Cara Merawat Helm Agar Tidak Bau dan Cepat Rusak Paling Mudah

Ini cara merawat helm agar dengan benar agar tidak bau dan cepat rusak paling mudah. Bagi pengendara sepeda motor, helm adalah barang yang wajib ada selain STNK dan SIM. Helm barang penting bagi pengendara motor untuk melindungi pengendara dari benturan. Karena kita tahu, kepala adalah bagian yang sangat penting bagi manusia dan sangat sensitif jika terjadi benturan. Makanya bagi pengendara motor ataupun yang membonceng jangan pernah melewatkan untuk menggunakan helm meskipun jaraknya dekat. Seperti halnya sepeda motor yang perlu perawatan rutin, begitu juga dengan helm agar tetap dalam kondisi bagus dan nyaman untuk digunakan sebaiknya dilakukan perawatan rutin.

cara merawat helm agar tidak bau dan cepat rusak

Source: motormobile.net

Tidak seperti merawat motor yang perlu tune up, ganti oli rutin, tidak begitu dengan helm karena bagian bagiannya yang cukup simpel dan tidak ribet. Meskipun sederhana ternyata masih banyak orang yang enggan merawat helm nya dengan rutin. Bahkan ada yang sudah bertahun tahun dari pertama kali membeli sama sekali belum pernah mencuci helmnya, seperti apa ya baunya? Atau ada yang mencuci helmnya seperti mencuci pakaian, dibuka satu persatu dan dijemur di bawah sinar matahari, tapi malah setelah dipasang kembali bagian-bagiannya, helm menjadi rusak. Agar helm tetap nyaman dipakai sehari hari sebagian dilakukan perawatan. Lantas bagaimana cara merawat helm agar tidak bau dan rusak?

Baca juga: Honda CB 150r Streetfire

Cara merawat helm paling Mudah Agar Tidak Bau dan Rusak

Oke langsung ke tahapan cara merawat helm berikut ini.

  1. Sediakan sabun cair, air, kanebo (lap lain bisa), diterjen, wax
  2. Bersihkan bagian luar helm atau batok helm menggunakan air dan sabun cair, jika sudah gunakan lap halus atau gunakan kanebo untuk mengeringkan
  3. Untuk membersihkan bagian dalam helm, gunakan diterjen untuk merendam.
  4. Rendam bagian dalam helm selama kurang lebih 15-30 menit.
  5. Setelah itu kucek kucek sampai semua kotoran keluar. Jika ada sikat gigi yang berbulu halus, gunakan untuk menggosok.
  6. Setelah bagian dalam helm bersih, peras dan jemur.
  7. Untuk menjaga agar batok helm tetap mengkilat jika bahannya glossy, gunakan wax untuk memperkilap.

Untuk menjaga helm agar tidak cepat rusak, dalam mengeringkan tidak menggunakan pemanas seperti heater atau heat blower, karena bisa melelehkan beberapa bagian helm yang terbuat dari plastik. Selain itu saat musim hujan atau ketika malam, setelah mencuci helm, sebaiknya helm dikeringkan dengan kipas angin dengan dianginkan atau ditaruh dibelakang Air Conditioner.

Cara Merawat Helm Agar Tidak Bau dan Cepat Rusak Paling Mudah | admin | 4.5