Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut saat puasa? Puasa adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Lapar sudah pasti akan dirasakan oleh mereka yang berpuasa dan tidak terkecuali pula dengan munculnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya timbul bukan hanya saat puasa, pada hari-hari biasa juga sering kita merasakan mulut kita bau dan dengan mudah kita dapat menghilangkannya dengan menyemprotkan penyegar mulut ataupun dengan mengunyah permen karet untuk menghilangkan bau mulut. Beda ceritanya ketika berpuasa, tidak mungkin kita menghilangkan bau mulut saat puasa dengan makan permen karet atau dengan menyemprotkan penyegar mulut, bisa-bisa malah puasa kita batal.

cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Pentingkah menghilangkan bau mulut? Mungkin ada yang bertanya seperti itu, tentu saja sangat penting karena manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu berhubungan dengan orang lain dalam melakukan berbagai aktivitas kehidupan. Jika diri sendiri merasa bau mulut itu mengganggu dan tidak nyaman apalagi dengan orang lain yang sedang berbicara dengan kita pasti juga akan merasa terganggu. Masalah bau mulut kadang membuat orang menjadi tidak percaya diri untuk berhubungan dengan orang lain. Karena merasa tidak percaya diri dengan bau mulut, banyak yang lebih memilih diam daripada berbicara. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut saat puasa?

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Sebenarnya kondisi bau mulut saat puasa adalah hal yang wajar, seperti yang diungkapkan oleh ahli kesehatan Universitas Indonesia Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKgA (K), PhD, bahwa ada 3 faktor utama yang dapat menjadi penyebab bau mulut saat melakukan puasa.

1. Paru-paru dan saluran pencernaan

Paru-paru dan saluran pencernaan bisa menjadi penyebab bau mulut saat puasa karena paru-paru dan saluran pencernaan berhubungan langsung dengan mulut. Dan dimungkinkan terdapat radang atau infeksi di paru-paru dan di saluran pencernaan sangat erat dengan makanan yang kita makanan. Menurut penelitian, meskipun dalam keadaan puasa artinya saluran pencernaan kosong, cairan pencernaan akan tetap keluar. Hal tersebut akan sangat berdampak pada saluran pencernaan dan sangat mungkin menimbulkan bau busuk. Selain itu cadangan lemak yang ada di tubuh ketika berpuasa akan melepaskan bahan kimia yaitu keton yang kemudian terdorong keluar berbareangan dengan keluarnya nafas, oleh karena itu pada saat puasa mulut seperti menjadi lebih bau.

Baca Juga : Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

2. Kondisi Mulut

Di dalam mulut terdapat berbagai macam jaringan seperti gigi, lidah, dan lain lain. Mulut sebagai pintu pertama makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan sangat memungkinkan terdapat sisa makanan yang tertinggal dan tidak dibersihkan. Begitupun dengan kondisi mulut ada saatnya sehat, ada saat sedang bermasalah seperti sakit gigi, sariawan, gigi berlubang. Ketika sedang berpuasa, air liur yang mengalir di mulut akan berkurang intensitasnya akibatnya mulut kering. Kondisi ini ditambah dengan berkembangnya bakteri di lidah dan gigi akan membuat mulut menjadi bau.

3. Sinus Hidung

Menurut penelitian, 80-95% orang yang menderita bau mulut, mempunyai bau yang keluar dari mulut mereka. Namun jika bersamaan dengan bau tersebut, ternyata juga muncul bau yang keluar dari hidung, dimungkinkan keadaan ini berhubungan dengan sinusitis yaitu terjadi infeksi dan peradangan pada sinus. Sinus bisa disebabkan oleh virus atau alergi serta di beberapa kasus terkait dengan serangan asma. Ketika seseorang terkena sinusitis, sinus akan mengalami iritasi dan akan mulai memproduksi cairan kental dalam jumlah besar, hal ini yang menyebabkan nafas menjadi bau.

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Agar mulut lebih fresh saat menjalankan ibadah puasa sehingga sobat akan tampil percaya diri tampaknya perlu sekali mengetahui cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Yuk disimak ulasannya:

1. Jagalah kebersihan gigi dan mulut.

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, mulut adalah pintu pertama masuknya makanan ke dalam tubuh manusia. Berbagai sisa makanan sangat mungkin tertinggal terutama pada sela-sela gigi. Jika sisa makanan ini dibiarkan lama kelamaan akan membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menggosok gigi setelah makan baik waktu buka puasa maupun setelah sahur.

2. Memeriksakan Kondisi Mulut dan Gigi Secara Rutin

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang kedua adalah pemeriksaan rutin kondisi mulut dan gigi. Sebenarnya cara ini adalah untuk menghindari bau mulut baik saat puasa maupun tidak puasa. Sebab salah satu penyebab bau mulut adalah karena kerusakan gigi seperti gigi berlubang maupun karena sariawan. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Agar mulut tidak bau saatu puasa, sebaiknya lakukan pemeriksaan gigi dan mulut menjelang bulan Ramadhan.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat sangat direkomendasikan ketika berpuasa. Jika sobat mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas dimungkinkan saat puasa mulut akan bau. Cobalah untuk mengkonsumsi buah baik saat sahur maupun buka puasa. Sebagai informasi beberapa buah diketahui memiliki dampak positif untuk menghilangkan bau mulut saat puasa seperti wortel, apel, dan bengkuang. Jika sobat suka minum teh, sepertinya mengkonsumsi teh hijau juga sangat baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Menurut penelitian, teh hijau mengandung zat aktif yaitu catechin yang bermanfaat untuk menghilangkan plak. Disamping itu catechin juga dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Minum Banyak Air Putih

Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa sebaiknya penuhi kebutuhan cairan sobat ketika waktu makan yaitu antara waktu berbuka dan sebelum waktu sahur habis. Cairan yang baik yang dikonsumsi adalah air putih karena di dalam air putih sudah terdapat berbagai zat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi minimal 8 gelas air putih sehari tentu waktu antara buka dan sahur ya.

5. Konsumsi Yoghurt

Mengkonsumsi yoghurt sangat baik untuk kesehatan dan membantu pencernaan menjadi lebih baik. Yoghurt juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa karena dampak baik yang ditimbulkan pada saluran pencernaan oleh yoghurt.

Meskipun sedang puasa, tapi tetap harus selalu ceria dan percaya diri. Mudah-mudahan artikel Cara menghilangkan bau mulut saat puasa ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat. Selamat menjalankan ibadah puasa semoga lancar sampai akhir ramadhan.

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa | admin | 4.5