5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu Atau Bukan

Memiliki handphone android memang sudah menjadi sebuah kebutuhan dan bahkan bagi sebagian orang, handphone android sudah menjadi bagian dari kehidupan. Popularitas handphone android semakin hari semakin tidak terbendung, tidak heran banyak sekali vendor teknologi yang mulai menancapkan teknologinya pada teknologi android. Begitupun dengan muka baru di dunia gadjet, mengusung android untuk bisa bersaing dengan mereka yang sudah lama di dunia gadjet.

Beberapa vendor sebut saja Samsung sebagai raja handphone android, LG, Lenovo, Oppo smartphone, Asus, Xiaomi, Advan, HTC, Mito, Huawei, IMO, Evercross dan lain lain. Masing-masing produsen handphone android menjanjikan keunggulan tersendiri kepada para pengguna android. Ada yang menawarkan teknologi paling mutakhir, baik dari sisi kecepatan, hemat baterai, layar yang lebar, dan memori yang hingga bergiga-giga. Ada juga yang memberikan tawaran dengan harga murah namun dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Semuanya tentu mempunyai kebaikan dan keburukan tersendiri, tergantung kita menilainya dari sisi mana dulu.

cara mengetahui handphone android palsu atau asli

ilustrasi gambar

Memang permintaan akan handphone bagi masyarakat sekarang ini begitu besar dan peluang itu ternyata dilihat oleh mereka para raksasa teknologi. Pasaran handphone android yang sangat menggiurkan tersebut ternyata mengundang beberapa orang untuk melakukan kejahatan dengan memalsukan handphone android. Handphone android palsu memiliki ciri-ciri fisik yang sangat mirip dengan handphone android original. Apalagi jika hanya mengandalkan foto, bisa dibilang tidak ada bedanya antara smartphone android yang asli maupun yang palsu. Korbannya pemalsuan handphone pun sudah banyak. Mereka tergiur dengan berbagai rayuan dan iming-iming yang ditawarkan oleh para pemalsu android.

Baca Juga: Aplikasi Editing Foto dan Video Iphone Paling Populer

Supaya tidak ada lagi yang tertipu dengan ponsel android palsu lebih baik kenali dulu ciri-ciri android palsu versi sobatinfo.com, yuk disimak ulasannya

Ciri-Ciri Handphone Android Palsu

1. Mengecek Secara Langsung Bentuk Fisik

Cara paling mudah untuk membedakan antara handphone/ ponsel android yang asli dengan yang palsu adalah dengan membandingkan secara langsung bentuk fisiknya. Pasti jika kita teliti dan memperhatikan dengan seksama detail dari handphone android yang asli, kita dapat dengan mudah akan mengetahui handphone yang akan kita beli itu palsu atau bukan. Meskipun pelaku pemalsu android handphone sudah sangat jeli, pasti ada satu bagian yang berbeda dengan produk handphone android yang asli. Jika sobat tidak memiliki handphone android asli sendiri, sobat bisa meminta bantuan teman yang memiliki ataupun dengan berkunjung ke counter HP di sekitar tempat tinggal sobat.

2. Pastikan Nomor IMEI

Untuk mengecek keaslian handphone android selanjutnya adalah dengan melihat nomor IMEI. Nomor IMEI yang asli adalah sama dengan yang tertera pada box ponsel sobat. Jika ternyata nomor IMEI pada ponsel berbeda dengan nomor IMEI pada box, bisa dipastikan ponsel tersebut adalah palsu. Atau jika ternyata ponsel tidak dapat menunjukan nomor IMEI berarti ponsel android adalah palsu.

Caranya sangat mudah, hanya dengan mengetikan *#06#, maka secara langsung handphone android akan menunjukan nomor IMEI nya. Jika sudah muncul nomor IMEI, coba cocokan dengan box ponsel sobat. Atau jika mau mengetahui tanpa memencet tombol *#06#, bisa juga dengan mengunjungi situs imei.info.

Baca Juga: Review Galaxy Note 5

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebelum membeli sebuah handphone, biasanya kita mencari terlebih dahulu informasi spesifikasi handphone android yang akan kita beli. Mulai prosesor, kamera, ram, hingga kapasitas penyimpanannya. Namun untuk mengecek fisik secara langsung pasti merepotkan dan untuk memudahkannya gunakannya CPU-z. Yaitu aplikasi yang bisa sobat di download di playstore dan aktifkan untuk mengecek spesifikasi handphone android sobat.

Coba bandingkan spesifikasi yang ada pada playstore dengan data yang tertera pada situs resmi vendornya. Dengan mencoba mendownload dari playstore juga bisa sebagai cara untuk mengecek handphone android asli atau bukan. Sebab beberapa handphone android palsu ternyata tidak bisa mendownload di playstore.

Aplikasi lain pada playstore yang bisa sobat gunakan adalah AnTuTu Benchmark. Gunakan Aplikasi AnTuTu untuk menguji benchmark dari sebuah ponsel.

4. Uji Kamera

Hal yang paling signifikan dari smartphone pada era sekarang adalah kameranya. Kamera menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna smartphone terutama handphone android. Coba cek kamera handphone sobat, gunakan seluruh fitur-fitur yang ada pada kamera. Coba sobat bandingkan dengan informasi pada situs aslinya, apakah fitur-fitur yang ada pada kamera tersebut sudah sesuai atau tidak. Jika tidak kemungkinan handphone android yang sobat miliki palsu menjadi lebih besar.

Cara lain untuk lebih meyakinkan adalah dengan memindahkan hasil jepretan kamera ponsel android ke komputer Windows. Coba cek pada propertis foto apakah memiliki data exif dan informasi handphone android yang digunakan sesuai dengan handphone yang digunakan untuk memfoto. Jika sesuai berarti handphone android adalah asli, tapi jika tidak sesuai, bisa menebak sendiri.

5. Cek dan Bandingkan Harganya

Biasanya sih handphone android palsu dipasarkan dengan harga yang sangat murah dan terlampau jauh dari harga pasarannya. Sobat sebaiknya hindari jika ada penawaran seperti ini, karena kemungkinan handphone yang ditawarkan adalah handphone palsu. Kecuali jika ada promo secara resmi dari vendornya, tapi kan ini jarang atau tidak ada.

Ada baiknya, sebelum membeli handphone android sobat mencari informasi sedetail mungkin baik mengenai spesifikasi handphone android yang akan sobat beli maupun harga handphone android sobat. Dengan begitu kemungkinan untuk mendapatkan ponsel android palsu menjadi lebih kecil atau bahkan tidak ada. Sekian ulasan kami mengenai cara mengenali handphone palsu, semoga bermanfaat.

5 Cara untuk Mengenali Ciri Smartphone Android Palsu Atau Bukan | admin | 4.5