Aplikasi Penghemat Baterai Android, Mudah Tinggal Download

Smartphone Android telah menjadi primadona jutaan orang, pengakuan tersebut tentu bukan tanpa alasan. Smartphone android populer karena berbagai keunggulan dan fitur menarik yang dimilikinya. Berjuta orang berusaha memiliki smartphone android karena berbagai alasan, ada yang karena ingin berkirim pesan secara cepat dan mudah sehingga memilih handphone android. Ada juga yang lebih tertarik dari sisi gaming karena game game android sangat mudah di dapatkan dan mudah untuk dimainkan. Banyak juga yang tertarik dari segi audio visualnya, tanpa perlu televisi yang berlayar besar kita dapat dengan mudah menonton film hanya menggunakan smartphone android.

cara menghemat baterai android

Namun begitu ada hal yang seringkali dikeluhkan oleh para pengguna setia android. Karena penggunaan yang terus menerus, baterai android menjadi lebih cepat habis dayanya dan perlu di cas ulang. Apabila sekali atau dua kali mungkin tidak masalah dan akan menjadi masalah jika harus mengecas berkali-kali untuk menyelesaikan sebuah film menggunakan handphone android. Atau mau mengirim pesan lewat whatsapp atau aplikasi pesan lainnya dan hal yang perlu dilakukan dahulu adalah mengecas hp, tentu menjadi hal yang menjengkelkan.

Baterai handphone android boros, itu masalah dan menariknya adalah ada aplikasi android yang bisa membuat sebuah handphone android menjadi lebih daya dan tidak boros. Setelah perangkat android tersebut terinstal aplikasi tersebut, dimungkinkan akan dapat menghemat daya yang cukup lumayan. Pasti sobat pengguna android akan sangat senang dengan berita ini. Bisa jadi ini menjadi salah satu solusi mengatasi baterai android yang boros dan cepat habis. Inilah Aplikasi Untuk Menghemat Baterai Handphone Android.

Aplikasi Penghemat Baterai Handphone Android

1. Greenify

Greenify aplikasi penghemat pengirit anti boros baterai androidSemboyan go green tampaknya cocok disematkan untuk aplikasi penghemat daya smartphone android berikut ini. Greenify, nama aplikasi nya, meskipun tidak berslogan go green, namun Greenify diyakini dapat menghemat baterai android secara baik. Agar baterai android tidak boros, akan lebih baik jika menggunakan aplikasi pengirit baterai handphone android bernama greenify. Kenapa Greenify bisa menghemat daya baterai android? Cara kerja Greenify adalah dengan melakukan hibernasi terhadap berbagai aplikasi android yang sedang digunakan perangkat android, tidak heran jika daya yang terserap menjadi lebih sedikit. Secara default Greenify akan melakukan hibernasi terhadap berbagai macam program android yang sedang running.

Namun begitu, sobat juga bisa melakukan pengaturan sendiri terhadap aplikasi mana yang dihibernasi atau mana aplikasi yang tidak dihibernasi. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah program seperti whatsapp, line, bbm for android juga akan terhibernasi jika menggunakan greenify? Tentu saja tidak, aplikasi messaging, bahkan alarm di handphone android sobat juga akan tetap berjalan meskipun terpasang aplikasi Greenify.

Sebagai informasi, greenify dapat berkinerja secara baik jika berjalan pada Android 6.0 Marshmallow. Kenapa demikian? Sebab, pada android Marshmallow, Greenify memberikan banyak menu khusus yang dapat memperkuat penggunaan Doze.

Baca juga: Review Lengkap Galaxy Note 5

2. Go Battery Saver & Power Widget

aplikasi penghemat daya baterai android GO-Battery-Saver-Power-WidgetAplikasi penghemat daya baterai android adalah Go Battery Saver & Power Widget. Aplikasi berlogo gambar baterai hijau dan listrik di dalamnya ini memiliki keunggulan untuk menghemat daya baterai android. Cara kerja aplikasi Go Battery Saver & Power Widget berbeda dengan Greenify. Pengguna android akan diberikan beberapa menu pengiritan baterai seperti dengan mengaktifkan beberapa preset dari yang normal atau defaultnya sampai dengan yang paling irit atau ekstrim. Selain pilihan penghematan, pengguna juga bisa membuat sendiri mode penghematannya seperti apa melalui custom mode.

Ini yang paling nyaman untuk menghemat baterai android adalah otomatisasinya. Go Battery Saver & Power Widget dapat memonitor apa saja aplikasi  android yang paling memboroskan baterai. Keunggulan lain aplikasi Go Battery Saver & Power Widget adalah sobat pengguna android bisa melakukan pembelian skin tambahan pada aplikasi melalui shortcut widget yanga ada di homescreen.

