Cara Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Secara Cepat

Cara mengatasi sesak nafas saat hamil sangat diperlukan bagi mereka yang sering mengalami sesak nafas terutama bagi para Ibu hamil. Bagi kita-kita yang tidak pernah mengalaminya pun penting juga mengetahui bagaimana cara mengobati sesak nafas baik untuk Ibu hamil maupun pada penderita sesak nafas secara umum. Sebab, siapa tahu ada disekitar kita yang mengalaminya maka dengan segera kita bisa melakukan pertolongan kepada mereka yang memerlukan. Memang sesak nafas saat hamil seringkali terjadi, bahkan ketika kandungan baru berusia 4 bulan atau saat memasuki trimester kedua, beberapa ibu hamil sudah mulai merasakan sesak nafas.

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel lain disini, penyebab sesak nafas bisa terjadi karena banyak hal. Anemia adalah salah satu penyebab kenapa pada Ibu hamil sering terjadi sesak nafas. Pada Ibu hamil jumlah plasma akan bertambah hingga 3 kali lipat dari eritrosit sehingga mengakibatkan penurunan perbandingan hemoglobin dan hematokrit, inilah ikhwal anemia pada Ibu hamil. Itu mungkin salah satu penyebab, sebenarnya masih ada beberapa faktor yang menyebabkan sesak nafas pada Ibu hamil.Cara mengatasi sesak nafas saat hamil agar nyaman

Penyebab Sesak Nafas Saat Hamil

Selain animea, beberapa hal bisa mnejadi penyebab sesak nafas pada Ibu hamil.

1. Tertekannya Diafragma

Ibu hamil? yang terbayang pasti dengan perut besar dan membawa beban berkilo-kilo hingga bayi dilahirkan. Dari usia kehamilan muda janin akan terus bertumbuh dan tumbuh, sehingga akan semakin memenuhi ruangan di perut. Sebagai konsekwensinya lapisan diafragma sebagai batas antara perut dan rongga dada akan semakin terdesak keatas sehingga akan sedikit menekan rongga dada yang didalamnya terdapat paru-paru. Ini yang memicu tumbulnya sesak nafas pada Ibu hamil terutama pada kehamilan menginjak trimes ke 3.

2. Kebutuhan oksigen yang meningkat

Saat hamil, kebutuhan oksigen (O2) Ibu hamil akan bertambah hingga 25%. Oksigen sebagai zat yang sangat penting bagi metabolisme tubuh manusia. Dimana hasil metabolisme akan menjadi energi yang digunakan untuk beraktifitas dan juga tumbuh. Janin yang ada dalam tubuh Ibu hamil mendapatkan asupan makanan dan energi untuk tumbuh dari satu sumber. Sehingga pada saat hamil, Ibu hamil akan terlihat ngos-ngosan karena memerlukan oksigen yang lebih banyak.

3. Peningkatan hormon progesteron

Selama proses kehamilan, beberapa hormon bertambah dan melaksanakan fungsinya dengan keras, salah satunya adalah hormon progesteron. Fungsi dan manfaat hormon progresteron pada saat kehamilan sangat banyak. Manfaatnya antara lain untuk menguatkan kehamilan, melemaskan otot-otot, termasuk otot rahim sehingga tidak timbul kontraksi. Namun sebagai efek sampingnya adalah rasa mual, muntah, sebah, dan susah buang air besar serta sesak nafas. Pada trimester kedua yaitu pada bulan ke 4 hingga 6, fungsi progesteron untuk memberi rasa tenang pada Ibu hamil sehingga menjadi lebih mudah tidur.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Penanganan dan pengobatan Sesak Nafas Ibu hamil perlu dilakukan dengan segera, agar keselamatan Ibu hamil dan janin tetap terjaga.

Berikut Adalah Cara Mengatasi sesak napas pada ibu hamil:

1. Konsumsi Makanan sehat

cara mengatasi sesak nafas saat hamil dengan konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil Untuk anda yang sedang hamil, cara mengatasi sesak nafas yang perlu dilakukan adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi. Bisa dengan rutin mengkonsumsi susu hamil agar janin lebih kuat juga tubuh pun sehat. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan serat tubuh dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran penting untuk menambah zat penting bagi Ibu hamil seperti zat besi, sehingga akan terhindarkan dari animea. Bila perlu penuhi zat besi dengan mengkonsumsi daging, namun sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging. Baca juga : Makanan yang mengandung vitamin E

2. Hindari minuman bersoda dan berkafein

Minuman yang mengandung soda dan kafein akan mengakibatkan pengeluaran cairan dalam tubuh meningkat dan sangat mungkin terkena dehidrasi jika sering mengkonsumsi minuman bersoda atau berkafein. Disamping itu, ketika dalam darah terdapat zat tannin, biasanya dari teh atau kopi, bisa menghambat tubuh dalam menyerap zat besi. Sehingga meningkatkan kemungkinan untuk terserang animea saat hamil dan sesak nafas ketika hamil.

