Tips Cara Agar Fisik Dan Nafas Kuat Saat Bermain Basket

Bagaimana agar fisik dan nafas kuat saat bermain basket? Bermain basket ternyata tidak hanya membutuhkan teknik yang tinggi namun juga membutuhkan fisik yang kuat dan prima. Ketika bermain basket, adanya kontak fisik saling sikut dan saling kejar pasti tidak dapat terhindarkan. Apalagi saat berada di depan ring basket, semua saling berebut untuk memasukan bola ke ring dan tim satunya harus menahan agar bola tidak masuk ke ring basket. Makanya ketahanan fisik yang prima mutlak diperlukan untuk bermain basket.

tips dan cara agar fisik dan nafas kuat saat olahraga basket

Lantas bagaimana cara agar fisik kuat saat bermain basket sehingga tim bisa menang saat pertandingan. Pertanyaan yang bagus sekali dan memang harus ditanyakan oleh pemain basket.

Inilah Cara agar fisik dan nafas kuat saat bermain basket

Bagi pemain basket pemula, semua hal terkait dengan permainan basket harus dilatih. Mulai dari cara memegang bola, cara memberikan umpan ke teman, cara menahan bola agar tidak direbut lawan, cara menghindari lawan yang akan menyerang, cara melempar bola ke ring, cara memblok bola, cara merebut bola dari lawan, dan lain lain semua membutuhkan fisik yang kuat dan prima.

Baca juga: Makanan Agar Tubuh Kuat Secara Alami dan Mudah

Pada artikel kali ini kami tidak memberikan satu per satu cara meningkatkan ketahanan fisik dan nafas saat bermain basket, namun yang kami berikan hanya secara garis besarnya saja.

1. Lari

Setiap pemain basket harus kuat berlari cepat atau sprint berkali-kali selama masih dalam permainan basket. Bukan hanya permainan basket satu lapangan penuh, 3 on 3 saja tetap harus berlari cepat sepanjang pertandingan.

Untuk bisa memiliki ketahanan berlari konstan artinya irama fisik dan nafas tetap sama meskipun sudah melakukan sprint berkali-kali, anda harus sering berlatih lari.

Cobalah untuk rutin melakukan lari kecil setiap hari diberi jarak kalau baru awal jangan terlalu jauh dulu. Baru nanti kalau sudah kuat, silahkan ditambah jaraknya.

Untuk sprint atau lari cepat, bisa dilakukan dilapangan basket denganĀ  beberapa kali sprint secara bolak balik. Kalau bisa diberi waktu agar anda tahu berapa yang dibutuhkan untuk berlari dari ujung lapangan basket ke ujung yang satunya lagi.

2. Nafas

Nafas yang kuat sangat penting bagi semua atlet. Sebab tanpa nafas yang kuat, bisa jadi baru beberapa menit bermain, anda sudah minta diganti pemain lain, ini sunggug tidak lucu.

Oleh karena itu kalau anda mau serius dalam bermain basket, anda harus tahu cara agar fisik dan nafas kuat saat bermain basket. Untuk melatih nafas agar kuat pertama bisa dilakukan dengan olahraga lari.

Kedua bisa dengan olahraga renang. Renang memerlukan keseimbangan antara fisik dan nafas. Ketika anda bergerak di air, anda harus mengatur nafas tetap bisa bergerak dan mengambil nafas beberapa saat. Selain itu, anda juga bisa berlatih menyelam. Seberapa kuat anda bisa menyelam. Kalau anda sudah biasa berenang, untuk olahraga lain kami pikir akan kuat baik fisik maupun nafas.

3. Melatih Kekuatan Tangan

Push up dilakukan untuk melatih kekuatan tangan. Karena pangkal utama dari bermain basket adalah tangan. Anda bisa melempar jauh dan pas jika memiliki tangan yang kuat. Jika rutin push up, tangan anda akan menjadi kuat. Lakukan rutin minimal 10 kali setiap hari.

Selain itu untuk melatih kekuatan tangan, bisa dilakukan dengan angkat beban. Angkat beban bisa dilakukan dengan satu tangan maupun dua tangan. Anda bisa memilih beban yang kira-kira kuat untuk anda.

Tips Cara Agar Fisik Dan Nafas Kuat Saat Bermain Basket | admin | 4.5