Cara Membuat SIM Online Baru dan Perpanjangan Paling Lengkap Mudah

Bagaimana cara membuat SIM online? Masih mikir kalau membuat SIM Baru dan perpanjangan ribet dan lama dengan prosedur yang berbelit belit? Atau takut dengan berbagai pungutan liar yang tidak henti ketika membuat SIM? Jangan takut, sekarang sudah tidak lagi zamannya membuat SIM dengan waktu lama, apalagi kalau ada pungli alias pungutan liar, sudah tidak ada pungli. Sekarang sudah eranya membuat SIM secara online tanpa ribet dan pastinya mudah.

Sudah tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi sudah merambah ke semua bidang. Teknologi memberi pengaruh besar pada berbagai jenis pelayanan yang ada di dunia termasuk Indonesia. Apalagi setelah sistem operasi android mendunia, ribuan aplikasi dibuat dengan tujuan mempermudah pekerjaan setiap orang. Tugas pemerintah untuk melayani pemerintah pun semakin terbantu dengan dibuatnya berbagai aplikasi baik itu aplikasi berbasis website maupun sudah berbentuk aplikasi android.

cara membuat SIM online Baru dan Perpajangan

Source: sekedarcatatan.net

Baru baru ini muncul secara resmi aplikasi SIM  Online dimana masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembuatan SIM secara online. Mungkin ada yang belum tahu di Indonesia sudah bisa melakukan pembuatan SIM secara online. Pasti ada yang bertanya apakah dengan SIM Online, pendaftar atau pembuat SIM tidak perlu ujian praktek mengenderai kendaraan? Tentu saja bagi sobat yang ingin mendapat SIM tetap harus mengikuti ujian praktek mengendarai kendaraan.

Hal yang paling menarik adalah pembuatan SIM online tidak perlu datang ke tempat asal atau domisili yang tertera pada KTP. Jadi kalau sobat di Jakarta dan domisili di luar jawa tidak perlu pulang untuk membuat SIM, sangat membantu bukan. Pendaftaran SIM Online dilakukan dengan menggunakan e-KTP, jadi bagi sobat yang belum memiliki e-KTP, sebaiknya segera membuat e-KTP. Pembayaran SIM Online dilakukan melalui ATM atau EDC.

Berikut panduan dan cara membuat SIM online secara mudah dan lengkap.

Langkah langkah singkat membuat SIM baru dan perpanjangan online melalui aplikasi SIM Online di website Kepolisian Republik Indonesia.

  • Buka laman http://sim.korlantas.polri.go.id
  • Klik menu pendaftaran SIM Online.
  • Isi data permohonan: Jenis Permohonan (baru atau perpanjangan), Golongan SIM, mengisi Alamat Email, Polda Kedatangan, Satpas Kedatangan dan Lokasi Kedatangan.
  • Isi data pribadi: Kewarganegaraan, NIK, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Golongan Darah, Alamat, Provinsi, Agama, Tinggi Badan, Pendidikan, Pekerjaan, Berkacamata, Cacat Fisik, Telepon, Asal Negara (Untuk WNA ditambah Nomor Passport, Nomor Kitab/Kitas, Tanggal Terbit Passport, Tanggal Terbit Kitab/Kitas).
  • Isi data keadaan darurat: Hubungan, Nama, Alamat, Telepon, Nama Ibu Kandung, Sekolah Mengemudi.
  • Setelah registrasi online berhasil dan muncul bukti registrasi online Polri, pemohon langsung membayar baik di ATM, EDC, atau Teller BRI di mana saja.
  • Melakukan cek kesehatan untuk mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Datanglah ke lokasi Satpas/ Gerai/ SIM keliling yang telah anda pilih ketika melakukan pendaftaran online dengan membawa surat keterangan sehat dari dokter.
  • Proses identifikasi dan verifikasi data oleh pihak kepolisian (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan).
  • Pemohon SIM akan mengikuti ujian teori dan pratik. Apabila ujian lulus, SIM baru siap dicetak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat SIM Online perpanjangan seperti SIM yang sudah lewat masa kedaluarsanya tidak dapat mengikuti cara membuat SIM Online sebab proses tidak dapat dilanjutkan oleh sistem. Pilihan SIM Perpanjangan dapat dilakukan apabila SIM belum mencapai masa kedaluarsa. Jika sudah kedaluarsa, pemohon SIM diharuskan datang langsung ke Satpas guna melakukan pendaftaran SIM baru.

Cara Membuat SIM Online Baru dan Perpanjangan Paling Lengkap Mudah | admin | 4.5