Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidak Susah Tidur

Bagaimana cara mengatasi insomnia agar tidak susah tidur? Sebab tidur adalah salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang. Orang yang mengalami insomnia akan mengalami kesulitan untuk tidur, padahal dengan melakukan tidur, orang akan mengistirahatkan seluruh tubuhnya. Ibarat mesin, jika dipakai terus menerus maka yang akan terjadi adalah mesin menjadi aus atau rusak. Jika sudah rusak kemungkinan untuk dapat dipergunakan kembali akan susah dan butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Begitupun dengan tubuh manusia, ada waktu-waktu tertentu dimana tubuh manusia harus beristirahat total. Waktu tersebut adalah waktu malam hari yaitu pada saat kita tidur.cara mengatasi insomnia paling mudah

Itulah mengapa orang yang mengalami kesulitan tidur atau istilah kerennya insomnia berusaha mencari cara mengatasi insomnia. Apalagi orang yang mengalami kesulitan tidur dampaknya terhadap kesehatan sangat beragam. Seperti tubuh terasa lemah, letih dan lesu sehingga untuk melakukan aktivitas di siang hari tidak bersemangat. Orang yang kesulitan tidur juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh semakin melemah, akibatnya sangat mudah berbagai macam penyakit menyerang. Stress yang berujung pada depresi juga bisa terjadi jika terus menerus kesulitan tidur. Penyebab insomnia paling mengerikan adalah bisa membuat serangan jantung sebab jantung dipaksa terus menerus bekerja keras tanpa beristirahat. Untuk itu sobat kalau ada gejala kesulitan tidur atau insomnisa, segera deh mencari tahu cara mengatasi insomnia sehingga kesulitan tidur dapat segera pulih.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi

Penyebab Insomnia atau Susah Tidur

Nah, agar tahu cara mengatasi susah tidur atau insomnia ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab insomnia.

1. Stres dan Depresi

penyebab insomnia adalah depresi dan stressPenyebab Insomnia yang pertama adalah stress dan depresi. Stres dan depresi selalu berkaitan satu dan lainnya. Berbagai permasalahan yang menimpa manusia sehari jika tidak bisa mengelolanya seringkali menimbulkan stres bahkan depresi. Pekerjaan yang tidak kunjung diperoleh, tugas yang tidak kunjung selesai, utang yang menumpuk dan sederet permasalahan hidup lainnya sering memicu stres yang berkepanjangan. Akibatnya ketika akan tidur dalam angan-angan muncul bayangan masalah yang sedang dihadapi sehingga proses menuju tidur pun terganggu dan tidur menjadi tidak berhasil.

2. Melewati Waktu Tidur

Waktu tidur yang baik untuk manusia adalah antara jam 8 sampai dengan jam 10 malam. Namun bagi beberapa orang waktu tidur malam hari juga berbeda ada yang kurang dari jam 8 malam, ada pula yang lebih dari jam 10 malam. Pada saat atau waktu untuk tidur, tubuh mulai menunjukan tanda-tanda agar diistirahatkan seperti menguap terus menerus dan badan mulai terasa lelah serta konsentrasi berkurang. Setelah melewati jam-jam tersebut biasanya seseorang akan mulai kembali terjaga dan susah untuk tidur. Inilah kenapa jika melewati waktu tidur seseorang bisa menjadi kesulitan untuk tidur atau insomnisa. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari, maka pola tidur menjadi berubah bahkan bisa menjadi berantakan.

3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman

Penyebab insomnia selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan atau minuman atau obat tertentu. Adakalanya mengkonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur. Misalnya kopi dapat membuat yang meminumnya terjaga dari tidur. Hal ini karena pada kopi mengandung kafein yang berefek pada peningkatan tekanan darah dan hormon adrenalin sehingga aktivitas kembali normal. Makanan yang mengandung protein tinggi, bergas dan bergula juga biasanya menyebabkan sulit untuk tidur.

4. Merokok

Bagi yang hobi merokok, sepertinya memiliki pola tidur yang berbeda dengan mereka yang tidak merokok. Merokok dapat menjadi penyebab sulit tidur karena pada tembakau mengandung nikotin yang dapat merangsang mood. Merokok dapat menghambat proses tidur seseorang oleh karenanya bisa menyebabkan kesulitan untuk tidur.

5. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan juga menjadi penyebab insomnia diantaranya seperti alpha blocker yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, penyakit raynaud dan mengobati pembesaran kelenjar prostat. Efek obat ini adalah membuat otot menjadi rileks dan dapat meningkatkan aliran darah serta urine. Begitupun dengan golongan kortikosteroid yang bekerja dengan mempengaruhi kelenjar adrenalin sehingga relaksasi terganggu dan akibatnya sulit tidur. Begitu juga dengan obat-obatan yang mengandung statin, Glukosamin, chondroitin dan Cholinesterase inhibitor dapat menyebabkan insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia Agar Cepat Tidur

1. Berjemur Dengan Sinar Matahari Pagi

cara mengatasi insomnia dengan sinar matahari pagiPercaya atau tidak berjemur dengan matahari pagi ternyata Waktu yang tepat bisa mengatasi insomnia. Cara terbaik untuk bisa berjemur dengan matahari pagi adalah dengan bangun pagi. Cara mengatasi insomnia ini cukup simpel dan sangat mudah tapi ya perlu komitmen sobat untuk bisa bangun pagi. Menurut studi, sinar matahari bisa mengatur waktu tidur tubuh manusia. Selain itu dengan berjemur pada matahari pagi dapat mengatur hormon tidur yaitu melatonin.

Agar bisa rutin menerima sinar matahari pagi tidak harus hari libur kan, ciptakan aktivitas rutin sehat setiap hari dan tidak menunggu hari libur. Cara mengobati insomnia ini sangat mudah dan menyenangkan, bisa juga sambil jalan-jalan pagi terus tubuh terkena sinar matahari pagi, sehat sekaligus tidur menjadi teratur. Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini setidaknya selama satu jam.

2. Kebersihan Tempat Tidur

Cara mengatasi insomnia yang cukup mudah namun seringkali orang mengabaikannya. Kebersihan tempat tidur ternyata mempengaruhi orang dalam menuju tidurnya termasuk sprei. Pada suatu survey yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, dimana 75% orang memberi pengakuan bahwa kualitas tidur menjadi lebih baik dengan sprei yang bersih orang mengakui bahwa kualitas tidur mereka lebih baik ketika seprei dalam keadaan bersih. Sprei saja sangat berpengaruh apalagi keadaan ruangan, bantal, sarung bantal, tempat tidur pasti juga memiliki pengaruh.

Bersihkan secara teratur tempat tidur, kamar tidur, sprei, bantal dan lain-lain. Cuci secara teratur sprei dan sarung bantal, gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kasur dan tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau oleh sapu. Setelah semuanya bersih, pasti kualitas tidur sobat menjadi lebih baik.

3. Cemilan sebelum tidur

Bagi sobat yang mengalami insomnia, mengkonsumsi cemilan yang rendah gula seperti sereal gandum yang utuh dengan susu bisa menjadi alternatif mengatasinya. Cara mengatasi insomnia dengan cemilan, hanya dengan memilih cemilan yang mengandung karbohidrat dan protein.

Kenapa yang mengandung karbohidrat atau protein? Fungsi karbohidrat ternyata bisa merangsang serotonin pada otak. Serotonin berfungsi untuk membantu proses tidur. Begitu juga dengan triptofan pada susu dapat diubah menjadi serotonin. Kandungan kalsium dan magnesium pada cemilan dapat membuat tubuh lebih tenang.

Baca juga: Khasiat dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

4. Membaca buku

cara mengatasi insomnia membaca sebelum tidurPenggunaan gadjet seperti handphone, laptop sebelum tidur malahgakan membuat tidur menjadi terganggu. Apalagi jika televisi masih menyala dan menampilkan acara yang bagus pasti mata malah penginnya melek terus. Kalau dilakukan sesekali mungkin tidak masalah, tapi kalau dilakukan setiap hari pasti akan mengganggu pola tidur sobat dan sangat mungkin menjadi insomnia. Jika sobat mengalami insomnia, singkirkan semua gadjet, matikan televisi. Cara mengatasi insomnia tanpa gadjet tapi dengan membaca buku. Cobalah untuk membaca buku sebelum tidur untuk membantu membuat mata mengantuk. Setelah mengantuk pasti tidur menjadi lebih mudah.

5. Lakukan Yoga

yoga cara mengatasi insomnia Cara menghilangkan insomnia selanjutnya adalah dengan mekalukan yoga. Yoga adalah salah satu merelaksasi tubuh sehingga akan tercapai ketenangan. Caranya adalah dengan mengatur posisi tubuh sedemikian rupa dan mengatur napas secara teratur dan memejamkan mata. Setelah ketenangan tercapai kemungkinan untuk mencapai tidur yang baik dan lelap akan tercapai.

Meski sering diremehkan oleh banyak orang, tidur memang aktivitas yang harus dijalani oleh setiap manusia agar tubuhnya tetap sehat. Cara mengatasi insomnia diatas cukup mudah dilakukan karena hanya perlu komitmen kita untuk menjalankannya. Jika mengatasi sulit tidur tanpa obat bisa, kenapa harus menggunakan obat. Demikian artikel cara menghilangkan insomnia ini, semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidak Susah Tidur | admin | 4.5