3. Kurangi Ngemil/ Makan Besar Waktu Malam

Waktu malam adalah waktu terbaik untuk istirahat dan tidur. Ada baiknya untuk para Ibu hamil mengurangi ngemil yang berlebihan atau makan besar di waktu malam. Sebab, ketika perut penuh dengan makanan, saat akan tidur diafragma akan semakin tertekan dan membuat rongga dada juga terus tertekan terus sesak nafas. Cara mengatasi sesak nafasnya atau malah mencegahnya ketika tidur ya dengan mengurangi ngemil/ makan besar waktu malam.

4. Olahraga

Meskipun sedang hamil, seorang wanita tetap dituntut untuk terus melakukan olahraga secara teratur. Tentu dengan porsi dan beban yang lebih ringan daripada saat sebelum hamil. Kenapa olahraga menjadi salah cara mengatasi sesak nafas saat hamil? Sebab dengan berolahraga nafas akan lebih terkontrol sehingga proses bernafas akan lebih teratur. Jalan kaki saja, itu sudah cukup buat anda yang sedang hamil. Waktu terbaik pasti di pagi, sebab pagi hari udara masih segar dan dingin serta belum terkontaminasi oleh asap kendaraan. Ada juga loh senam hamil dimana setiap hamil dapat melakukan senam dengan aman dan nyaman.

Perlu Diketahui: Tips Agar Fisik dan Nafas Kuat

5. Atur Posisi Tidur

Tidur saat hamil tentu saja berbeda dengan orang tidak hamil. Orang tidak hamil bisa dengan mudah terlentang, miring kanan, miring kanan bahkan tengkurap. Ibu hamil masa mau tengkurap, kan tidak mungkin. Agar tidur Ibu hamil tetap nyenyak dan nyaman, aturlah posisi sedemikian rupa. Tinggikan kepala dengan menumpuk 2 atau 3 bantal bila perlu. Taruh juga dibawah punggung lebih rendah dari kepala. Posisi terbaik tidurnya Ibu hamil adalah dengan posisi miring ke kanan. Ada baiknya kasur yang digunakan bukan kasur busa, karena kasur busa sangat mudah kempes, terutama di bagian pinggul belakang ke bawah.

6. Buat Sirkulasi Udara Ruangan Baik

Seringkali sesak nafas saat hamil timbul karena sirkulasi udara yang baik diruangan. Misalnya dikamar udara terlalu pengap, jendela tertutup dan tidak ada tempat untuk pergantian udara di dalam kamar. Agar tidak terjadi sesak nafas ketika hamil, sebaiknya perbaiki sirkulasi udara di ruangan menjadi lebih baik. Bila perlu pasang exhaust fan ataupun air conditioner.

7. Kurangi Aktivitas Fisik

Saat hamil, kondisi fisik sangat mudah lelah dan rentan terkena gangguan kesehatan. Sesak nafas saat hamil bisa saja terjadi karena terlalu banyak melakukan aktivitas fisik sehingga tubuh lelah. Bantu pekerjaan fisik dengan alat-alat, seperti untuk mencuci gunakan mesin cuci. Jangan mengangkat beban terlalu berat, jika biasanya sebelum hamil suka mengangkat beban berat, kurangi bebannya agar tidak berat.

8. Gunakan waktu untuk rileksasi

Setelah melakukan kegiatan, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk relaksasi. Relaksasi ini penting agar tubuh mendapatkan energi kembali dan untuk menormalkan pernafasan agar tidak ngos-ngosan. Relaksasi juga sangat penting pada trimester akhir menjelang persalinan.

Demikian tips dan cara mengatasi sesak nafas saat hamil. Agar kehamilan anda menjadi lebih nyaman dan sehat. Mudah-mudahan bermanfaat.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Secara Cepat | admin | 4.5