini. Rasanya sudah mendunia, jadi apalagi yang mau diragukan dengan kelezatan dan kenikmatannya. Pengolahan dagingnya dalam menghasilkan sajian rendang memang patut diacungi jempol. Daging sapi yang tadinya alot, dengan proses memasak yang sangat unik ini menghasilkan daging yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna ke dalam daging. Tidak heran rendang menjadi salah satu masakan terpopuler di dunia.

Rendang adalah makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi sebagai bahan utamanya kemudian dimasak dengan kuah santan dan bumbu rempah khas Padang lainnya. Menyantap daging rendang ataupun kuah rendang sangat nikmat jika disandingkan dengan sepiring nasi hangat. Apalagi jika ditambah dengan segelas es teh pasti menjadi satu hidangan yang super nikmat.

2. Ikan Balado

ikan balado paling keren makanan khas padangMakanan khas Padang kali ini adalah Balado. Balado adalah sebutan sambal khas Padang. Menyantap masakan Padang tanpa di dampingi dengan sambal balado tentu ada ketidaksempurnaan. Sebab satu ciri khas masakan Minang adalah adanya sambal balado ini. Seperti sambal-sambal pada umumnya, sambal balado juga terbuat dari cabe merah, bawang merah, dicampur tomat, air jeruk nipis, gula dan garam. Agar rasanya lebih nikmat, biasanya sambal balado dicampur dengan ikan goreng atau pun dengan sayuran rebus. Rasanya yang cukup khas dengan pedas manisnya yang cukup tajam menjadikan makanan ini sangat nikmat disantap. Seperti halnya rendang, sambal balado juga menjadi favorit wisatawan dalam negeri dan mancanegara, terutama wisatawan Malaysia dan Singapura.

Baca Juga : Makanan Khas Medan Paling Digemari

3. Sate Padang

sate padang enak makanan khas padangSatu sajian unik makanan khas Indonesia adalah Sate Padang. Sate padang sangat berbeda dengan sate-sate pada umumnya, terutama bagi sobat yang terbiasa dengan sate jawa, seperti sate Solo (Perlu Dibaca: Makanan Khas Solo) atau Sate banaran di Banyumas (Salah satu makanan khas Banyumas). Makanan khas tradisional ini memiliki cara pengolahan yang khas dan rasa yang khas. Bumbu satenya yang berwarna kuning keemasan dan kental ini sangat mengundang selera, apalagi setelah disiramkan ke potongan sate,hem.. nikmat sekali. Mau kenapa saus sate Padang itu kental? Ternyata rahasianya adalah pada bahannya yaitu terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit (warna kuning), jahe (segar dan hangat), ketumbar, bawang putih, jinten, lengkuas akar, bubuk kari dan garam.

Yang unik lagi dari sate padang adalah dagingnya menggunakan daging sapi, bukan daging kambing atau daging ayam. Jadi buat sobat yang menghindari kambing, aman banget nih. Sate padang sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat, bisa dengan lontong ataupun dengan nasi.

4. Soto Padang

soto padang makanan masakan padang sumatera baratMakanan khas Padang populer lainnya selain rendang dan sambal balado adalah Soto Padang. Kepopulerannya memang patut diacungi jempol, sebab soto padang memiliki rasa khas yang sangat lezat. Bahkan saking populernya, sobat bisa menemukan soto padang dimanapun termasuk di restoran terkenal. Rahasia masakan padang ini sehingga memiliki cita rasa yang lezat adalah karena terbuat dari irisan daging sapi pilihan, yaitu hanya pada bagian has dalamnya saja yang dipilih. Kenyalnya pas sehingga tetap empuk dan nikmat. Mau menjadikan Soto Padang sebagai menu utama ataupun hidangan pembuka, bisa banget. Jadi cobalah soto Padang ini.

5. Dendeng Balado

keren masakan khas padang dendeng baladoDendeng adalah satu cara untuk mengawetkan daging sehingga tidak mudah busuk dan dapat disimpan hingga berhari-hari lamanya. Dendeng ini dibuat dengan mengiris tipis-tipis daing kemudian dikeringkan dengan cara dijemur ataupun dengan diasap. Pembuatan dendeng memang beralasan sebab sejak zaman dahulu masyarakat Minang sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh sehingga memerlukan persediaan makanan yang tahan lama.

Dendeng dapat dibuat balado sehingga dinamakan dengan dendeng balado, dimana dendeng akan dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah terutama dengan cabai merah yang paling dominan. Sebelum dimasak, dendeng harus direbus terlebih dahulu agar lebih lunak dan lebih mudah disantap.

6. Kalio Dagiang

gambar kalio dagiang makanan khas padang bangetMakanan khas Padang selanjutnya adalah Kalio Dagiang. Kalio adalah sebutan rendang yang dibuat setengah jadi dan warnanya masih kecoklatan, sementara warna rendang adalah coklat kehitaman. Bahan utama untuk membuat kalio daging adalah dibutuhkan bahan-bahan seperti daging sapi, ayam, hati sapi, jengkol dan limpa. Namun yang lebih sering digunakan untuk membuat kalio adalah  hati, jengkol, limpa, dan kentang disebabkan bahan bahan tersebut seringnya hancur saat di aduk dan akan menjadi keras saat sudah menjadi rendang.

Jika dibandingkan dengan rendang, tekstur kalio lengket dan basah dengan aroma harum karamel yang kuat, sedangkan rendang jauh lebih kering, kasar, dan beraroma rempah yang lebih tajam. Jika sobat menikmati rendang di Rumah Makan Padang di luar Sumatera Barat, bisa jadi itu Kalio sebab kalio memiliki waktu memasak yang lebih sedikit dibanding rendang. Sehingga memasak kalio daging jauh lebih praktis dan ekonomis. Nah lo, mana rendang yang asli ya…? Coba saja liburan ke Padang, jadi tahu mana rendang Asli dan yang bukan.