3. Avast Battery Saver

aplikasi penghemat baterai android avast-battery-saverMungkin sebagian dari kita mengenal avast sebagai salah satu anti virus yang bisa di download secara gratis dan biasa berjalan di komputer dekstop maupun laptop. Mungkin tergiur dengan gemerlap aplikasi mobile, pengembang avast pun ikut meramaikan sebagai pengembang aplikasi android. Salah satu aplikasi android yang menjadi andalannya adalah Avast Battery Saver.

Seperti apa cara kerja aplikasi Avast Battery Saver? Mungkin tidak ada yang menyangka, wifi menyumbang cukup besar dalam penggunaan daya baterai android, tidak heran aplikasi ini mengefisiensikan penggunaan wifi. Caranya dengan mematikan secara otomatis wifi ketika sinyal wifi tidak tertangkap oleh perangkat android. Begitupun dengan koneksi internet yang sepertinya wajib bagi perangkat android, Avast Battery Saver berusaha meminimalkan penggunaan koneksi internet caranya dengan membatasi koneksi internet ketika handphone dalam keadaan lock screen. Sobat bisa mengatur setiap 5/ 10/ 15/ 30 menit tergantung profil apa yang digunakan. Ketika baterai mulai habis, akan aktif modus darurat, cara kerjanya adalah dengan secara otomatis mematikan beberapa fungsi seperti koneksi data, bluetooth, wifi dan gps. Hal tersebut memungkinkan pengguna smartphone android tetap bisa berkomunikasi.

Oya, bagi sobat yang jarang menggunakan aplikasi android tidak perlu khawatir, antar muka pengguna aplikasi Avast Battery Saver sangat sederhana sehingga mudah digunakan.

4. DU Battery Saver & Phone Charger

Aplikasi penghemat baterai android berkualitas lainnya adalah Du Battery Saver & Phone Charger. Aplikasi pengirit baterai ini memiliki tampilan yang cukup sederhana namun tidak mengurangi kelebihannya. Sobat bisa terus merasa nyaman dan juga aman setelah menginstal aplikasi ini. Sobat juga akan dipermudah dengan berbagai macam pengaturan yang simpel dan beberapa shortcut yang bisa digunakan.

Jika sobat memilih DU Battery Saver & Phone Charger sebagai aplikasi penghemat daya baterai android, sangat memungkinkan untuk mengetahui aplikasi android mana yang paling boros penggunaan daya listriknya. Dengan begitu kita akan menjadi lebih mudah menentukan untuk terus menggunakan aplikasi yang boros baterai listrik android atau menghilangkannya. Sobat bisa mendapatkan DU Battery Saver & Phone Charger secara gratis maupun dengan membayar $3. Jika sobat rela memberikan $3 untuk aplikasi ini, maka sobat akan memperoleh keuntungan dapat menghemat daya baterai sampai dengan 70 persen.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Lenovo Yoga Tab 3 Pro

5.Battery Save Booster

Battery Save Booster merupakan aplikasi penghemat baterai Android yang memiliki desain minimalis dan sangat cocok untuk newbe atau pengguna baru android. Crazy Robot sebagai pengembang Battery Save Booster berusaha menarik pengguna dengan menjanjikan baterai dapat bertahan hingga 5 kali lipat jika  menggunakan aplikasi Battery Save Booster. Meskipun dengan tampilan yang minimalis namun Battery Save Booster memiliki fitur yang cukup lengkap, fitur tersebut seperti aplikasi dapat diaktifkan sebagai widget di homescreen. Tampilan di homescreen seperti ukuran voltase, temperatur betarai, dan kondisi baterai. Seperti halnya cara kerja aplikasi penghemat baterai android lain, Battery Save Booster juga melakukan pengaturan terhadap koneksi internet dan wifi.

6. Battery Doctor

Secara tampilan, Battery Doctor mirip dengan DU Battery Saver dan sangat ringkas. Aplikasi penghemat baterai andorid ini memiliki cara melakukan pengisian ulang/ recharge yaitu dengan melalui 3 fase. Sebagai fitur pelengkap namun cukup optimal, terdapat fitur memory  optimizer. Jika ponsel android sobat sudah terpasang Battery Doctor, maka ketika dilakukan pengisian ulang, akan membuat layar kunci berubah menggunakan tampilan locker dari Battery Doctor. Terus cara kerja Battery Doctor juga mirip dengan cara kerja penghemat baterai ponsel android lain seperti dengan pengaturan tingkat kecerahan, pengoptimalan pemrosesan data, aplikasi dan RAM pada ponsel.

Kira-kira sobat mau pilih aplikasi penghemat android yang mana? Pasti pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan smartphone android sobat ya. Mungkin ini saja ulasan kami mengenai cara menghemat baterai android dengan mendownload dan menginstal apliaksi penghemat baterai.

Aplikasi Penghemat Baterai Android, Mudah Tinggal Download | admin | 4.5