Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Mempunyai wajah cantik atau tampan pasti menjadi idaman setiap orang. Namun adakalanya hanya karena setitik noda yang muncul di wajah, akan dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri. Ya, itulah jerawat, walaupun ukurannya kecil namun terbukti sangat mengganggu penampilan dan keseharian sobat. Betul tidak? Pasti sebagian besar sobat menjawab ya. Dan sobat pasti juga pengin tahukan cara mengatasi jerawat dan apa saja obatnya? Di artikel kali ini kami akan membahas yaitu bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sekaligus. Cara yang akan kami bagikan adalah cara alami bukan dengan obat-obatan atau bahan kimia berbahaya sehingga akan aman untuk sobat. Bagiamana sebaiknya cara menghilangkannya apakah dengan cara cepat atau sebaliknya?

 

ini cara menghilangkan jerawat secara alami dan bekasnya

sumber:gosocio.co.id

Tidak dipungkiri memang banyak sekali produk-produk baik lokal maupun import yang memberikan jaminan bahwa jerawat akan segera hilang dengan memakai produk tersebut. Namun setelah digunakan ternyata di sana sini banyak terjadi keluhan dari para penggunanya. Ada yang wajahnya menjadi kusam atau bekas jerawat bukan hilang malah menjadi hitam.

Penggunaan obat jerawat secara alami memang sangat dianjurkan disamping aman untuk digunakan, biayanya pun cenderung lebih murah dan bahan-bahannya pun banyak terdapat disekitar tempat kita tinggal. Sebut saja dari tumbuh-tumbuhan seperti lidah buaya, ketimun, jeruk, apel, tomat, bawang putih dan daun jambu klutuk. Dari unsur hewani seperti putih telur. Beberapa bahan alami yang ada tersebut jumlahnya banyak dan murah, hanya saja perlu usaha sobat sendiri dalam meramu bahan-bahan tadi menjadi obat jerawat yang manjur dan mujarab.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Tidak mungkin secara tiba-tiba jerawat muncul wajah sobat. Beberapa hal dapat menjadi pemicu munculnya jerawat di wajah.

1. Kotoran

Kulit manusia mengandung pori-pori yang berfungsi sebagai alat sekresi bagi tubuh manusia. Ketika pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran, sehingga pori-pori tidak dapat memfungsikan dirinya sebagi sekretor dan akibatnya kulit menjadi membengkak terisi oleh nanah. Karena ukuran pori-pori yang kecil, benjolan yang tampakpun menjadi kecil, itulah yang terlihat sebagai jerawat diwajah. Lebih parah lagi jika tubuh memproduksi minyak secara berlebih, maka akan mempercepat timbulnya jerawat.

2. Minyak

Tidak melulu jerawat yang muncul di wajah sobat disebabkan karena kotoran, namun jerawat juga bisa timbul karena faktor dari dalam tubuh sobat sendiri. Minyak yang diproduksi melalui kelenjar yang terdapat di bawah kulit terlalu banyak sehingga saluran folikel rambut dan pori-pori menjadi tertutup. Kelebihan minyak inilah menjadi penyebab umum selain dari kotoran yang menempel diwajah.

3. Bakteri

Selain menimbulkan berbagai macam penyakit bagi manusia, bakteri juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah. Bakteri P.Acne tumbuh dan berkembangbiak pada daerah sumbatan kelenjar minyak (sebaceous). Bakteri tersebut tidak hanya beranakpinak namun juga memproduksi senyawa yang dapat membuat iritasi pada kulit wajah.

4. Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang tidak disertai dengan pembersihan secara baik dapat membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat yang lambat laun akan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

5. Obat

Jika sobat mengkonsumsi obat, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan yang ada pada obat tersebut. Karena pada beberapa jenis obat yang mengandung kortikosteroid dapat meningkatkan potensi pertumbuhan jerawat pada wajah.

6. Stres

Beban pikiran yang kadang menimpa seseorang sewaktu-waktu memang sangat merugikan kesehatan badan jika tidak dikelola secara baik. Stres bukan saja menimbulkan gangguan kecemasan namun kesehatan, salah satunya adalah jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Agar Tidak Muncul

Setelah mengetahui apa saja yang dapat menjadi sebab musabab mengapa jerawat di wajah sobat muncul, bisa diambil solusi bagaimana cara yang paling mudah mengatasi jerawat agar tidak muncul di wajah yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur. Bisa dengan membasuh muka setiap habis bepergian atau selau melakukan perawatan pada malam atau pagi hari. Mudah bukan?

Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Bagi sobat yang terlanjur sudah menempel jerawat di wajah, jangan takut. Anggap saja jerawat itu sebagai anugerah, sebagai anugaerah  tentu sobat akan tetap merasa senang dan percaya diri dan tidak perlu minder karena setitik jerawat di wajah. Fokus saja pada cara menghilangkannya bukan pada jerawatnya. Menghilangkan jerawat secara alami sangat mudah dilakukan dan tidak perlu biaya mahal. Sobat hanya tinggal membeli keperluan bahannya ditoko dekat rumah.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan khas daerah kering dan tandus. Kandungan lidah buaya antara lain polymannans, senyawa lektin, antrakuinon,dan  mannans asetat terbukti dapat menangkal pertumbuhan bakteri di dalam tubuh dan sebagai obat detoksifikasi alami. Lidah buaya memang ampuh mengatasi jerawat dengan berbagai senyawa tersebut. Caranya cukup simpel dan mudah yaitu dengan hanya mengoleskan gel lidah buaya ditempat jerawat tumbuh dan diamkan dahulu selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat. Menggunakan lidah buaya secara teratur untuk membersihkan wajah dapat menghilangkan jerawat beserta dengan flek hitamnya.

2. Madu dan Telur

Madu memang kaya manfaat, mulai dari bayi sampai dengan orang tua dapat merasakan manfaat dari madu. Bukanya hanya untuk sariawan, kekebalan tubuh dari penyakit, penambah nutrisi, madu juga dapat digunakan untuk penyembuhan jerawat dan bekas-bekasnya. Madu dikombinasikan dengan putih telur ayam kampung. Caranya dengan mencampurkan madu dan putih telur secukupnya dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga olesan madu telur mengering, lalu bersihkan dengan air hangat. Kandung protein dan asam amino yang ada pada telur dan madu ternyata cukup efektif mengangkat jerawat.

3. Kunyit dan Jeruk Nipis

Dengan mengkombinasikan antara kunyit dan jeruk nipis..hem, seperti apa rasanya ya sobat? Jangan tegang dulu, obat ini bukan diminum tapi dioleskan. Kunyit yang telah dihaluskan dicampur dengan perasan jeruk nipis dan tambahkan madu secukupnya kemudian oleskanlah pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 15-20 menit agar kandungan kunyit, jeruk nipis dan madu menyerap kotoran dan racun yang menyebabkan jerawat.

Selain dengan bahan-bahan di atas, cara lain yang cukup mudah namun kadang sulit untuk dilaksanakan adalah dengan beristirahat secara cukup. Jika sobat sudah membaca ulasan penyebab jerawat di atas, salah satunya adalah stres. Istirahat yang cukup dapat mengurangi stres sekaligus mengurangi jerawat di wajah.

Terakhir adalah hal yang paling agar jerawat benar-benar menghilang dari wajah dan bekasnya secara langsung adalah dengan membersihkan muka secara teratur.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami | admin | 4.5