Deteksi Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak Sebelum Terlambat

Deteksi Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak Sebelum Terlambat. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya dengan penderita yang semakin bertambah setiap tahunnya. DBD sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Agyptidan Aedes Albopictus. Dimana serangga tersebut menyebarkan virus dengue melalui gigitannya. Jadi, demam berdarah bukanlah penyakit menular seperti halnya flu.

Varietas nyamuk ini berkembangbiak di daerah yang padat penduduk dan lingkungan yang kumuh, yang kebanyakan didominasi oleh kota-kota besar dengan iklim lembap dan hangat. Problema penyakit dengue banyak ditemukan di negara-negara tropis seperti halnya Indonesia. Studi baru-baru ini menyebut bahwa ada sekitar 100 juta kasus demam berdarah setiap tahunnya.

ciri ciri demam berdarah

DBD atau Dengu hemorrhagc fever adalah komplikasi dari deman dengue. Salah satu yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat adalah jaringan penyakit ini yang semakin meluas, tanpa memperhatikan batas usia setiap orang.
Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di tahun 2013, terjadi 112.511 keluhan demam berdarah di 34 provinsi di Indonesia. Tercatat ada 871 penderita yang meninggal dunia. Sedangkan untuk tahun 2014, permasalahan ini mengalami penurunan. Hal ini dibuktikan dari perolehan data dari lapangan mencatat 71.668 kasus dengan 641 orang yang kehilangan nyawanya.

Baca juga: Virus Zika

Perolehan fakta diatas berhasil menempatkan Indonesia menjadi negara dengan penderita diabetes terbesar di Asia.
Mengingat penyakit ini tidak pandang bulu, artinya ada kemungkinan DBD menghampiri buah hati kita. Untuk itu, menggali informasi berkaitan dengan ciri-ciri demam berdarah pada anak tidak ada salahnya. Pengetahuan meliputi hal ini setidaknya akan membuat Anda lebih waspada dalam menjaga mereka. Selanjutnya, Anda pun bisa menerapkan beberapa hal untuk menjaga kesterilan rumah dari serangga ini.

Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Ciri-ciri demam berdarah pada anak dapat diprediksi sedini mungkin. Kuncinya Anda harus cermat dan tidak ceroboh. Pastikan anak mendapatkan penanganan dokter setelah diketahui menunjukkan gejala yang mengarah ke demam berdarah.
Berikut ini adalah ciri-ciri demam berdarah pada anak yang layak Anda jadikan referensi.

1. Demam tinggi

Anak akan dilanda demam tinggi mencapai 40 derajat celcius. Badan akan menggigil disertai panas dingin. Fase demam yang terjadi pada anak ini mempunyai grafik seperti kuda pelana. Hal inilah yang sering membuat orang terkecoh lantaran panas akan turun dengan sendirinya. Setelah demam kambuh lagi, barulah orang tua merasa kebingungan. Tahap ini berlangsung kurang lebih satu minggu.

2. Lemas dan lesu

Ciri ciri demam berdarah pada anak yang kedua ditandai dengan kondisi mereka yang tidak semangat. Jika biasanya mereka aktif bermain gemar berlarian kesana kemari, pada kondisi ini mereka cenderung lesu. Anda patut berhati-hati jika menemukan sinyal ini. Apalagi jika kode tersebut disertai dengan nyeri di bagian belakang mata, sakit kepala, dan wajah pucat.

3. Bintik-bintik merah

Meski ciri ciri demam berdarah pada anak ini tidak bisa dijadikan patokan, namun faktor ini menyumbang hampir 50 persen dari keberadaan DBD di dalam tubuh. Ruam pada anak disebabkan oleh infeksi virus dengue yang menghambat sistem pembekuan darah. Tanda lain yang juga bisa berupa mimisan atau muntah darah yang warnanya kehitaman.

4. Mual

Anak-anak yang terserang penyakit DBD akan mual-mual, nafsu makannya pun menurun. Jika pada orang dewasa hanya mual biasa, ciri-ciri demam berdarah pada anak terkadang diikuti dengan gatal pada telapak kaki dan batuk pilek.
Setelah mengupas detail pertanda demam berdarah yang menjangkit anak, upaya preventif yang bisa Anda lakukan ialah rutin membersihkan saluran air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk aedes. Selamat mengaplikasikan. Semoga bermanfaat.

Deteksi Ciri Ciri Demam Berdarah Pada Anak Sebelum Terlambat | admin | 4.5