Cara Charge (Cas) Handphone yang Benar Agar Baterai Awet

Tips dan Cara Charge (Cas) Handphone Yang Benar Agar Baterai Awet. Penggunaan handphone baik Android, iOS maupun OS lainnya saat ini sudah tidak asing lagi. Berbagai keunggulan handphone pun ditawarkan oleh pengembang seperti daya simpan baterai yang tahan hingga berhari-hari tanpa ngecas handphone. Bagi pengguna handphone android, banyak sekali aplikasi yang menawarkan bisa melakukan charge handphone secara cepat (Quick Charge). Begitu juga di iOS, banyak sekali aplikasi cara cepat isi ulang baterai handphone. Namun tahukah sobat, melakukan cas HP secara sembarangan dapat mempersingkat umur baterai handphone.

cara cas handphone yang benar agar baterai awet dan tahan lama

source: kompas.com

Baterai bagi sebuah handphone, smartphone ataupun hingga tablet adalah sebuah elemen yang sangat penting. Tanpa baterai handphone tidak bisa digunakan, baterai yang sering lowbat juga sangat menjengkelkan karena harus cepat-cepat di cas. Agar baterai handphone awet dan tahan lama, sobat mesti tahu cara merawat baterai handphone yang benar sehingga awet. Berikut cara Charge (Cas) Handhpone yang Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama.

Cara Charge (Cas) Handphone Yang Benar Agar Baterai Awet dan Tahan Lama

Perusahaan baterai berskala internasional bernama Battery University, menjelaskan cara menjaga baterai smartphone agar tidak cepat rusak. Saat ini jenis baterai smartphone banyak yang berbahan dasar lithium. Cara ini berlaku untuk handphone dengan beterai jenis tersebut, jadi handphone android atau lainnya bisa ya.

1. Jika sudah Full 100 Persen, Lepaskan Dari Colokan Charger

Banyak orang tidak peduli ketika smartphone yang sedang mereka isi telah full charge atau terisi penuh. Padahal ketika baterai sudah 100 persen sementara daya terus diisi, betarai handphone bisa mengalami tekanan yang tinggi atau stress. Akibatnya kandungan zat kimia didalam baterai akan berkurang, meskipun tidak signifikan tapi jumlahnya akan terus menyusut jika hal ini sering terjadi. Sebaiknya, saat kondisi baterai telah 100 persen, segera cabut dari charger.

2. Jangan Cas baterai sampai 100 persen

Biasanya orang lebih suka mengecas smartphone mereka sampai 100 persen full. Bagi pengguna handphone dengan baterai berjenis Lithium ion, tidak perlu dicas sampai penuh, untuk menghindari kebablasan seperti nomor 1 diatas. Agar baterai handphone lebih tahan lama.

3. Charge beberapa kali dalam satu hari

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Battery University, baterai handphone lebih baik di cas bebebrapa kali dalam sehari daripada langsung full dalam sekali charge. Menurut pakar di Battery University, saat terbaik untuk mengecas handphone adalah ketika daya baterai mulai kekurangan 10 persen baterai. Repot juga ya, harus berkali-kali melihat status baterai daripada melihat status BBM atau facebook. Solusinya, cas beberapa kali atau cas handphone saat ada kesempatan. Jadi, charger harus selalu dibawa. Menurut mereka, cara ini bisa membuat baterai terus terjaga dan daya baterai terus ada seharian.

4. Biarkan terus dingin

Cara cas handphone agar baterai awet dan tahan lama adalah dengan selalu mempertahankannya dalam keadaan dingin. Jangan biarkan handphone terkena panas berlebih, baik panas dari dalam handphone itu sendiri maupun panas dari luar.

 

Cara Charge (Cas) Handphone yang Benar Agar Baterai Awet | admin | 4.5