7. Gulai Paku

gulai paku makanan unik khas padang broTahu pohon pakis kan sobat? Itu loh pohon yang daunnya berbentuk seperti paku. Di Padang, Pakis bisa dijadikan makanan yang sangat lezat. Nama makanannya adalah gulai paku. Makanan khas Padang ini dimasak dalam saus kelapa dengan dibumbu bermacam-macam rempah seperti lengkuas, cabai dan jahe. Bagi yang belum pernah mencobanya mungkin akan terasa aneh, namun pasti akan ketagihan setelah mencicipinya.

8. Teh Talua

teh-talua minuman khas sumatera baratSetelah kami memberikan berbagai makanan khas Padang, kali ini adalah minuman khas padang. Namanya Teh Talua. Teh talua memiliki rasa yang sudah diakui di dunia. Teh talua diracik dengan menggunakan satu porsi teh yang dicampur dengan kuning telur ayam atau bebek. Agar lebih nikmat, dalam teh talua dapat ditambahkan dengan gula dan jeruk nipis.

9. Karupuak Sanjai

jajanan ringan makanan khas padangMakanan sudah, minuman sudah, sekarang tinggal cemilan. Makanan khas Padang yang berupa cemilan juga ada loh. Namanya Karupuak Sanjai, seperti nama India ya sobat. Karupuak Sanjai terbuat dari singkong (Budin/ boled) yang diparut, setelah diparut dibentuklah adonan dengan mencampur bumbu berupa garam. Setelah garam tercampur seluruhnya dan adonan yang sudah jadi digoreng.

Cemilan ringan dari Padang ini biasanya disantap bersama dengan makanan khas Padang lainya yang memiliki rasa yang berat. Sehingga kerupuk Sanjai ini menjadi penyeimbang rasa menu utama dan sekaligus dapat membangkitkan selera makan kita.

10. Itiak lado mudo

makanan khas padang itiak lado mudoItiak lado mudo adalah makanan khas bukittinggi yaitu bebek muda yang diolah menjadi gulai kemudian direndam dengan cabe hijau khas Bukittinggi. Sifat daging bebek yang alot dapat dengan mudah menjadi empuk dengan teknik pengolahan yang keren pada pembuatan itiak lado mudao. Caranya dengan merebus daging itik bersama dengan bumbu-bumbu dan cabai hijau selama hampir semalaman. Lamanya waktu menggodok membuat bumbu sangat meresap hingga daging, bau amis khas bebek pun menjadi hilang sehingga bagi sobat yang mau menyantap pasti terasa nikmatnya dan tidak membuat eneg. Dan uniknya karena cabai hijau yang digunakan banyak, bebek menjadi seolah-olah terbenam dalam cabe hijau. Cobain deh itiak lado mudo

11. Asam Padeh

asam padeh ini loh makanan khas padang enakAsam Padeh (Minangkabau) atau asam pedas adalah salah satu masakan khas Minangkabau yang memiliki rasa asam dan pedas. Ciri dari Asam padeh adalah kuahnya yang berasa pedas dan asam, kadang untuk menambah juga dilengkapi dengan sayur-sayuran. Asam padeh biasanya menggunakan bahan utama ikan-ikanan seperti ikan tongkol, tuna, kakap,  Ikan kembung, cumi-cumi dan gurami, selanjutnya ikan-ikan tersebut dibumbui dengan asam jawa (rasa asam), cabai (pedas), dan rempah-rempah lainnya.

Dulu, Asam Padeh populer di Sumatera dan di Semenanjung Melayu, namun seiring dengan semakin menyebarluasnya rumah makan Padang, Asam padeh pun juga ikut tersebar. Meskipun asalnya dari Padang, namun sekarang asam padeh juga menjadi salah satu makanan masyarakat Melayu dan Aceh dengan meskipun paduan bumbu-bumbu yang digunakan berbeda sesuai dengan daerah masing-masing. Jadi jangan sampai kelewatan deh menikmati makanan tradisional minang ini.

12. Pangek cubadak

masakan khas padang dari nangka Pangek cubadak Pangek Cubadak adalah makanan khas Padang daerah Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Sesuai dengan namanya cubadak yang artinya nangka muda dan pangek (gulai yang dimasak kering), makanan ini terbuat dari buah nangka muda yang digulai dengan santan kental. Memasaknya dicampur dengan berbagai bumbu seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kemiri, sereh, terasi, daun jeruk, dan santan. Jika Sobat mau menikmati lezatnya pangek cubadak, Sobat bisa luangkan waktu sejenak ke Situjuah yang terkenal karena pangek cubadaknya yang lezat.

13. Beras rendang/bareh randang

makanan khas padang jajanan beras-rendangPasti ada yang mengira beras rendang seperti rendang padang, padahal bukan loh. Beras rendang atau bareh randang merupakan makanan ringan asal Payakumbuh yang dibuat dari beras ketan kemudian direndang (disangrai) dan selanjutnya dihaluskan. Tepung beras yang sudah halus lalu dituangkan dengan campuran santan dan gula yang telah dimasak, kemudian diuleni setelah kalis lalu dituangkan ke dalam cetakan. Beras rendang ini memiliki rasa manis lembut dengan tekstur padat.

Bagaimana sobat, mau mencicipi makanan khas Padang yang mana dulu nih? Rendang, Asam Padeh, Soto Padang atau langsung mencoba semua? Langsung saja deh, cobain satu persatu, dari pada penasaran malah terbawa mimpi nanti.

Ini Makanan Khas Padang Yang Wajib Dicoba | admin | 4.5